Bunga gurun pasir (kaktus) yang indah

in #flower6 years ago (edited)

image

Selamat sore sahabat steemian dimanapun berada, apa kabar hari ini? Semoga semuanya selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Tadi pagi, ketika saya akan mengajar di laboratorium kimia..saya melihat pohon kaktus yang sedang berbunga di depan laboratorium, ini merupakan pertama kalinya bagi saya melihat tanaman kaktus yang sedang berbunga, karena selama ini saya hanya melihat kaktus penuh dengan duri tanpa bunga. Sehingga sayapun mengambil foto bunga tersebut dengan kamera saya.

Berbicara tentang kaktus, kita langsung terbayang tumbuhan berduri yang tumbuh di daerah gurun pasir. Karena kaktus merupakan tumbuhan xerofit yaitu salah satu tumbuhan yang mampu beradaptasi dengan daerah yang kering dan panas seperti gurun pasir. Kaktus juga termasuk tumbuhan sukulen karena batang, akar dan daun mampu menyimpan air dalam keadaan kering untuk bertahan hidup.

image

Kaktus mempunyai daun-daun kecil yang menyerupai duri, hal tersebut berfungsi untuk mengurangi terjadinya penguapan akibat cuaca yang panas, dan memiliki akar yang panjang dan dalam untuk mencari dan menyimpan air sebanyak-banyaknya. .

Selain tanaman di daerah gurun pasir, saat ini kaktus sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat kita. Karena kaktus juga terkenal dengan keindahannya, banyak orang mengambilnya sebagai tanaman penghias, di tanam di dalam pot mapun pekarangan rumah. Kaktus juga memiliki varietasyang beragam dengan berbagai bentuk dan warna.

image

Selain berguna untuk tanaman hias, ternyata kaktus juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang jarang diketahui orang. Zat yang terkandung dalam kaktus dapat dijadikan sebagai obat untuk melawan gigitan serangga, gatal-gatal dan alergi.

image

Demikianlah yang dapat saya tulis tentang kaktus hari ini, sebenarnya masih banyak lagi manfaat kaktus untuk kesehatan dan kecantikan juga, mungkin lain kali akan saya sambung kembali. Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat.

Terimakasih karena telah mengunjungi blog saya

Salam #steemit dan #esteem
By @salahiyah.

Sort:  

pohon yang penuh pengorbanan, mesti waspada untuk mendekatinya.

amazing post cut kak @salahiyah

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by salahiyah from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.