[IDN-ENG] Hari ini adalah perjuangan, kemarin adalah pengalaman

in #aceh7 years ago

how are you steemians? hope allah bless you as always. Hari ini saya akan berbagi tentang kenangan saya pada saat menjadi fasilitator dalam kegiatan pembentukan dan pergantian Forum Anak Lhokseumawe Kreatif (FALAK) tahun 2017.

[IDN]

IMG_1087.JPG

"hari ini adalah perjuangan, kemarin adalah pengalaman"

sebuah frasa yang saya gunakan untuk menggambarkan bagaimana keadaan dan perjuangan saya bersama teman-teman saat pertama kali mengenal dalam forum anak kota Lhokseumawe.
awal terbentuk dari lembaga Badan Kependudukan dan Keluarga Bencana kota Lhokseumawe 2 tahun yang lalu.

setiap sekolah mengirim perwakilan sebanyak 2 orang putra dan putri terbaik sekolah mereka dan alhamdulillah saya menjadi salah satunya dalam pembentukan forum anak tersebut.
dari awal saya sudah tertarik ketika mendengar akan di bentuknya sebuah forum sebagai wadah kreatifitas dan aspirasi dari anak lhokseumawe khsususnya.
tatkala pembentukan itu, kami mulai persiapan di hotel diana kota lhokseumawe selama 3 hari.

setelah tahap pengenalan dan pematerian selama 2 hari, kami pun bergerak menuju lokasi untuk edukasi terhadap anak di suatu daerah pedalaman kota lhokseumawe.
sebeulumnya, kami sudah di ajarkan bagaimana cara untuk menarik perhatian dan titik fokus dari sang anak, khususnya di anak berumur 10+

Dalam salah satu bukunya pak Basuni di katakan bahwa, usia tersebut sangat rentan terhadap lingkungannya. Anak pada usia tersebut akan mudah "mengingat berdasarkan apa yang di lihat".
Jadi kami tidak boleh menarik perhatian mereka dengan memarahi atau meninggakan suara kami tapi kami menarik perhatiannya dengan menggunakan sedikit trik sulap untuk membuat mereka tertarik.

Selanjutnya, kami memberikan arahan untuk membentuk forum anak tingkat desa sebagai pengembangan aspirasi tingkat desa. Kemudian mereka membangun forum untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas anak-anak di desa.

jujur, pengalaman yang luar biasa saya dapatkan disini. Teman dan pengalaman yang tak terhingga, saya selalu berterima kasih ketika mengingat hal tersebut.

IMG_0844.JPG

[ENG]

"Today is a struggle, yesterday is the experience"

A phrase that I use to describe how things were and my struggles with my friends when I first got to know in the Lhokseumawe city children forum.
Early formed from the Agency of Population and Family Disaster Lhokseumawe city 2 years ago.

Every school sends representatives as much as 2 of the best sons and daughters of their school and alhamdulillah I became one of them in the establishment of the forum of the child.
From the beginning I was interested when I heard will be in the form of a forum as a container of creativity and aspiration of the lhokseumawe children khsususnya.
When forming it, we start preparation at hotel diana lhokseumawe city for 3 days.

After 2 days introduction and soldering stage, we moved to the location for educating children in an inland area of ​​the city of lhokseumawe.
In fact, we have been taught how to draw attention and the focus point of the child, especially in children aged 10+

In one of his books Pak Basuni said that, the age is very vulnerable to the environment. Children at that age will be easy to "remember based on what is being viewed".
So we should not grab their attention by scolding or abandoning our voices but we caught his attention by using a little magic trick to get them interested.

Furthermore, we provide direction for establishing village level village forums as a village-level aspiration development. Then they build forums to improve the capacity and quality of children in the village.

Honestly, a great experience I got here. Infinite friends and experiences, I am always grateful when I remember that

FOLLOW @teukurizzamuly

Sort:  

Postingan yang bagus kawan, saya sangat senang bisa melihat postingan Anda. Saya mencoba menyimak dengan baik dan berharap bisa mendapatkan sesuatu yang berarti. Akhirnya sesudah melihat sampai akhir saya menemukan informasi, pengetahuan dan pengalaman terbaru melalui postingan anda.

saya berharap kita akan terus bisa berkomunikasi dan bertukar informasi melalui media ini. saya mencoba untuk mengikuti dan mensupport untuk upvote anda meski SP saya terbilang masih lemah, Namun perlahan-lahan saya mencoba untuk meningkatkan itu, saya merupakan pendatang baru di Steemit dan baru bergabung pada 1 Agustus lalu, meskipun baru terbilang pengguna baru, sekarang rating saya sudah di posisi 47, bagaimana itu bisa terjadi ? saya punya trik dan cara tersendiri yang sudah saya pelajari sebelumnya pada saat mengelola sebuah website pribadi, yang disebut dengan SEO. Saya tidak bermaksud untuk mempromosikan diri, saya hanya ingin sedikit berbagi dan merasa senang jika anda ,menghargai itu, mohon maaf bila sudah hadir dikolom komentar anda, senang bisa berkenalan dengan Anda, saya harap ini akan berkelanjutan, terimakasih.

saya punya postingan terbaru yang mungkin bisa anda simak untuk menambah wawasan dan informasi Anda. Selamat menikmati !

https://steemit.com/indonesia/@ponpase/tradisi-unik-ini-sudah-ada-sejak-kesultanan-raja-aceh-there-is-a-unique-celebration-in-aceh-2017830t03417487z

okee kawan, makasih kawan

sip, hahha