"Makanan dan minuman khas aceh"

in #aceh6 years ago

"Selamat sore sahabat steemits"
Apa kabar sahabat ku?

Pada kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan minuman dan makanan khas aceh kita sebut saja kopi sanger aceh dan kue timphan baloet ,
Saya akan memberi sedikit penjelesan tentang kopi sanger aceh dan kue timphan baloet khas aceh .
image
Kita mulai dari" kopi sanger"
Kopi sanger merupakan kopi hitam yang di campur dengan susu kental dan gula , kopi sanger mirip dengan kopi modern seperti kopi susu atau caffe latte . Walapun mirip tapi jangan salah kopi sanger bukan kopi susu biasa dan cara pembuatannya pun agak sulit jika kita tidak pernah membuatnya. karena untuk membuat kopi sanger takaran kopi,susu kental dan gula harus pas agar rasanya lebih nikmat, di kalangan masyarakat aceh kopi sanger sangat terkenal dan mudah di temukan di warung kopi yang ada di aceh .. jika sahabat steemits ingin mencoba nya ? Kujungi saja warung warung kopi yang ada di provinsi aceh di jamin rasanya sangat nikmat.
Jadi hanya ini saja penjelasan singkat saya tentang kopi sanger aceh dan kemudian kita lanjutkan kue khas aceh yaitu "timphan balot"

"Timphan balot"
Halo sahabatku? Pasti kalian belum tau kan kue khas aceh namanya timphan balot ? Oke saya akan memberi sedikit penjelasan tentang timphan balot khas aceh .

"Timphan balot "dalam bahasa acehnya kalau dalam bahasa indonesianya namanya "dadar gulung " merupakan kue khas aceh yang sangat terkenal di kalangan masyarakat aceh. Timphan balut hampir sama dengan Timphan biasa. Dan cara membedakannya sangat mudah jika kue timphan balut dilapisi dengan tempung berwana hijau di luar nya dan isi dalamnya ada parutan kelapa atau srikaya, jika timphan biasa hanya di lapisi dengan daun pisang dan dalamnya ada parutan kelapa juga.
Rasa kue timphan khas aceh sangat lah lezat dan mudah di temukan seperti kopi aceh karena kue tersebut sering di sediakan di warung-warung kopi yang ada di aceh sebagai cemilan atau sarapan pagi . Jadi hanya ini saja penjelasan singkat saya tentang kue timphan khas aceh jika saya ada salah kata saya mohon maaf sahabat sahabat steemits , dikarenakan hanya segitu saja yang saya tau tentang kopi sanger aceh dan kue khas aceh timphan balot .
Mudah mudahan sahabat steemits menyukai makanan atau minuman khas aceh .
"Terima kasih "