What are You Cooking Today? : Pindang Ikan Mayung dan Tumis Kerang Tahu

in Foodies Bee Hive5 months ago

1647881037932-01.jpeg

Hallo sahabat hivian 😃👋

Masak apa hari ini? pertanyaan ini sering kali saya tanyakan kepada istri setiap ia pulang dari belanja di pasar. Adakalanya saya kurang cocok dengan apa yang hendak di masak, sehingga menunya pun berubah menyesuaikan permintaan saya. Tapi ini jarang terjadi sih, mungkin karena kurang komunikasi saja. Masak-memasak untuk hidangan makan keluarga memang susah-susah gampang. Apalagi kalau keluarganya banyak dan punya selera yang berbeda. Wah... nasiblah kalau begitu 🤣 hehe.

Beberapa waktu lalu, kami pulang ke tempat mertua di Siantar. Kalau udah di Siantar, agendanya gak jauh-jauh dari masak-masak dan kulineran. Karena kangen dengan masakan Palembang, hari itu kami berencana membuat Pindang Ikan Mayung. Untuk itu saya sengaja ikut dengan istri belanja di lapak ikan langganan mertua. Begitu sampai ke tempat penjualan ikan, sudah ramai oleh calon pembeli. Untungnya persediaan ikan yang di jual masih banyak, termasuk ikan mayung. Kami membeli ikan mayung seharga 30.000/kg.

Ikan Mayung

Sedikit cerita tentang ikan mayung. Ikan laut ini memang identik dengan olahan ikan asinnya yang bernama jambal roti atau ikan asap mayung. Tapi jangan salah, ikan mayung pun sangat enak masak dengan berbagai resep. Ikan yang mirip ikan lele dumbo karena punya kumis ini terkenal dengan menu gulai ikan kepala mayung, pepes ikan mayung, pindang ikan mayung dan lain sebagainya. Ikan mayung memang mempunyai rasa yang khas berlemak dan mempunyai daging yang padat. Gak hanya daging ikannya, telur mayung pun jadi buruan para pencinta kuliner.

1647880941591-01.jpeg

Selain rasanya yang enak, ikan mayung juga kaya akan manfaat. Sebagai sumber protein, ikan mayung banyak mengandung lemak baik sehingga bagus untuk pengidap kolesterol, mencegah stroke, mengobati radang kulit, dan meringankan gejala diabetes mellitus. Gimana?, banyak hal menarik tentang ikan mayung ini ya.

Kerang Bulu & Kerang Tahu

Selain ikan, ada yang menarik perhatian saya, yaitu kerang bulu dan kerang tahu. Saya menyampaikan keinginan membeli kerang kepada istri. Ia setuju, tapi gak mungkin beli dua-duanya. Maklumlah, kalau dadakan begini bergantung pada budget. Kalau saya ikut, ada saja bidget yang tak terduganya 😅. Saya memutuskan untuk membeli kerang Tahu 1 kg seharga 20.000 rupiah. Sebagai informasi, kerang tahu disebut juga kerang putih. Kerang ini memang mempunyai cangkang tebal yang berwarna putih dan licin seperti tahu.

1647880892184-01.jpeg

Kerang Bulu

1647880919179-01.jpeg

Kerang Tahu

Setelah membeli ikan mayung dan kerang tahu, kami langsung pulang untuk memasak hasil belanjaan kami. Penasaran dengan hasil masakannya ?

Pindang Ikan Mayung dan Tumis Kerang Tahu

Seperti rencana awal, untuk ikan mayung di masak pindang khas Palembang. Bagi yang belum tau, pindang ini gulai ikan tanpa santan. Kaya akan rasa, seperti manis, asam, asin, pedas dan gurih. Segar sekali, apalagi ada tambahan potongan nanas dan daun kemangi. Bumbu pindang ini meresap ke dalam daging ikan mayung. Lembutnya daging ikan mayung berpadu dengan kuah pindang yang segar dan sedap.

1647880830459-01.jpeg

Pindang Ikan Mayung

Untuk kerang tahu, kami masak simpel saja, yaitu di tumis. Tapi kuahnya agak banyak agar bisa di hirup 😁. Oiya, kami biasa memasak kerang dengan cangkangnya. Tentunya kerangnya harus dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu dimasak hingga cangkangnya terbuka. Rasa kuah tumis kerang yang gurih, segurih kerang tahu yang kita makan berbarengan dengan nasi hangat. Sedap sekali.

1647880859505-01.jpeg

Tumis Kerang Tahu

Sahabat hivian, itulah dua menu masakan kami. Kadang apa yang kita rencanakan di awal bisa berubah atau bertambah. Seperti rencana masak kami yang tadinya hanya pindang ikan mayung, jadi tambah meriah dengan adanya tumis kerang tahu. Di tunggu cerita masak kalian ya? 😄🙏

Baca Juga : Wisata Kuliner di Kota Tebing Tinggi dalam Sehari

Selasa, 22 Maret 2022

Tetap sehat, supaya bisa terus makan enak

Kaki Lasak : Food Blogger


Blogger Sumut 20191109_215306.jpg


yj0tc2ym17.jpg


Follow Me :
Steemit :Kaki Lasak
Blog/Website : Kakilasak.com
Facebook Husaini Sani
Instagram kaki lasak
Youtube Chanel : Kakilasak Official
Whatsapp +6282166076131

Sort:  

Ciao piacere di conoscerti complimenti deve essere molto delizioso Voglio provare a cucinarlo anche se non sono molto brava in cucina
Ti auguro una buona serata
@luba555

tq so much, sudah hadir membaca tulisan saya. salam kenal dari saya @kakilasak

♥️♥️♥️♥️♥️

haha, betul kak... buat makan nambuh2 hihi