Kontes Semangat Mahasiswa 1#Keep The Spirit Of Writing In Steemit

in #contest6 years ago (edited)

Assalamu'alaikum sahabat steemit.
Apa kabar? Lama tak menyapa.

Perkenalkan kembali nama saya Mega Syafputri, mahasiswi Ilmu Komunikasi kosentrasi Jurnalistik 2016 Universitas Malikussaleh.

image

Pertama saya mengucapkan selamat atas tercapainya keinginan kak @yundriana untuk membuat kontes menulis di steemit. Sukses selalu untuk kedepannya.

Menulis? Apa asyiknya menulis?
Mungkin sebagian orang menganggap menulis tidak asyik karena buat capek. Namun bagi saya menulis adalah hobi saya sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Dan menjadi cita cita saya ingin menjadi penulis.

Kesukaan saya terhadap dunia menulis sudah lahir sejak duduk di bangku SD. Saat itu saya tidak mengenal cerpen, puisi, dan lainnya. Yang saya tau saya suka menulis dengan mengerjakan tugas meringkas yang di berikan guru atau juga pendiktean materi. Bahkan tanpa guru memerintahkan untuk meringakas, saya sering meringkas sendiri materi yang belum di baha sehingga saat tugas ringkasan selanjutnya saya tinggal duduk manis saja.

Seiring berjalan waktu, masa SD pun berlalu dan beralih ketingkat Madrasah Tsanawiyah Negri (MTsN) atau tingkat SMP sederajat. Kembali terlihat kesukaan saya terhadap menulis, di buktikan pada saat guru Bahasa Indonesia memberi tugas menulis diary dan menuliskan segala kejadian yang ada. Tiap harinya selembar dua lembar saya berhasil menulis diary itu. Mulai tentang sekolah, teman, rumah, tempat mengaji bahkan soal rasa suka, ntah suka sukaan atau suka Cinta saya tulis disana. Kemudian di pelajaran yang sama ada tugas membuat cerita pengalaman, lalu saya menulis tanpa pikir lama. Sekali menulis tangan saya susah untuk berhenti sangkin asyiknya menuli s. Pelajaran bahasa Indonesia adalah pelajaran kesukaan saya karena banyak menulis. Mulai dari menulis berita, cerpen, puisi dan berbagai tulisan lainnya.

Waktu pun berlalu, lulus dari MTs saya melanjutkan ke Madrasah Aliyah Negri (MAN) atau juga sesingkat SMA. Disini kesukaan saya semakin meningkat, saya bergabung dengan tim Redaksi OASIS di sekolah saya. Dimana tim ini juga mengadakan latihan menjadi jurnalis. Selama di MAN saya juga meningkatkan ilmu menulis dengan selalu berlatih menulis puisi, cerpen dan bahkan sering menulis berita walau tidak di publis hanya di buku coretan coretan saya. Dengan begitu ketika ada tugas tentang menulis saya tinggal memilih apa yang telah saya tulis sebelumnya.

SD, MTs, MAN adalah masa masa saya mencintai dunia menulis. Memasuki masa perkuliahan, menjadi mahasiswa tidak semudah yang dj liat di televisi. Tugas, kuis, uts, final menjadi kesibukan setiap mahasiswa. Akibat tugas yang banyak rasa kepenulisan saya menurun. Dan lebih cenderung membaca di dunia internet seperti: puisi, cerpen opini,artikel yang mana itu adalah ciptaan orang.

image

Setahun disini saya mendengar kata STEEMIT. saya penasaran dengan steemit ini karena saya membaca tulisan dari salah satu kakak leting saya di steemit. Kemudian rasa penasaran saya membawa saya mencari sendiri cara login di akun ini. Saya tidak mengetahui bahwa akun ini bisa menghasilkan uang, yang saya tau cuma akun untuk menulis.
Pertama kali saya login saya menggunakan email yang biasa saya gunakan. Jam 22.30 saya selesai mendaftarkan dan jam 00.15 saya mendapatkan pasword akun itu. Esoknya saya login di laptop dan ingin membuka di hp. Namun karena minimnya pengetahuan saya, saya lupa menyalin pasword ke word agar bisa digunakan di hp. Alhasil saya gagak untuk yang pertama ini. Saya berfikir untuk membuat email baru agar bisa login kembali. Namun lama sekali saya mendapatkan pasword. Dan berinisiatif untuk membuat email kembali. Dan 3 minggu lebih akhirnya saya mendapat pasword itu dan padan tanggal 20 januari saya mulai aktif menulis di akun steemit.

Ketika sudah mulai menulis, saya sangat semangat walaupun hasil yang saya dapatkan setiap meclaim tidak sebanding yang di usaha karena saya sadar saya masih baru.
Lalu entah mengapa ketika reting saya naik menjadi 32 saya mulai bosan dan bingung mau menulis apa. Hanya sesekali saja saya memposting tulisan di steemit. Selain itu akun saya dan steemit saya selalu eror ketika mau memposting satu tulisan sehingga menghambat saya untuk tiap hari memposting.
Pada suatu waktu saya membaca postingan kak @yundriana yang mengadakan kontes menulis ini. Saya mencoba untuk ikut dan berharap bisa menumbuhkan semangat saya kembali.
Selain itu mengatasi kebosanan ini saya selalu menyemangati diri ini dengan mengingat kembali hobi dan impian saya dalam dunia menulis ini. Sehingga bisa menumbuhkan semangat yang sempat padam ini.

image
Sahabat, semoga tulisan ini bermanfaat.
tataplah semangat, teruslah berusaha, jangan menulis hanya untuk mengharapkan uang namun yang terpenting teruslah belajar jangan pernah putus asa

https://steemit.com/semangatmahasiswa/@yundriana/kontes-semangat-mahasiswa-1

image

#semangatmahasiswa