Bonsai Serut

in #esteem4 years ago

Pendemi COVID-19 berangsur-angsur pergi dari tanah Aceh, Alhamdulillah bersyukur kepada Allah Tuhan semesta Alam. Masyarakat Aceh dapat melaksanakan ibadah puasa dengan khidmat serta merayakan Idul Fitri dengan suka cita. Kita doakan semoga daerah-daerah lain juga lekas pulih dari Pendemi COVID-19.

Saya teringat akan hobi lama yang terbaikan, kemarin baru saya memulainya kembali. Hobi itu adalah bonsai, hobi ngebonsai ini diwariskan oleh almarhum papa saya. Saat saya masih kecil dahulu, saya sering ikut untuk hunting bonsai di tengah hutan, ataupun rawa-rawa, sungguh mengasyikkan.

Bonsai adalah seni mengkerdilkan tanaman, membentuknya sedemikian rupa, hingga terlihat indah dan eksotis.

sgsftw.jpg

Jenis tanaman favorit saya untuk dibonsai adalah pohon serut. Pohon serut memang sangat populer untuk dijadikan bonsai. Serut memiliki batang putih ke hijau-hijauan dengan kombinasi coklat, batang pohon serut terbilang keras, dan memiliki daun yang kecil. Keunikan lainnya pohon serut apabila telah dibonsai cabang dan rantingnya akan membentuk suatu pola indah sesuai yang kita inginkan, walau dihabitat liar pohon serut sama sekali tidak indah cenderung jelek semak tak beraturan.

Pecinta bonsai lebih suka mendapatkan pohon serut dari Alam liar, walaupun serut bisa di cangkok, atau diambil tunas akar untuk memperbanyaknya.

Pohon serut terbilang gampang dalam merawatnya, cukup disiram sekali sehari jika di dalam pot, dan tidak perlu disiram jika diletakkan ditanah halaman rumah. Memang pohon serut sedikit sensitif terhadap akarnya. Akar serabut menjadi hal yang paling sensitif bagi pohon serut, sedangkan akar batang tidak terlalu boleh dipotong jika hendak memindahkannya kedalam pot.

k73wty.jpg

Cara training (membentuk) pohon serut gunakan kawat, arahkan sesuai kemauan yang kita hendaki maka ranting dan daun pohon serut akan mengikutinya. Pangkas ranting yang tidak perlu, dan rontokkan daunnya sampai botak jika hendak mengecilkan daun, semakin kecil daun akan semakin indah.

Pohon serut sering kita jumpai di taman-taman dengan ukuran besar. Bisa bertingakat-tingkat ataupun bulat dan bentuk lainnya. Namun jika di bonsai maka akan semakin menambah nilai seni serta keindahannya.

wupexd.jpg

Karena saya lama sudah tidak main bonsai, maka bonsai saya ditanamkan di halaman belakang rumah, malas nyiramnya. Saat kita membiarkan bonsai serut tanpa ditraining (dibentuk/dipangkas) maka dia akan kembali ke wujud aslinya semak belukar.

qys29k.jpg

Kemarin saya baru mentraining bonsai serut saya lagi setelah sekian lama. Jika ada rejeki nanti saya akan beli pot yang pas dan saya pindahkan dari halaman belakang rumah.

lepas suntuk ngebonsai bisa jadi pilihan menarik

Buruj ck

Tebangun di 1/3 malam 28/05/2020

Sort:  

Yay!
Your post has been boosted with ESTM. Keep up the good work!
Dear reader, Install Android: https://android.esteem.app, iOS: https://ios.esteem.app mobile app or desktop app for Windows, Mac, Linux: https://desktop.esteem.app
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.me/esteem