2018, Era Kebangkitan Generasi Baru Literasi Aceh

in #education6 years ago (edited)

image
Source

Berabad lalu ulama-ulama Aceh sangat akrab dengan dunia literasi. Mereka menuangkan pemikirannya di atas kertas sehingga menjadi sebuah kitab. Sebut saja Syekh Isma’il bin Abdul Muthalib Al-Asyi, pengarang Tajul Muluk. Kitab ini diperjualbelikan di Mesir. Kemudian ada kitab Bidayah al-Hidayah, syarah matan Ummul Barahin, yang dikarang Syekh Muhammad Zain bin Faqih Jalaluddin.

Ulama Aceh lainnya yang mengarang kitab yakni Arif Billah Syeikh Abdullah (Syifaul Qulub), Syeikh Muhammad (Dawaul Qulub), dan masih banyak lainnya. Keseriusan mereka menulis memberikan generasi sekarang mengkaji pemikiran dan memanfaatkan keilmuan mereka.

Beberapa dekade terakhir literasi di Aceh memudar. Sedikit sekali penulis-penulis di Aceh muncul ke permukaan. Hal ini dapat dimaklumi mengingat Aceh dirundung konflik berkepanjangan. Namun sekarang, bukti kebangkitan generasi baru literasi dilihat dari semakin banyaknya nama-nama baru penulis Aceh.

Pada 2018, semangat literasi semakin bergelora. Pembangkitnya adalah komunitas baru pecinta dunia tulis menulis. Lihat saja dengan berkembangnya Forum Aceh Menulis (FAMe) di berbagai daerah seperti di Banda Aceh, Aceh Jaya, Pidie Raya (Pidie dan Pidie Jaya), Lhokseumawe, dan diprediksikan mencakup seluruh kabupaten/kota se-Aceh. Kemajuan FAMe tidak akan pernah tercapai tanpa kehadiran sosok @yarmendinamika. Redaktur Pelaksana Serambi Indonesia ini disebut Kamus Bahasa Indonesia berjalan. Di FAMe, ia terus memaju pembelajar menggunakan bahasa tutur dan tulis Indonesia yang benar.

Semangat berliterasi kian bertambah dengan hadirnya steemit, sebuah platform bersistem blockchain yang mampu memberikan reward kepada penggunannya. Bahkan dua kurator Indonesia merupakan orang Aceh yaitu @aiqbrago dan @levycore. Masyarakat awam yang tidak tahu bagaimana caranya menulis terpacu mempelajarinya. Salah satu tokoh paling berpengaruh di steemit adalah @rismanrachman.

Saya melihat bahwa dampak FAMe dan steemit saling berkaitan satu sama lainnya. FAMe sebagai wadah belajar menulis, sedangkan steemit wadah mempraktekkannya. Apalagi kini @yarmendinamika dan @rismanrachman berkolaborasi secara intens menciptakan atmsofer generasi baru literasi Aceh.

Apalagi, baru-baru ini, Yarmen Dinamika dan Risman A Rachman berinisiatif untuk membuat media online Komunitas Literasi Aceh (KLA) yang terhubung dengan Steem blockchain agar seluruh kreator konten/penulis di Aceh dapat melakukan monetisasi langsung melalui website KLA.

Dalam tulisan sebelumnya saya juga telah memaparkan bahwa apalagi semangat ini terus dipacu, steemian yang juga anggota FAMe berpeluang besar menghasilkan buku berkualitas bersumber dari tulisan-tulisan di steemit. Kunci kesuksesan penulis adalah banyak membaca.

Penulis yang hebat adalah pembaca yang lahap.

(Baca ini: https://steemit.com/book/@furqanzedef/steemit-buku-diari-digital-yang-dapat-dibukukan-7bbde0270aea)

Hal itu bukan impian belaka. Sebagian dari steemian memang sudah berkomitmen melahirkan buku dengan cara seperti ini. Yang paling penting sekarang adalah menjaga semangat itu. Teladan sudah ada, yaitu para ulama Aceh yang menghasilkan karya luar biasa di saat mereka kekurangan fasilitas dibandingkan kita sekarang.

Semua bisa menulis kecuali yang tidak mau!

Sort:  

Semoga kedepannya bisa muncul generasi-generasi baru dari aceh yang bisa mengarang/menciptakan buku-buku yang beredukasi yang bermanfaat untuk pembacanya.
Potensi itu semua bisa berawal dari kita belajar menulis di steemit yang kemudian akan berkembang dalam diri kita, sehingga suatu saat bisa menjadi penulis yang sukses.

Mari menjaga semangat menulis kita Bang @setapak.

Pembaca yang baik berpotensi menjadi penulis yang baik. Peserta training menulis yang baik, berpotensi menjadi tutor menulis di dalam training (penyampai teori) tapi belum tentu berbakat menjadi penulis yang baik. Seperti lainnya, menulis adalah salah satu bentuk life skill yang tidak dipunyai oleh semua orang.

Iya Bang. Karenanya, kita harus terus melatih kemampuan kita dalam menulis. Terima kasih tambahan informasinya Bang @muhajir.juli

Dawalul Qulun karangan sangat hebat dari Ulama besar Aceh bernama lngkap Syaikh Muhammad Bin [Ahmad] Khatib Al- Langgini / Tgk Syik di Simpang . Ini saya verikan fotonya.

15776637_545704142300909_1861324990262255817_o.jpg

Tulisanmu ingatkan saya pd kedahsyatan isi Kitab Beliau. Semoga dunia literasi Aceh akan kembali berkibar lewat Media Blockchain Steem ini.

Salam sukses.

Terima kasih atas sharing foto kitabnya Bang @bahagia-arbi

Luar biasa, sangat menginspirasi 😎

Alhamdulillah. Terima kasih kakak leting 😁 @rahmayn

Iya, kata Hasan Al-Banna, "seorang muslim itu harus sama baiknya antara membaca dan menulis."☺

bikin sejarah Aceh baru dengan menulis

Please Stop

In your your last 100 comments you used 41 phrases considered to be spam and you made this exact same comment 1 times. You've received 0 flags and you may see more on comments like these. These comments are the reason why your Steem Sincerity API classification scores are Spam: 62.20% and Bot: 2.20%

Please stop making comments like this and read the ways to avoid @pleasestop and earn the support of the community.

Aceh pernah berjaya karena keilmuan ulama

Tulisan yang sangat bagus... Terarah dan terstruktur.. semoga kedepannya @furqnzedef jadi penulis yang handal...caiyo

Terima kasih Kak @yenniyunita. Semoga doa itu dikabulkan.