#FOOD : Nikmatnya Timphan "PANGGANG" Makanan Khas Aceh. Ayo wisatawan "LOKAL" dan "MANCANEGARA" segera kunjungi Aceh.

in #food6 years ago (edited)

Selamat malam sahabat steemian's..

Di Aceh, untuk hal makanan tidak akan pernah ada habisnya untuk kita bahas. Sangat banyak makanan yang bisa kita nikmati. Paling umum yang sudah terkenal adalah Mie Aceh, Kuah Pliek 'U atau patarana, **Kuah Asam Keueng dan lain-lain. Ada juga beberapa makanan yang sering disajikan saat acara adat seperti Bulukat Kuneng, Boh Ubi Lawoek Ngen 'U dan lain-lain.

Dalam postingan ini saya akan membahas Timphan Asoe Kaya ataupun Timphan Kelapa Manis yang berbeda cara memasaknya. Biasanya timphan dimasak dengan cara kukus. Namun kali ini yang saya bagikan adalah Timphan Teutot atau Timphan Panggang. Sama seperti cara memanggang pulot / beras ketan panggang.

Timphan Panggang disajikan dalam piring

Soal rasa emang sangat berbeda dengan timpan kukus. Yang saya rasakan lebih manis daripada timphan kukus. Rasanya membuat saya lebih eneg. Cepat bosan dan segera ingin meninggalkan makanan ini.

Resep timphan panggang dan timphan kukus sama saja, mulai bahan-bahannya dan cara mengolahnya tidak ada beda. Dulu saya pernah memposting resepnya di blog steemit saya, namun sudah saya mencarinyaa di google tidak ketemu, mungkin kata kunci yang tidak cocok.

Bahan Utama Timphan

Olahan tepung Timphan

Srikaya sedang di masak

Nah, sekarang saya akan memberikan cara memanggang timphan. Pertama ambillah arang atau batok kelapa yang sudah sangat kering, kumpulkan beberapa batok kelapa dan bakar hingga menjadi bara api. Lalu berikan batu bata di pinggir sisi kiri dan kanan. Kemudian letakkan 2 besi panjang diatas batu bata sebagai penyangga panggangan. Setelah itu, letakkan satu per satu timphan dan panggang sesaat hingga timphan matang. Jangan lupa bolak balikkan 2 sisi timphan agar tidak hangus. Kalau hangus rasa timphannya sangat tidak enak, terasa pahit. Bila sudah matang, pindahkan timphan dan siap disajikan

Batok Kelapa Dibakar

Bara Api

Timphan sedang di panggang

Hati-hati bila anda makan dengan suhu yang masih tinggi nanti bisa-bisa lidah anda terbakar. Biarkan sesaat agar sajian timphan menjadi hangat. Dan nikmatilah, jangan lupa bahagia bro!

Siap Disajikan

Timphan siap dinikmati

Thanks For Visiting My Post!

Please Follow My Account : @iebalgamge

Sort:  

Omaaaaaak jang!

Mangat that! Hawa teuh

Jak u rumoh lah cek.. Kiban? Sep sep seeeeep mangat hahahaha

Hujeun hanjeut tajak, dijalan nanti uda basah dulua. Meu khip-khip huhuhu

Oke, besok saya bawa ke kantor sadel 😅

Siap!!!! Saya tunggu! Besok tanggal merah jgn lupa ya bro..

Siap! Laksanakan! Guek besok kerja.. Tapi guek bawa pesanan timphan.. Jangan lupa 1 buah timphan 10rb 🤣

Woooi!!! Saya juga lah.. Dapat kan bro? Enak kali cuaca lagi dingin" hmmmmmm....

Oke, kerumah sekrang ya mas bro.. Ditungguin! Jangan lambat rezeki diambil orang haahahah

Ya ampuuuun.. Kalian kek gini ada! Ulya gak dirumah udah buat timphan bakar.. Bisa-bisa kebawa mimpi 😭

Heheheh... Gak rezeki @ulyaazhari, alhamdulillah kami rezeki heheheh

Terima kasih banyak bro @iebalgamge timphan teutotnya.. Sangat enak! Luar biasa rasanya.. Manja sekali dengan lidah saya

Ya cek.. Sama2.. Semoga menyenangkan ya cek...

You got a 1.15% upvote from @postpromoter courtesy of @iebalgamge!

Want to promote your posts too? Check out the Steem Bot Tracker website for more info. If you would like to support the development of @postpromoter and the bot tracker please vote for @yabapmatt for witness!

Selamat! Posting anda masuk peringkat 4 kategori Tulisan Dengan Upvote Terbanyak, di 10 Besar Tulisan Hari Ini di https://steemit.com/peringkat/@puncakbukit/10-besar-tulisan-hari-ini-selasa-1-mei-2018 ..

Terima kasih byk infonya @puncakbukit..