Chop Buntut Cak Yo - Medan [Silampung Culinary]

in #food6 years ago (edited)

image

Sop Paru dari restaurant Chop Buntut Cak Yo, Sun Plaza Medan, lantai 4. Rasa memang terbaik. Harga pun terjangkau.

Kulineran di Kota Medan

Sesekali makan di restoran boleh dong. Apalagi jika sedang di luar kota. Ceritanya saya dan istri sedang berlibur ke kota Medan. Bagi saya yang tinggal di Banda Aceh, kota besar yang paling dekat dengan Banda Aceh adalah kota Medan. Bisa dikatakan kota yang paling sering kami kunjungi adalah kota Medan.

Dibandingkan dengan naik pesawat, dari Banda Aceh ke Medan kami lebih sering menggunakan Bus malam. Alasan utama adalah lebih murah. Tentu dengan resiko kurang tidur dan badan pegal-pegal. Maklumlah kisaran waktu perjalanan bus Banda Aceh - Medan adalah 10-13 jam. Tergantung tipe bus. Yang pasti bus Banda Aceh - Medan terkenal karena bagus dan nyaman. Sebutlah ada bus Putra Pelangi, PM Toh, Kurnia, Harapan Indah, Sempati Star dan lain sebagainya. Jadi iklan nih :)

Terlepas dari anggapan kota Medan yang sembrawut, bising, tidak aman dan hal negatif lainnya, Medan tetap menjadi idola untuk di kunjungi, terutama oleh orang Aceh. Biasanya kunjungan membludak saat akhir pekan. Bus ke Medan akan full pada jumat malam alias malam sabtu, jadi untuk dapat bus pavorit harus pesan awal-awal, kalau tidak kita akan dapat bu dengan tipe dan kursi yang tersisa.

Jika sedang di Medan, selain bioskop dan mall, tempat yang jadi buruan kami adalah restoran. Karena menurut saya, tiga tempat tadi di Aceh belum banyak pilihan. Bahkan bioskop di Banda Aceh sampai saat ini belum ada. Lalu Mall hanya ada Suzuya dan Hermes Mall - Matahari, itu juga tidak gede. Lalu restoran di Banda Aceh belum banyak ragam.

Dari hal yang saya sebut tadi bukan berarti tinggal di Banda Aceh tidak menyenangkan ya. Banda Aceh tetap nyaman untuk tinggal, hal positifnya kita bisa hidup lebih irit. Tapi jika sering-sering ke Medan bisa tumpur juga hehe.

Sun Plaza, adalah mall yang kami kunjungi saat di Medan. Mall ini cukup besar dan lengkap alias ada bioskopnya. Jadi selesai nonton kami mencari tempat untuk makan. Di lantai 4 adalah food court. Banyak sekali pilihan restoran. Tapi saya dan istri jatuh cinta dengan sebuah restoran yang terlihat terang benderang dan bersih. Restoran tersebut bernama Chop Buntut Cak Yo.

image

IG Chop Buntut Cak Yo

Chop Buntut Cak Yo

Pelayan nya ramah. Kami di tanya berapa orang dan langsung di carikan tempat duduk dan diberikan buku menu. Saya fikir di resto ini hanya menyediakan Sup Buntut. Tetapi dugaan saya salah. Banyak sekali pilihan makanan, aneka nasi, sup, roti, mie dan tentunya berbagai minuman. Pilihan saya jatuh ke Sop Paru dan istri saya Nasi Bakar.

Sambil menunggu, saya memperhatikan suasana resto. Nyaman dan bersih, begitulah penilaian saya. Petang itu pengunjung tidak terlalu ramai, mungkin karena kami datang bukan pada jam makan.

image

image

Inilah suasana restoran Chop Buntut Cak Yo, tempatnya terang, pelayanan ramah dan nyaman buat tempat makan keluarga, kawan-kawan maupun pasangan.

Akhirnya pesanan kami datang. Dari looknya sangat menggoda.

Sop Paru

Disajikan masih sedikit berasap. Panas-panas segar. Dari tampilannya memang menggoda. Permukaan sop di penuhi oleh paru. Saya langsung mencobanya dan memang nikmat.

image

Layaknya Sop, tapi ini rasanya mantabs. Kekuatan bumbu terasa dalam setiap sendok kuah yang kita makan, halah.. Beneran ini loh :)

Nasi Bakar

Sengaja supaya beda, biar bisa saling mencoba. Istri saya memesan nasi bakar. Saya kepo dengan membukanya terlebih dahulu. Di dalam nasi ada potongan daging ayam. Rasanya juga maknyuss. Di tambah lagi ada sambal, emping dan lalapan.

image

Kami berdua makan dengan lahap. Bukan karena lapar, tapi memang enak. Dengan harga yang terjangkau, kami cukup puas. Alhamdulillah.

Tentang Chop Buntut Cak Yo

Sambil bersantai, saya searching juga di google dan IG tentang restoran ini. Saya menemukannya di Web dan Instagram.

Ini ni web dan Instagramnya :
👇👇👇👇👇👇👇👇

www.chopbuntut.com
IG Chop Buntut Cak Yo

Dari yang saya baca, menu restoran ini berasal dari resep keluarga Cak Yo. Resepnya merupakan resep warisan turun temurun. Awalnya hanya Ca k Yo yang tahu resepnya, hingga akhirnya di turunkan ke orang terpecaya dan di barengi dengan menu-menu lainnya, maka ini di tahun 2015 gerai resto pun di buka.

Saat Ini restoran Chop Buntut Cak Yo ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Serpong, Alam Sutra, Semarang, Surabaya, Bandung, Makassar, Cibinong, Medan dan Palembang.

image

IG Chop Buntut Cak Yo

Tentu andalannya adalah menu Sop Buntut. Sop Buntut ini di potong dengan tehnik CHOPPING yaitu di potong tanpa membuat tulang pecah. Bahan yang di pilih tentu yang terbaik.

image

IG Chop Buntut Cak Yo

Semoga kelak saya bisa mencoba menu Sop Buntut ini. Saya sebenarnya tau kalau di sini utamanya adalah sop buntut, tapi untuk kali ini saya mencoba sop paru.

Lokasi :

Sun Plaza Medan
Jl. KH Zainul Arifin No 7
Petisah Tengah, Medan Petisah
Medan - Sumut
INDONESIA

image

Map

"Lasaklah ... Sebanyak, Sebisa dan Sejauh Mungkin, Karena Hidup Bukan Diam di Satu Tempat"

Kaki Lasak : The Story of my Travel, Photo & Food




Follow Me :
Steemit @kakilasak
Facebook Husaini Sani
Instagram kaki lasak ucok silampung
Whatsapp +6282166076131

Sort:  

The all dishes look so good and the restaurant looking beautiful. @kakilasak

Yes. Tqsm. Sorry I write in Bahasa. I m still learning english :)

it's ok no problem

Menunya sangat cocok untuk bersama

Bersama mantan ya haha

Hahaha boleh juga tu

Kira2 harganya berapaan tuh bang 😊

25-30k, murah lah hehe

Enaknya...
Abg gag pake aplikasi letseat lumayan dpt upvote

Ga pake huhu