Mie Aceh [noodles] with oyster made in home

in Foodies Bee Hive4 years ago

Fianna (1).jpg


Mie Aceh, tentu saja bagi masyarakat Indonesia tidak asing lagi, apalagi makanan khas Aceh ini sudah rata-rata menjadi ikon makanan khas Aceh di berbagai provinsi di Indonesia, dapat dipastikan rata-rata provinsi di Indonesia saya yakin memiliki stall kuliner yang satu ini.

Bagi kami masyarakat Aceh, membuat Mie Aceh di rumah sudah menjadi salah satu menu wajib di dapur rumah tangga. Cita rasa nya yang khas jadikan Ia kuliner yang sangat menggugah selera dan dijamin tidak bakalan bosan untuk dijadikan santapan nikmat.

Hari ini saya mungkin terlalu lama di dapur, tentu saja bukan masalah, saya mencoba menyajikan sajian istimewa buat keluarga hari ini, Mie Aceh pakai Tiram made in home. Jika biasanya memesan di stall kuliner terdekat, kali ini saya menyajikan khusus di rumah.

Fianna (7).jpg

Membuat Mie Aceh tidak terlalu sulit, anda cukup menyediakan bahan sebagai berikut :

  • 1/2 Kg Mie
  • 1/4 Kg Tiram
  • 1/4 Kg Bumbu Mie Aceh [Nanti saya cantumkan resep di bawah]
  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Seledri
  • Tomat
  • Toge
  • Minyak Goreng dan Air Putih secukupnya
  • Garam Secukupnya.

Fianna (6).jpg

Fianna (5).jpg

Fianna (4).jpg

Untuk memasaknya, cara yang dilakun juga tidak terlalu sulit, namun Bumbu Mie Aceh lah yang menjadi bahan tersulit untuk di dapatkan, jika di Aceh kami bisa membelinya di pasar-pasar terdekat. Karena memang Bumbu Mie Aceh telah menjadi konsumsi masyarakat secara masal disini. Cara memasak Mie Aceh akan saya tampilkan dalam sebuah video sebagai berikut yang saya dapatkan di situs Youtube


Source


Bumbu Mie Aceh

Seperti janji saya tadi, saya akan membagikan resep rahasia Mie Aceh, nah dengan resep di bawah ini, saya yakin sekali teman-teman dapat mencobanya secara privasi di rumah sendiri dan disajikan untuk keluarga nantinya.

Fianna (3).jpg

  • 12 buah cabai
  • ½ ruas jahe
  • 5 buah kemiri
  • ½ cm kunyit
  • 1 sdm merica bubuk
  • 5 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • ¼ sdt jinten
  • ¼ sdt ketumbar
  • 3 butir kapulaga
  • 3 butir adas manis (anis)

Seluruh bahan ini dihaluskan dan kemudian ditumis hingga matang, dan jadilah Ia bumbu Mie Aceh yang siap anda pakai kapan saja dan dimana saja untuk sajian kuliner khas yang memiliki cita rasa luar biasa.

Fianna (2).jpg