Menggunakan LineageOS | Setelah 1 Pekan

in #blog4 years ago (edited)

img_0.3000648710233566.jpg
Setelah 1 pekan menggunakan LiniageOS (LOS), saya mulai terbiasa dengan sistem ini (walaupun sempat kesal dengan aplikasi keuangan DANA yang sering tertutup dengan sendirinya (masi error hingga sekarang) dan errornya (GPS). Saya masi berharap kepada developer untuk memperbaikinya dalam waktu y cepat karena hal ini menjadi kekurangan terbesar bagi sistem ini. Bagaimana tidak? GPS selalu dibutuhkan saat kita melakukan share lokasi kepada teman yang ingin mengetahui lokasi ngopi dan untuk menuju ke suatu lokasi yang dibagikan oleh teman. Walaupun demikian, teman-teman yang bisa membaca map, bisa mengakalinya dengan membuka google map lewat browser lalu bagikan link lokasi dari google map tersebut. Tapi yang pasti, sistem ini gak bisa dipake untuk navigasi (Padahal awal instalasi gpsnya mau bekerja lho). Cukup ribet bukan?

2 Agustus 2020 melakukan chaging menggunakan powerbank 11000mAh selama skitar 2 jam, isi powerbank terkuras abis, hpnya cuma ter cas 45%. Padahal ditinggal tidur saat ngecas. Hal ini saya coba perbaiki dengan menggunakan ponsel hingga baterai drop ke 5% dan mencharge ponsel dalam keadaan mati. Alhamdulillah sekarang kondisi kembali normal.

Import dan save contact harus dilakukan secara manual. Krn untuk import/export kontak dari/ke google/xiaomi, aplikasi harus punya link ke google/xiaomi. Atau cara lainnya, untuk import bisa download seluruh contact dari google lalu simpan di app kontak LineageOS. Sedangkan untuk export harus disimpan satu persatu, artinya setiap menyimpan nomor baru di hp, simpan juga nomor itu di akun google/xiaomi lewat browser.

Hal lainnya yang saya temukan adalah tidak adanya fitur face unlock (saya tidak terlalu butuh fitur ini) dan suara kecil pada rekaman video. Padahal redmi note 5 pro memiliki hasil rekaman video dan audio yang cukup bagus bila menggunakan aplikasi bawaan kamera miui (akan saya cari apknya untuk saya uji coba).

3 agustus 2020 mendapatkan update Langsung download dan eksekusi. GPS bisa berjalan, berhasil lock walau masi agak lambat. Mudah-mudahan terus ada perbaikan (tapi di log update disitusnya tidak ada diceritakan tentang update gps redmi note 5, yang ada update gps samsung
img_0.0619869341865987.jpg

Mungkinkah ini ada hubungannya dengan keamanan? Sehingga diberikan batasan batasan dan semakin menegaskan sebuah ungkapan "Keamanan berbanding terbalik dengan kenyamanan". Kalo mau aman dan nyaman, ada harga mahal yang harus dibayarkan. Entahlah...

Yang pasti, selama sepekan ini saya tidak mengalami kendala yang berarti (selain yang saya keluhkan diatas), perangkat Redmi Note 5 Pro dengan lineage os tetap masi saya sukai.