Sate Matang, Sate Khas Aceh yang Super Nikmat

in Foodies Bee Hive2 years ago (edited)

1650802244820-01.jpeg

Hallo sahabat hivian 😃👋
Apa kabarnya nih? semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Pastinya liburan hari raya telah usai. Bagi yang baru pulang mudik atau jalan-jalan, mungkin belum bisa move on dari keseruannya. Seperti saya, masih terasa aura berlibur, walaupun liburan saya ke tempat yang gak jauh dari Medan, yaitu ke kota Lhokseumawe. Lhokseumawe adalah sebuah kota di provinsi Aceh yang (dulunya) dikenal dengan julukan kota Petro Dollar. Meski liburan saya di sana gak lama, tapi setidaknya bisa mengobati kerinduan saya dengan aneka kuliner khas Aceh. Salah satunya adalah Sate Matang, Sate khas Aceh yang super nikmat.

Sate Matang

Sebenarnya di kota Medan banyak penjual makanan khas Aceh, termasuk sate matang. Tetapi bagi saya pribadi rasanya tak seenak yang dijual di Aceh. Mungkin ini hanya perasaan saya saja ya, layaknya makanan khas daerah lainnya, tentu akan lebih nikmat jika kita santap di tempat asalnya.

1650801994460-01.jpeg

Lanjut cerita tentang sate matang. Bagi yang baru pertama dengar tentang sate khas Aceh ini, mungkin namanya agak membingungkan, yaitu sate matang. Secara yang namanya menyantap sate, tentu saja satenya matang, masak iya makan sate mentah hehe. Jadi gini nih, sate matang adalah sate khas Aceh yang berasal dari daerah Matang, atau lengkapnya Matang Geulumpang Dua yang berada di kabupaten Bireuen. Gimana? sekarang udah faham dong ya. Lalu apa sih keistimewaannya?

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate matang ini di hidangkan dengan nasi dan kuah sup. Sedangkan bumbunya adalah bumbu kacang yang yang digiling kasar dengan bumbu-bumbu rempah. Bumbu kacang ini ditaburi kecap manis (sesuai selera). Bahan sate matang selalunya menggunakan daging kambing atau lembu. Tapi pada umumnya adalah daging kambing. Oiya, potongan daging satenya biasanya lumayan besar-besar.

Sate Matang Khaidir

Di kota Lhokseumawe, tentu banyak penjual sate matang. Tapi kali ini saya mencoba di pusat kota, yaitu di jalan Merdeka, simpang jalan Perdagangan. Kawasan ini memang terkenal dengan pusat kuliner. Nama sate matang yang saya singgahi untuk makan malam adalah Sate Matang Khaidir.

1650801957537-01.jpeg

Saya langsung memesan dan menunggu di salah satu tempat duduk. Saya harus sabar antri karena ada beberapa pembeli yang sedang dilayani. Tibalah sate matang terhidang dimeja saya. Sepuluh tusuk sate, lengkap dengan bumbunya. Gak ketinggalan juga sepiring nasi dan sepiring kuah sup. Aromanya sangat menggoda. Sejanak saya perhatikan dengan seksama hidangan sate matang di hadapan saya. Jujur agak berbeda dengan ekspektasi saya. Potongan satenya tidak terlalu besar dan sebagian sate adalah gapah/lemak. Hmn..., mungkin sudah penyesuaian untuk menekan harga (mungkin loh ya). Tapi saat saya coba rasanya tidak mengecewakan. Super nikmat. Bumbu rempahnya berasa sekali, seperti kapulaga, bunga lawang, kayu manis, cengkih dan merica. Semua berpadu membentuk cita rasa yang khas, kaya akan aroma. Begitu satenya saya coba, daging satenya empuk sekali. Lalu kuah supnya terasa segar dan gurih. Saya terlena dengan hidangan ini. Sangat nikmat.

1650802040282-01.jpeg

Location :

Sate Matang Khaidir
📍Jl. Perdanganan
Simpang jalan Merdeka
Kota Lhokseumawe, Aceh
INDONESIA 🇲🇨

Baca Juga : Wisata Kuliner di Kota Tebing Tinggi dalam Sehari

1650802110649-01.jpeg

Tak terasa, sepuluh tusuk sate habis saya santap. Termasuk juga sepiring nasi dan kuah sup, bersih tak tersisa. Total hidangan yang saya makan harganya Rp. 40.000,-. Harganya sepadan dengan cita rasa yang saya dapatkan. Tapi kalau tidak salah ya, bisa saja gak kita habiskan, jadi kita bayar per tusuk sate yang kita makan.

Sahabat hiver, inilah cerita kuliner saya menikmati liburan di kota Lhokseumawe. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan jika ada yang sedang sakit dapat segera sembuh. Amin. Sampai jumpa dengan cerita kuliner saya selanjutnya ya 🤘😃.

Senin, 17 Mei 2022

Tetap sehat, supaya bisa terus makan enak

Kaki Lasak : Food Blogger


Blogger Sumut 20191109_215306.jpg


yj0tc2ym17.jpg


Follow Me :
Steemit :Kaki Lasak
Blog/Website : Kakilasak.com
Facebook Husaini Sani
Instagram kaki lasak
Youtube Chanel : Kakilasak Official
Whatsapp +6282166076131

Sort:  

Congratulations @kakilasak! You have completed the following achievement on the Hive blockchain and have been rewarded with new badge(s):

You distributed more than 13000 upvotes.
Your next target is to reach 14000 upvotes.

You can view your badges on your board and compare yourself to others in the Ranking
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Check out the last post from @hivebuzz:

Hive Power Up Month - Feedback from May - Day 15
Support the HiveBuzz project. Vote for our proposal!