Bakso model

in #hive-engine2 years ago

Assalamuallaikum sobat hiver indonesia semoga hari anda selalu bahagia dan semakin sukses,aamiin.
Dinegeri kita,negeri yang majemuk dengan beraneka ragam suku,bahasa,tarian,pakaian dan adat yang berbeda bahkan makanan.
Tapi makanan yang saya unggah ini.Menurut saya makanan yang bukan termasuk masakan khas dari suku-suku di Indonesia,tapi dimodif dengan nama-nama daerah.
img_0.3375789213142306.jpg

Makanan ini gampang ditemukan,seperti bakso malang bakso wonogiri bakso solo dan lainnya.
Tapi uniknya setiap nama-nama bakso ada khasnya masing-masing.Seperti bakso malang,yang memiliki ciri bakso dengan tambahan resoles,siomay,tahu putih,mie kuning,toge,dan pangsit sebagai pengganti krupuknya.Sedangkan bakso Wonogiri yang memiliki khas kuah kental gurih sedikit manis.Dan bakso Solo yang isinya;bakso dengan tambahan toge dan sayur mayurannya.Dari kesemua jenis bakso tidak ada yang tidak enak.Jadi kalo saya ditanyakan bakso mana yang paling enak?aku tidak bisa menjawabnya.
Dan bikin bakso itu tidak segampang kita,memasak air,banyak prosesnya.Dan demi postingan tentang bakso ini,saya beranikan diri untuk datang berkunjung keteman saya jam 8 pagi,yang profesinya berjualan bakso malang dan minta izin untuk memfoto dan mengunggahnya di komunitas ini.Dan Allhamdulilah dia mengizinkannya.Namanya Sodiq,aku kenal dia sudah lama.Pagi-pagi aku datangi kontrakannya dia yang sedang menata satu persatu komponen bakso malangnya.Tapi kurasa aku kurang beruntung karena yang bisa aku foto hanya yang sudah direbus.Aku jadi berfikir jam 8 pagi saja bahan sudah setengah matang saja sudah standby,terus dia starnya jam berapa?padahal banyak jumlahnya.Seperti membentuk bulat-bulat baksonya,bikin pangsitnya,bikin resolesnya dan juga kuahnyaSetahu saya bahannya pun tidak ada diwarung terdekat,seperti daging pun yang harus digiling dipasar.

img_0.09359169548229011.jpg
Dan gambar yang kedua,ada gambar batagor buat baksonya.
img_0.5403162963076915.jpg
Bikin batagorpun munurut juga rumit,seperti ngisi adonan batagor dan kemudian dikukus.Saya nilai mereka kreatif dan berhasil mengenalkan daerahnya lewat sebuah makanan.
Bagaimana rumitkan prosesnya?dan saya yakin pembaca sekalian juga menyukainya.Sekian postingan dari saya dan tidak ada maksud aku menyinggung daerah manapun.Dan maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.Terima kasih dan
Wassalam mualla ikum warohmatullohi wabarokatuh

                                       Bekasi, Selasa,8 maret 2022