Apa itu Jurusan Kesejahteraan Sosial ?

in #blog6 years ago

IMG_6045.PNG
(sumber foto google)

apa itu jurusan KESEJAJTERAAN SOSIAL ? itu adalah pertanyaan yang sering ditanya oleh orang ketika saya bilang saya kuliah di jurusan Kesejahteraan Sosial, yaa karena memang nggak banyak orang yang tau tentang jurusan ini..

Kesejahteraan Sosial atau Social Walfare adalah ilmu yang mengajarkan tentang pengetahuan dasar Pekerja Sosial yang meliputi pengetahuan tentang perilaku manusia dan lingkungan sosial, nilai, prinsip, etika pekerjan sosial, serta kebijakan dan pelayanan sosial di tingkat lokal, nasional, maupun internasional..

Oh berarti jurusan Kesejahteraan Sosial ini "sepupuan" sama jurusan Sosiologi ya ?
memang kesejahteraan sosial ini turunan dari ilmu sosiologi tapi perkembangan kedua ilmu ini jelas memiliki perbedaan yang signifikan..
kesejahteraan sosial lebih mempelajari tentang langkah dan cara untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.
sementara sosiologi lebih ke mengkaji teori masalah yang ada di masyarakat..

"terus kalau sudah selesai kuliah di kesejahteraan sosial ni kerja di mana ? Dinas Sosial ya ? yang bagi-bagi bantuan ya ?" ini adalah pertanyaan yang selalu membuat saya ketawa karena di anggap "yang bagi-bagi bantuan" mungkin ada benarnya juga pekerja sosial tukang bagi-bagi bantuan tapi sebenarnya tidak hanya itu pekerja sosial juga bisa bekerja di lembaga masyarakat, di rumah sakit, di Lapas, pekerja sosial juga bisa jadi advokat dan konselor..

sekian dulu penjelasan tentang ilmu kesejahteraan sosial 😊

IMG_5106.JPG
(foto ketika saya mengikuti kegiatan mahasiswa di kementrian sosial, Jakarta)