Bagaimana Mendapatkan Reward di Steemit?

in #indonesia7 years ago

SALAM KOMUNITAS STEEMIT INDONESIA

 PENDATANG baru di Steemit bermunculan dengan cepat dan bertanya-tanya tentang banyak hal. Salah satu pertanyaan yang sering ditujukan kepada saya adalah masalah reward (penghargaan) di Steemit. Ada juga pertanyaan mengapa seorang Steemians mendapatkan reward yang sangat banyak padahal postingannya biasa saja, sementara yang mempostingan konten lebih bagus reward-nya sangat sedikit.Menyangkut berbagai pertanyaan seputar reward, saya selaku kurator Indonesia ingin menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Dua reward
Anda bisa mendapatkan reward dengan memposting konten yang berkualitas sesuai kemampuan Anda, atau fokus pada isu yang paling Anda sukai dan kuasai. Ada Steemians yang fokus pada game sehingga banyak postingannya berkaitan dengan game. Steemians lain lebih banyak memposting kontan olahraga, tentang perkebunan, bunga, fotografi, catatan perjalanan, tentang mata uang kripto (cryptocurrancy), dan sebagainya. Begitu banyak tema yang bisa menjadi andalan postingan Anda.

Apakah bisa membuat postingan bebas dengan isu apa pun?

Tentu saja bisa. Semuanya terserah kepada Anda mau fokus pada isu tertentu atau semuanya. Ibarat sebuah media, apakah mau yang media umum yang merangkap semua berita; olahraga, politik, keamanan dan pertahanan, ekonomi, bisnis, dan sebagainya. Namun, ada juga media yang fokus pada isu tertentu, seperti bisnis dan keuangan, atau olahraga saja. Semuanya terserah kepada Anda.Setiap postingan, reward yang akan Anda peroleh bisa Anda atur dengan dua pilihan: Apakah mau diatur 100 persen untuk power up (Steem Power) atau dibagi 50 persen untuk Steem Power dan 50 persen untuk Steem Dollar (SBD). Masing-masing pilihan memiliki dampak berbeda. Kalau Steemians ingin memperkuat power up, tentu harus mengatur 100 persen untuk Steem Power. Namun, bila ingin menikmati SBD sambil memperkuat Steem Power, Steemians harus membaginya fifty-fifty


2.Bahasa Indonesia atau bilingual
Setiap postingan harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain bisa melihat dari sumber lain, panduan menulis dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar juga banyak disposting di Steemit oleh beberapa penulis yang tergabung dalam Komunitas Steemit Indonesia.

Boleh juga membuat postingan dalam dua bahasa (bilingual), Indonesia dan bahasa Inggris. Tujuannya, untuk memperkenalkan bahasa Indonesia kepada masyarakat dunia melalui Steemit dan menarik minat Steemians luar negeri untuk membaca postingan kita. Sebagian dari kita, menggunakan fasilitas Google translate untuk menerjemahkan bahasa Indonesia. Ada juga yang meminta bantuan dari rekan yang mahir berbahasa Inggris, dan sebagian kecil ada yang menerjemahkan sendiri, bagi yang memiliki kemampuan tersebut.Bagi yang menggunakan bantuan mesin penerjemah, perhatikan kembali kerancuan hasil terjemahan. Meskipun tetap ada kesalahan, minimal Steemians sekalian menghindari kesalahan-kesalahan konyol yang membingungkan pembaca luar. 

Contoh Postingan Yang Menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Klik di sini


3. Bagus, unik, dan menarik
Jangan terganggu dengan reward yang diperolah orang lain lebih tinggi meski postingannya terlihat sepele. Bisa saja postingan yang serius, dengan banyak foto, didukung dengan naskah yang panjang, tidak mendapatkan reward sebagaimana yang diharapkan. Namun, ada postingan lain yang hanya satu paragraf dengan satu lembar foto narsis, malah mendapatkan ratusan SBD.

