Bunga Emas (Bongoeng Meuh)

in #esteem6 years ago (edited)


Dokumen Pribadi

Nama bunga ini adalah bunga emas, dalam bahasa Aceh biasanya di namakan *Bungoeng Meuh*. Saya tidak tahu darimana asal bunga ini, Bunga ini tumbuh di halaman rumah Saya. Tetapi anehnya hanya ada satu pohon yang tumbuh, bisa saja penyebabnya karena tidak ditanam dengan banyak. Bunga ini biasa sangat mudah hidup di daerah - daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia salah satunya.

Ternyata dibalik bunganya yang indah dipandang, bunga ini juga memiliki banyak manfaat untuk pengobatan - pengobatan tradisional. Banyak kita lihat bunga ini tumbuh dipekarangan - pekarangan rumah, bisa saja karena bunganya yang indah dan bisa dijadikan sebagai hiasan rumah atau untuk mempercantik pekarangan kita. Atau bahkan ada yang menanam bunga ini untuk digunakan sebagai obat - obatan. Dulu bunga ini banyak Saya lihat di pekarangan rumah nenek Saya, tetapi saat ini sudah mati dan layu karena tidak dibudidayakan dengan baik.

Manfaat Bunga Emas :

  • Sebagai obat sakit perut, caranya sangat gampang yaitu, ambil beberapa daun bunga ini tumbuk dan oleskan di bagian perut.
  • Mengobati pilek
  • Menurunkan demam
  • Mengobati sakit gigi

Selain mempunyai manfaat - manfaat sebagai obat tradisional, untuk yang mempunyai hobi photography juga bisa menjadikan bunga ini sebagai objek untuk photography. Tapi kita lihat saat ini bunga ini sudah jarang yang membudidayakan bunga ini, di takutkan apabila jumlahnya semakin sedikit lama kelamaan bunga ini.bisa saja musnah. Padahal cara menanamnya sangat mudah yaitu, bunganya yang sudah kering kita taburkan ditanah. Jika bijinya sudah tumbuh kita tinggal memindahkannya ke dalam pot.

Ternyata sangat mudah menanam bunga emas ini, hanya orang - orang yang gemar menanam bunga saja yang akan menanam bunga. Contohnya Saya tidak suka menanam bunga, tetapi Saya menyukai bunga yang sudah mekar. Apalagi bunga mawar yang baunya harum semerbak, pasti tidak bosa untuk mencium bau harumnya. Bunga itu indah, bukannya Allah juga suka dengan keindahan. Seperti sabda Rasulullah SAW dalam HR.Thabrani dan Al Hakim :"Sesungguhnya Allah adalah dzat yang maha indah dan mencintai keindahan".

Photography

ThemeBeautiful Gold Flower
CameraOppo Mirror 3
LocationBireuen, Aceh Indonesia
TimeMinggu, 15 Juli 2018

Terimakasih telah berkunjung ke blog Saya
By @niniandini

Sort:  

kop kaya si nyak @niniandani, na bak meuh sajan geuh...
😋😋😀😂

Hehhe. Nyoe keuh bak meuh sagai na bak loen, meuh hana. Kwkw

Bunga Seurunee kalau dikampung saya, daunny bisa dijadikan obat sakit perut ya

Iya bg setau saya daunnya bisa dijadikan obat sakit perut. Terimakasih telah berkunjung @alhidayat