Pengesahan APBA Aceh dalam 13 Tahun Terakhir

in #aceh6 years ago (edited)

1.jpg

Berikut saya lampirkan jadwal pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Aceh (APBA) Aceh dalam 13 tahun terakhir. Data ini saya dapatkan dari berbagai sumber diantaranya LSM Mata, Serambi Indonesia, Kompasiana dan Tempo.

Saya mencoba mengolahnya menjadi infografis sederhana. Silahkan dikoreksi jika terdapat kekeliruan.

Dari 13 tahun terakhir, pengesahan APBA yang tepat waktu hanya sekali yaitu untuk tahun 2014 tepatnya pada tanggal 20 Desember 2013. Sementara 12 lainnya molor, bahkan pernah pengesahannya terjadi pada bulan Juni tahun 2008.

Terkait faktor molor, saya yakin pasti punya penyebabnya. Saya juga harus riset kembali untuk menemukan jawabannya. Sebagai masyarakat biasa, saya menginginkan adanya treatment khusus bagi para pemegang kewenangan di Aceh sehingga APBA sah tepat waktu.

Bagaimana dengan tahun 2018? Sampai hari ini belum ada pengesahan. Mohon bersabar.