Pengobatan Alami Menggunakan Daun Kopasanda (Chromolaena Odorata)

Kopasnda

Terkadang menggunakan obat alami jauh lebih baik dan mujarab dibandingkan dengan obat yang dibuat oleh manusia. Adapun saat waktu yang tidak tertentu kita lebih membutuhkan pengobatan alami dari pada pengobatan konvensional.

IMG_20210401_161245.jpg

Saya masih ingat sekali tentang satu pengobatan yang diajarkan oleh orang tua saya dulu bahkan juga oleh nenek saya sendiri. Ketika saya masih kecil mendapati luka di bagian lutut, tangan atau bagian tubuh lainnya bukanlah hal jarang terjadi. Bahkan sering mendapatkan luka ketika jatuh saat bermain sepeda atau sebagainya. Di balik semua itu saya masih ingat satu pengobatan yang dilakukan oleh orang tua saya ketika mengobati luka pada bagian tubuh yaitu menggunakan daun Kopasanda. Dalam bahasa daerah saya kami menyebutkan daun SEURAPOEH (Aceh).

Tanaman ini adalah salah satu tanaman favorit untuk menyembuhkan luka. Kami masyarakat Aceh sudah tidak asing lagi dengan pengobatan luka menggunakan daun yang satu ini. Mengapa harus daun ini? Daun Kopasanda mengandung banyak zat seperti yang dapat menghentikan pendarahan pada luka, juga memperbaiki jaringan kulit.

IMG_20210401_161912.jpg

Daun ini sangat mudah di temukan di daerah saya. Ia banyak tumbuh di semak-semak dan juga pinggiran sawah. Daun ini juga mempunyai ciri khas yaitu bagian pucuk daun lebih ke warna sedikit kegelapan dan pada permukaan daun terdapat seperti bulu halus.

  • Cara penggunaan

Jika penggunaan pada luka seperti luka iris atau sobeknya permukaan kulit cukup ambil beberapa helai daun kopasanda yang muda lalu cuci sehingga bersih.

Selanjutnya tumbuk halus daun ini atau bisa juga dengan menggosok dengan kedua telapak tangan sehingga air yang terkandung dalam daun kopasanda keluar.

Teteskan air yang keluar dari daun ke tempat luka atau daun kopasanda yang telah di haluskan langsung di tempelkan pada luka lalu di balut dengan kain atau sejenisnya.

IMG_20210402_062931.jpg

Inilah salah satu tips pengobatan alami yang di ajarkan oleh nenek dan ibu saya dalam mengatasi pendarahan dan pengobatan pada luka. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih

Sort:  

Menarik. Di masyarakat lokal saya, daun ini dinamakan babadotan. Bisa ditemukan dengan mudah dan tumbuh liar. Luka pada kulit khususnya karena jatuh, dengan daun ini bisa cepat kering. Tidak terjadi iritasi. Saya waktu kecil merasa aman bermain. Tidak takut luka karena ada obat mujarab di sekelilingku.

Betul banget .... 👍👍

Terimakasih telah berpartisipasi dalam kontes Natural Medicine Indonesia. Postingan anda sangat menarik. Terus dukung komunitas ini untuk mencapai tujuan bersama. Semoga beruntung...!!!

Sangat membantu tulisan anda untuk kesehatan alami

Terima kasih.... 👍

Apa kamu sudah mendapat hadiah

Udah mbak...😅😅