Lebih baik Steemians fokus untuk tetap memposting konten yang menarik, unik, dan bermutu. Berkarya pertama, reward akan datang dengan sendirinya. Setiap postingan pasti ada yang membaca. Namun, ketika postingan asal-asalan, barangkali pembaca hanya membaca sekilas dan tidak memberikan reward apa pun.Jangan bersedih kalau satu atau dua postingan yang menurut Anda sangat bagus, diabaikan orang lain. Kalau Anda konsisten dengan postingan yang bermutu, unik, dan menarik, reward akan datang dengan sendirinya. Sebutir berlian itu akan tetap berkilau meski tersembunyi di balik lumpur. Jadilah berlian, dan untuk itu harus sering diasah agar berkilau. Postingan berkualitas itu adalah bentuk dari mengasah diri agar berkilau dan terlihat orang lain. Semakin indah kilauannya, semakin mahal harganya.   


4. Karya sendiri
Kalau belum bisa menghasilkan karya yang berkilau, jangan mengambil jalan pintas dengan plagiasi. Karya sendiri meski masih banyak kesalahan, lebih bernilai ketimbang melakukan plagiat. Sudah banyak postingan tentang plagiasi di Steemit, baik yang berbahasa Indonesia maupun yang berbahasa Inggris.

Jangan takut melakukan kesalahan dengan karya sendiri. Sekarang sudah banyak sahabat Steemians yang mengoreksi postingan kita, dan inilah gunanya komunitas. Tidak ada penulis yang langsung menjadi penulis, mereka juga melakukan kesalahan demi kesalahan sampai akhirnya bisa menulis seperti sekarang. Penulis senior pun, dulunya adalah junior yang melakukan banyak kesalahan. Kita beruntung di Steemit, tulisan yang penuh dengan kesalahan pun masih mendapatkan reward. Beda dengan penulis dulu yang mengirim tulisannya ke media massa. Bila banyak kesalahan, maka tulisan mereka tidak mendapatkan reward apa pun alias tidak dipublikasikan.  


5. Tag yang sesuai
Gunakan tag yang sesuai dengan isi tulisan. Jangan lupa memakai tag “Indonesia” dan daerah mana kita berasal, misalnya “aceh”, “bali”, “jkt” (Jakarta), dan sebagainya. Ada juga yang menggunakan tag “ksi” yang merupakan singkatan dari Komunitas Steemit Indonesia dan ini pun direkomendasikan. Ini akan memudahkan pencarian postingan sahabat Steemians semuanya.


Demikian penjelasan saya. Terima kasih sudah membacanya. Semoga bermanfaat.

Mengapa orang mendapatkan imbalan yang sangat berbeda? Steemit bukanlah skema "cepat kaya". Meskipun memungkinkan untuk mengeposkan konten yang berjalan dengan cepat dan mendapatkan banyak penghargaan di satu pos, ini tidak biasa bagi kebanyakan pengguna.

Sebagian besar penulis yang Anda lihat mendapatkan imbalan tinggi adalah pengguna yang telah menghabiskan banyak waktu dalam membangun jaringan berikut, membuat hubungan dengan orang lain, dan mengembangkan reputasi untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi.

Cara terbaik adalah memiliki harapan yang realistis, tanpa memusatkan perhatian pada penghargaan saat pertama kali memulai. Bekerja untuk membangun berikut, membuat koneksi, dan mengembangkan reputasi yang baik. Konsistensi akan terbayar dalam jangka panjang.

Sort:  
There are 2 pages
Pages

Bagi saya postingan ini benar-benar sangat bermanfaat karena saya adalah pemula di #steemit terimakasih bg @aiqabrago atas postingan emas ini tapi saya ada pertanyaan lain yang belum saya ketahui tentang bagaimana cara untuk mengambil penghasilan yang kita dapatkan di steemit ini walaupun sekarang belum ada apapun di dompet saya tapi untuk kedepannya ini sangat penting untuk saya
Mohon bantuannya
Terimakasih

SALAM KOMUNITAS STEEMIT INDONESIA

bang gimana cara bergabung di community

Udah ketemu jawabannya belum bang @mahmuddin ?

Sy msh newbie om.. dan baca postingan ini sedikit terbantu. Makasih info nya ya...

Sebuah informasi yang sangat berguna .. menulis di blog Steemit bukan hanya mencari upvote saja, itu pendapat saya pribadi, tapi Steemit adalah media aktualisasi dari pemikiran kita, dan itu yang kita tulis .. dan harus kita ingat . . Postingan tidak melanggar UU IT...

