Breakfast with Asam Engkoet plus Cempokak

in #food6 years ago

2q7da9tyle.jpg

Steemian...

Tadi pagi, saya menyiapkan sarapan pagi dengan menu yang maknyus Asam Engkoet Sure Aceh dan Cempokak. Asam engkot salah satu menu khas Aceh yang sering dijadikan masyarakat Aceh sebagai menu sarapan pagi, sedikit beda suami saya asam engkot sure ini disantap dengan cempokak mentah.

Cempokak, Tekokak, Terung Pipit, (Solanum torvum Sw) tumbuhan ini termasuk dalam tumbuhan terung-terungan (Solanaceae) dalam dalam bahasa Aceh terung ini disebut dengan nama boh Trueng Cawieng. Di Aceh cempokak sering digunakan masyarakat Aceh sebagai sayur kuah pliek. Pada umumnya orang Aceh tidak suka dengan cempokak mentah.

Tapi suami saya asli orang yang Aceh yang sangat doyan dengan cempokak mentah, pakai asam u, atau asam engkot. Kata Suami saya cempokak sangat enak jika dimakan sebagai lalap dengan asam engkot sure. Lihat video ini:

Berikut saya paparkan cara buat Asam Engkot Sure:

  • 1 Ikan Tongkol yang sudah dipanggang

  • 4 siung bawang merah

  • 6 cabe rawet

  • 3 helai daun jeruk

  • 6 asam sunti (asam belimbing wuluh kering)

wqtranwo7u.jpg

Cara membuat:

  • Ikan tongkol di potong halus lalu di goreng sampai kering, masukkan asam sunti, bawang cabe dan daun jeruk perut dalam ulekan dan ulek setengah halus, jangan taruh garam karena dalam asam sunti sudah ada garam.

  • Hidangkan bersama cempokak mentah, lalu nikmati dengan nasi putih.

umpq7g79n4.jpg

Silahkan mencobanya, semoga sarapan pagi Anda menyenangkan.

By : @abeyaimary