Pembagian Zakat yang Mempertontonkan Kemiskinan harus Dihentikan

in #news6 years ago

image

Sebagai instansi pembina pengawas perzakatan secara nasional, maka Kementerian Agama menghimbau agar pemberian zakat langsung secara massal pada setiap bulan Ramadan harus dihentikan.

Hal tersebut beralasan karena pembagian zakat langsung secara massal selalu saja memakan korban jiwa, seperti tidak ada yang mau antri, berdesak-desakan takut tidak kebagian. Bahkan sejumlah lansia (orang lanjut usia) dan anak-anak harus siap-siap terhimpit di tengah kerumunan penerima zakat lainnya.

Menurut Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam M. Fuad Nasar bahwa kebiasaan pembagian zakat langsung secara massal yang disiarkan melalui media massa, maka hal itu mempertontonkan kemiskinan kepada dunia. Hal itu juga berisiko terjadi kekisruhan, tanpa disengaja tlah merendahkan martabat orang miskin.

Ini kurang elok. Ia memberikan masukan bagi para muzaki (pembayar zakat) yang ingin memberikan zakat dari hartanya secara langsung kepada fakir miskin di lingkungan sekitarnya, sebaiknya diantar langsung ke tempat warga kurang mampu tersebut.

"Jadi bukan dengan cara mengumpulkan warga miskin, lalu mereka harus antri dan berdesakan untuk menerima zakat. Ini tidak elok," katanya menjelaskan.

Saat ini sudah ada organisasi pengelola zakat yang didirikan oleh pemerintah (BAZNAS), dari tingkat pusat sampai kabupaten/kota. Kemudian organisasi pengelola zakat (LAZ) berbadan hukum yang didirikan oleh masyarakat untuk memfasilitasi kemudahan layanan pembayaran zakat, infak dan sedekah.

"Organisasi ini juga memudahkan mekanisme pendistribusian dan pendayagunaan zakat kepada orang yang berhak menerimanya," katanya. Selain itu ada mekanisme pembagian kupon kepada warga melalui RT-RT dalam satu keluarahan setempat yang kiranya bisa mempertimbangkan pembagian secara tepat sasaran.

Maksud dan tujuan zakat sebenanya tidak untuk kebutuhan hari raya saja. Tujuan zakat lebih dari itu. Dana zakat bisa juga diberikan dlm bentuk beasiswa pendidikan formal, fasilitas pengobatan, pemberdayaan ekonomi & kemaslahatan umat. Tujuannya adalah utk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan.

Sort:  

sneaky-ninja-sword-xs.jpg
Sneaky Ninja Attack! You have just been defended with a 4.81% upvote!
I was summoned by @elsantibox. I have done their bidding and now I will vanish...

woosh
A portion of the proceeds from your bid was used in support of youarehope and tarc.

Abuse Policy
Rules
How to use Sneaky Ninja
How it works
Victim of grumpycat?

Congratulations @elsantibox! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do not miss the last post from @steemitboard!


Participate in the SteemitBoard World Cup Contest!
Collect World Cup badges and win free SBD
Support the Gold Sponsors of the contest: @good-karma and @lukestokes


Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!