Indahnya Berbagi

in #esteem6 years ago

image

Berbagi, satu kalimat yang membuat nalar berpikir ia hanya bisa dilakukan dengan uang. Ya, bahkan kebanyakan orang menganggap kalau berbagi itu hanya dilakukan dengan uang. Hal ini sebenarnya telah dibantah oleh Abuya Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki dalam bukunya Kasyfu al-Ghummah fi Ishtina'i al-Ma'ruf 'ala al-Ummah. Beliau menyebutkan berbuat baik apa saja itu termasuk berbagi.

Nah, apa hubungannya dengan fotoku ini? Ayo baca hingga selesai.

Ini bukan postingan ingin memberikan HP secara gratis. Sekali lagi bukan. Heheheh....

Berawal dari suatu hari ketika saya berada di sebuah warkop di kota kelahiranku. Saat itu aku sedang memperbaiki smartphone ku yang bootloop. Aku disamperin seorang pemuda ganteng, Adi namanya. Dia sejak awal ku duduk di warkop itu memperhatikan kerjaku. Rupanya dia tahu kalau saya sedang memperbaiki HP rusak. Rusak software tentunya. Ternyata dia juga mengalami hal sama. Bedanya kalau saya punya pribadi dan dia punya orang lain.

Singkat cerita, dia minta bantuanku untuk membangunkan kembali HP itu dari pingsannya. Setengah jam kemudian HP itu siuman.

"Berapa ongkosnya Teungku?", tanyanya sopan.

"Wallahi, gak apa-apa Bang", jawabku.

"Saya kerja ini Teungku. Saya perbaiki HP orang dan orang akan berikan saya ongkosnya. Jadi saya harus bayar ke Teungku", dia beralasan.

"Alhamdulillah, semoga ini bisa membantu Abang untuk dapat rejeki dan mencukupi kebutuhan keluarga Abang".

"Terima kasih banyak, Teungku".

Bang Adi pamit dan berbisik sambil menunjukkan arah ponselnya. Ia pun berharap aku mau datang ke ponselnya kapan-kapan.


Dua hari setelah itu, di tempat yang sama, aku ditemui orang lain untuk menyelesaikan problem HP-nya. 3 HP sekaligus oleh tiga orang diminta bantuanku.

Pertama, Nokia 105 yang lupa kode pengaman. Dan sudah kuselesaikan dengan Miracle Box di laptopku.

Kedua, Himax Polymer 2X padam. Telah juga ku flash ulang dan hidup kembali dengan normal.

Ketiga, iPhone 5 yang juga lupa pola layar. Belum sempat kubuka karena kesibukan.


Semua ini kulakukan dengan niat untuk berbuat baik kepada ummat. Semoga ini menjadi amal baikku. Aku tak dapat berbagi berupa materi, namun Alhamdulillah mereka mauenemuiku membawa segudang pahala untukku.

Dan cerita ini kutuliskan di sini bukan untuk pamer dan riya'. Ini dengan tujuan memotivasi sahabat pembaca bahwa berbuat baik itu mudah. Dan agar sahabat tahu, bila berkenan untuk belajar, akan kuajarkan dengan ikhlas juga, In syaa Allah.

image