Sepeda Bambu bagian dari hidup ku

in #esteem6 years ago

P_20180403_112657_1_p.jpg
hai..apa kabar teman teman steem it semua, saya harap dalam keadaan sehat selalu, pada malam ini saya ingin membuat sebuah post yang bertema tentang proses pembuatan sepeda bambu saya dari awal pengambilan material sampai ke dalam bentuk sepeda utuh.

tahukan kamu teman steemian bahwa bambu mampu tumbuh 60 cm per hari, dengan pertumbuhan yang begitu cepat membuat bambu bisa di jadikan material masa depan, bahkan para peneliti menyatakan bahwa sebagian dari beberapa jenis bambu mampu menahan beban 370 MPa, ada juga peneliti yang lagi mengembangkan penggunaan bambu jadi tulang bangunan pengganti besi.

berawal dari cerita di atas keinginan saya pun timbul untuk membuat sebuah karya sederhana yaitu menjadikan bambu ini sebagai bahan utam pembuatan rangka sepeda, saya mulai mencari literatur kepada abang leting saya yang bernama Strong ( Mansur), yang kebetulan dia faham masalah material, dia sangat banyak memberi saya masukan terutama perekat yang antara sambungan besi dan bambu. Selang beberapa minggu saya menemui salah satu kerabat untuk meminta beberapa batang bambu.

P_20180130_130128 (2).jpg

setelah bambu tersebut di tebang, bambu tersebut harus di jemur atau di asap kan agar bambu tersebut tidak di makan pati dan supaya kekuatan material nya bertambah. sambil menunggu bambu itu kering saya membuat jig frame ( jig frame adalah pemegang bagian bagian sepeda agar tidak bergeser ketika di rekatkan antara satu bagian satu dan lainnya.

P_20180301_123740_1_p.jpg

bambu telah kering dan jig frame telah siap saat nya untuk meng assembly seluruh bagian, sebelum menyambung terlebih dahulu ujung dari bambu dipotong bulat agar menyatu sempurna dengan besi.
P_20180210_165613_1_p (2).jpg
kemudian rekatkan besi dan bambu lalu baluti dengan damar setiap sambungannya setelah itu berilah serat kenaf agar damar tidak mudah getas. setelah semua bagian tersambung rapikan bambu dengan kertas pasir agarrapi ketika di pernis, pernis yang saya gunakan merek boyo dan gunakan thinner agar mudah dalam pengolesannya.
WhatsApp Image 2018-04-24 at 20.57.24.jpeg

setelah beberapa minggu tiba waktunya untuk mencoba sepeda ini, saya mencoba nya di Desa Paya Dua jalanTakengon _Lhokseumawe, awal mulanya saya ragu dan takut akan patah tapi ternyata sepeda ini aman dan nyaman saat dikendarai.

123.PNG

Oke teman steem it sekian dulu artikel malam ini, semoga teman2 menyukai postingan saya
sampai jumpa di postingan berikut nya.

Sort:  

Congratulations @asdy! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes received

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!