Membuat Mangkuk Mini Dari Kayu Jati

in #art6 years ago (edited)

image


Sejak selesai mengerjakan meja jati beberapa bulan yang lalu, aku sudah berniat, bahwa sisa-sisa potongan akarnya akan aku manfaatkan untuk hal lain; tak akan aku buang percuma. Apalagi biasanya, akhir pekan aku memiliki waktu yang agak senggang. Jika tak ada kegiatan lain, aku lebih suka menghabiskan waktu mengerjakan apapun dari bahan-bahan kayu dikontrakanku.

Sabtu siang tadi, aku mencoba memanfaatkan potongan kayu itu. Ukurannya tidak besar. Hanya sedikit lebih besar dari telapak tangan orang dewasa. Dengan ukuran yang hanya sebesar itu, aku berencana membuat mangkuk mini dari potongan akar kayu jati tersebut.


image


image


Pertama-tama, aku membuatkan pola pada potongan kayu itu. Selanjutnya aku coba untuk memahatnya. Karena kayu yang berukuran kecil sementara aku tak memiliki jenis pahat (mata pahat ukir) yang sesuai yang kubutuhkan, aku agak sedikit kesulitan memahatnya. Sehingga aku memutuskan melanjutkannya dengan menggunakan grinda.

Kemudian aku membuat ceruk (lekukan) pada bagian potongan kayu dengan menggunakan grinda. Mata grinda yang aku gunakan adalah mata grinda amplas susun yang khusus buat kayu. Mata grinda amplas susun tersebut aku pilih yang ukuran 100 grit. Proses ini dilakukan dengan hati-hati. Mata grinda yang besar dan potongan kayu yang kecil memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Sedikit melenceng, bisa-bisa potongan itu tak bisa digunakan lagi.


image


image


image


Selesai membuat lekukan bagian dalam, aku lanjutkan membentuk bagian alas mangkuk. Karena ukuran mangkuk yang tak besar, aku membentuk persegi sebagai alasnya agar lebih kokoh (padu dan tak oleng). Selesai memotong persegi bagian alas, aku lanjutkan membentuk sisi bagian luar. Sisi bagian luar harus mengikuti bentuk lekukan sisi bagian dalam mangkuk.

Untuk membentuk sisi luar ini aku menggunakan parang dan grinda. Proses ini juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Usahakan semua bagiannya sama ketebalannya mengikuti lekukan sisi dalam mangkuk (kecuali alas).


image


image


Setelah proses tersebut selesai, aku lanjutkan dengan menghaluskan permukaan mangkuk dengan menggukan kertas amplas. Kertas amplas yang kugunakan ukuran 180 grit hingga 400 grit.


image


image


Tahapan selanjutnya adalah tahapan akhir, yaitu mengkilapkan mangkuk dari kayu jati tersebut. Bahan yang kugunakan adalah polish alami; sarang lebah yang telah dimasak. Bahan tersebut aku gosokkan keseluruh bagian mangkuk, termasuk bagian alasnya. Menjelang waktu Asar tadi aku menyelesaikan membuat mangkuk mini tersebut yang telah aku mulai sejak ba'da zuhur. Semoga rekan-rekan menyukainya.

Saleum

Hafidh Polem

Sort:  

Membuat hatiku ingin memiliki...

Cari bahannya @sangdiyus, biar kita olah lagi