Kreasi Saya, Ikan Leubim Putih Kukus Pandan

in #food6 years ago

2018-05-02 16_12_03-VID_20180502_095513.mp4 - VLC media player.png

Hi… Everyone.

Pada postingan ini saya ingin membagikan resep hasil kreasi saya sendiri, yaitu “Ikan Leubim Putih Kukus Pandan”. Saya terinspiasi membuat resep ini, karena selama ini ikan leubim putih merupakan salah satu hasil tangkapan nelayan di daerah saya. Selama ini masyarakat di sini menyajikan ikan leubim putih dengan cara dipanggang. Namun saya mencoba untuk mengubah cara penyajian yaitu dengan cara kukus menggunakan daun pandan, ternyata ikan leubim putih dalam bahasa Ingris ikan ini disebut : Unicorn leatherjacket, sangat enak di kukus dengan kreasi beberapa bahan campuran.

Berikut ini resep ikan leubim kukus pandan hasil karya saya :

IMG_20180502_091612.jpg

Bahan-Bahan :

  • 1 ikan leubim putih 500 gram
  • 3 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 1 lembar daun pandan
  • 3 cabe merah
  • 1/5 Bawang Bombay
  • 1 batang duan pre
  • 1 batang daun sop
  • 100 gram Brokoli
  • 1 buah tomat
  • 1 Sendok Makan Saus Cabe
  • 1 Sendok makan Kecap manis
  • 1 Jeruk Nipis
  • Garam secukupnya

IMG_20180502_092343.jpg

Cara membuat Leubim Putih Kukus Pandan

Bersihkan ikan leubim, kupas kulitnya lalu oleskan sedikit garam dan perasan air jeruk nipis. Rajang bawang merah dan bawang putih, cabe merah belah dua, ambil selembar daun pandan disimpulkan, iriskan bawang Bombay, potong-potong brokoli. Kemudian letakkan ikan yang telah di bumbui garam dan air jeruk dalam sebuah loyang berbentuk panjang. Ketika saya mencoba reseb ini saya menggunakan piring stenlis. Kemudian semua bahan lainya seperti bawang merah, bawan putih, brokoli, daun pandan, cebe merah belah dua, bawang Bombai dan brokoli yang telah dipotong-potong masukkan kedalam Loyang bersama ikan. Kemudian kukus dengan api sedang selama 30 menit. Ketika pengukusan selama 20 menit tambahkan 1 sendok kecap manis, 1 sendok saus pedas dan masukkan tomat yang telah diiris serta daun pre dan daun sop. Lalu kukus sepuluh menit. Lalu angkat dari tempat pengukusan dan hidangkan dipiring. Anda dapat menikmatinya bersama keluarga. Maknyus sedapnya. Selamat mencoba. Semoga resep ini menjadi menu kesukaan keluarga Anda semua.

By: @abeyaimary

Salam Komunitas Steemit Indonesia

index.jpg

Sort:  

good creation

Maknyus sedapnya terimakasih @abeyaimary . Salam KSI

Gura that hi lagoe eungkoet meutuwhnyan?

menggugah selera @abeyaimary