Mengelola Website

in OCD3 years ago

Foto-Khairil Miswar.jpg
@tinmiswary

Selain bertugas sebagai guru di sekolah dasar, selama ini di waktu senggang, saya juga mengelola beberapa website, baik website pribadi maupun website bersama.

Aktivitas ini sudah saya lakoni selama bertahun-tahun. Meskipun telah mengenal blog sejak tahun 2000an, namun saya baru serius mengelola atau menulis di blog pada tahun 2009.

Saya memang hobi menulis. Selama ini, selain menulis di website (blog) saya juga menulis di beberapa koran lokal yang terbit di Aceh dan Sumatera Utara dan juga beberapa media online. Dengan kata lain, menulis sudah menjadi rutinitas harian bagi saya.

camera720_20210511_234044.jpg
Beberapa artikel saya di koran cetak

Ada beberapa website/ blog yang saya kelola selama ini dan semuanya sudah diterima sebagai penayang iklan di Google Adsense.

Beberapa blog yang saya kelola di antaranya khairilmiswar.com, khairilmiswar.blogspot.com dan patahkekeringan.blogspot.com.

Blog disebut pertama berisi tulisan-tulisan saya tentang berbagai fenomena sosial, politik dan agama yang terjadi di Aceh dan juga Indonesia. Artinya untuk respons cepat saya lebih memilih menulis di blog/ website daripada mengirimnya ke media karena di media butuh waktu untuk pemuatan sehingga isu pun sudah tenggelam.

camera720_20210511_233626.jpg
khairilmiswar.com

Blog kedua berisi tulisan campuran tentang dunia blog, internet dan tempat wisata. Di blog ini saya menulis berbagai hal yang sifatnya berisi pengetahuan dan juga hiburan serta tips menulis artikel.

camera720_20210511_233757.jpg
khairilmiswar.blogspot.com

Sementara blog ketiga berisi tulisan-tulisan saya yang sudah terbit di media, baik media cetak maupun online. Blog ini saya buat khusus untuk mengarsipkan tulisan-tulisan saya yang sudah terbit. Hal ini untuk memudahkan saya dalam mengumpulkan tulisan-tulisan yang sudah terbit untuk dibukukan.

camera720_20210511_233724.jpg
patahkekeringan.blogspot.com

Selain tiga blog tersebut saya juga mengelola website bagbudig.com yang berisi tentang info-info Timur Tengah, info, sejarah dan opini, baik dari saya sendiri dan juga opini teman-teman.

camera720_20210511_233838.jpg
bagbudig.com

camera720_20210511_233658.jpg
Subdomain Bagbudig: Tambo

Website terbaru yang juga saya kelola adalah normalpress.id yang berisi tulisan kolom dan juga opini dari penulis-penulis muda Aceh.

Berbeda dengan empat blog/ website sebelumnya yang merupakan milik saya pribadi, website normalpress.id adalah website bersama yang kami dirikan berlima; saya, Alkaf, Miswari Usman, Mirza Ardi dan Muhajir Al Fairusy. Namun yang menjadi admin tetap saya. Mungkin karena saya yang punya waktu senggang, sementara teman-teman saya lumayan sibuk.

camera720_20210511_233556.jpg
normalpress.id

Blog ini barus saja diterima sebagai penayang iklan Adsense dan MGID.

Selain itu saya juga mengelola blog desa. Blog ini saya buat pada tahun 2020 untuk kepentingan publikasi kegiatan-kegiatan di desa saya. Blog gampongcotbadabaroh.blogspot.com ini berisi berbagai informasi tentang kampung tempat saya dilahirkan.

camera720_20210510_234827.jpg
gampongcotbadabaroh.blogspot.com

Bagi saya, mengelola blog/ website adalah kesenangan tersendiri dan bahkan menjadi hiburan di waktu-waktu senggang.

Selain menulis opini, di website bagbudig.com misalnya saya juga menyajikan tulisan-tulisan dari website besar di Timur Tengah seperti Al Arabiya, The New Arab, Middle East Monitor, Anadolu Agency, Hurriyet dan juga Reuters.

Info-info yang saya anggap menarik saya copy dan terjemahkan melalui google translate (agar cepat) dan hasilnya kemudian saya edit dan sesuaikan dengan tetap mencantumkan sumber berupa link aktif dari website tersebut.

Info-info ini selain berguna untuk pembaca lainnya yang berbahasa Indonesia, juga berguna bagi saya sendiri, yaitu sebagai materi bagi saya dalam menuliskan opini, khususnya opini terkait kondisi Timur Tengah.

Selain menjadi konten website yang saya kelola dan juga sebagai materi menulis opini di koran, info-info luar negeri tersebut juga berguna untuk pengetahuan saya pribadi, di mana info-info tersebut agak jarang saya temui di media atau website berbahasa Indonesia.

Intinya, bagi saya, menulis dan ngeblog adalah hobi dan hiburan, dan bukan sekadar soal uang.