Kuah Tumis Keumamah--Ikan Kayu : Kuliner Yang Melegenda

in #food7 years ago

Selamat malam kawan steemit. Semoga kawan-kawan sehat wal afiat. Baiklah, malam ini saya akan memposting tentang makanan yang memiliki nilai sejarah, yaitu kuah tumis ikan kayu atau orang Aceh sering menyebutnya dengan keumamah. Berikut beberapa gambar tentang proses memasak ikan keumamah.


image


Ikan keumamah merupakan ikan tongkol yang dijemur disertai dengan racikan bumbu sehingga ikan tersebut mengering dan bisa tahan lama. Pada masa penjajahan dulu masyarkat Aceh mengolah ikan ini untuk bisa dikonsumsi kapan saja.


image


Saya lansung ke proses memasak. Keumamah bisa diolah sesuai selera seperti di postingan ini, saya memasak kuah tumis keumamah. Ini kesukaan anak dan suami saya.


image


Bumbunya pun sangat sederhana seperi bawang merah, kunyit,lada dan asam jawa. Boleh juga ditambah dengan bumbu lain sesuai dengan selera.


image


Ini tampilan ikan keumamah atau ikan kayu sebelum dimasak. Dan percaya deh, rasa ikan kayu sesudah diolah akan membuat mulut anda berair. Selamat menikmati ya kawan-kawan!

Terima Kasih. Salam saya @asridsyaref

Sort:  

keumamah (ikan kayu) juga mempunyai nilai sejarah yg tinggi.. karena pada masa penjajahan keumamah menjadi salah satu ikan yang di konsumsi oleh pejuang2 kita dulu karena tahan lama dan tentunya mempunyai rasa yg khas saat di masak kembali.

Posting yang menari @asridsyaref

Sukses selalu.. 😉😉

Ya betul bang. Di samping ikan ini bisa diolah sesuai selera ikan ini jg sgt berperan penting dalam menyukseskan perjuangan. Terima kasih bang@maizarramadhan