Salam

Terimakasih bg @aiqabrago atas informasi nya saya yang bermamfaat. Saya paling setuju dengan pendapat bg aiqa tentang jangan memikirkan banyaknya reward orang lain lalu membandingkan dengan postingan kita. Karena kita memiliki nasib yang berbeda-beda. Jangan karena postingan orang lain yang biasa-biasa tapi mendapatkan banyak reward membuat kita malas karena merasa tidak di hargai karena postingan kita lebih bagus dari postingan yang biasa-biasa tadi.

mantap paparan dan penjelasan yang sangat akurat @aiqabrago hal ini benar2 memberikan fambaran yang cukup bg kami pendatang baru.

Terima kasih sudah berkenan memberi penjelasan panjang sehingga semakin memperkaya wawasan kami dalam dunia Steemit ini


Pemberitauan dan petunjuk yang bagus @aiqabrago.
Ini sangat bermamfaat dan masukan yang berguna bagi saya pribadi. Terimakasih banyak telah berbagi petunjuk bagi saya si paus kecil. Yang sedang belajar berenang dalam pertualangan.

Sama-sama @nyakaziz, Teruslah berkarya, dan terima kasih kembali :)

super sekali bang @aiqabrago. terima kasih atas informasi yang bermanfaat

sama-sama bg abduwahab, teruslah berkarya dan jangan malu untuk mengeluarkan bakat yang terpendam di dalam diri abg.. hehehe

Terima kasih atas informasinya ini sangat membantu bagi saya

Pagi minum kopi baca artikel ini jadi memotivasi lagi untuk bertahan dalam karya tulis yang baik dan benar

Saya sangat menyukai kiasan yang Aiqabrago sebutkan diatas, itu memiliki makna yang tegas, lugas dan jelas.

Sebutir berlian itu akan tetap berkilau meski tersembunyi di balik lumpur.
Semoga hal ini bisa menjadi motivasi bagi semua anggota Komunitas Steemit Indonesia .

Terima kasih @wiya :)

Postingan yang sangat berguna terutama bagi saya sendiri sebagai pemula. Hampir setiap membuka akun steemit saya mencari artikel yang bisa membantu memberi solusi dan pencerahan bagi saya untuk memudahkan langkah pencapaian target dan kesusksesan di alam steemit ini. Saya banyak membaca tulisan-tulisan steemians yang hampir serupa dengan tulisan kanda @aiqabrago. Tanpa membaca tulisan demi tulisan yang bisa dikatakan merupakan panduan agar bisa menggunakan media sosial steemit ini dengan baik dan maksimal, maka kita akan kaku saat mau menulis. Bagaimana dan seperti apa tulisan yang diminati pembaca, maka sekali lagi katakan, tulisan kanda @aiqabrago sangatlah bermanfaat. Teriamakasih telah memberikan kontribusi tulisan kepada saya dan kawan-kawan semuanya. Setiap amal baik akan dibalas dengan kebaikan pula.

terima kasih telah berbagi, ini sangat bermanfaat bagi pemula agar lebih termotivasi, tidak mudah putus asa, asal mau berusah pasti akan mendapat, yang penting jangan melihat keatas, lihatlah kebawah. contoh misal kita dapat reward 2.00 jangan melihat yang reward 5.00 lihatlah yang reward 1.00 berarti kita masih lebih dari pada yang lain. tetapi untuk termotivasi boleh juga melihat reward orang lain yang banyak agar kita mau bekerja keras dan yakin. terima kasih @aiqabrago

betul bg berkat, saya setuju :)

Terimakasih untuk postingan yang berkualitasnya sdr @aiqabrago
Ini akan sangat bermanfaat dan bisa dijadikan acuan untuk steemian seperti halnya saya yang masih baru yang belum begitu paham banyak tentang steemit.

Sama-sama @subkiusman, teruslah berkarya, jika ada pertanyaan mengenai steemit, anda bisa menghubungi saya di steemit.chat, terima kasih telah membaca postingan saya.

Ini post yang sangat saya tunggu-tunggu, selain dapat memotivasi saya sebagai pemula dan juga dapat memberikan saya pembelajaran tentang steemit.
Terima kasih @aiqabrago, terus berkarya.

Saran yang sangat bermutu @aiqabrago
Anda benar..
Jangan berkecil hati jika konten kita tidak sesuai harapan. Jika kita konsisten dan tekun pasti dapat ganjaran yang sesuai.
Para pengguna steemit harus membangun jaringan yang luas-luasnya

Betol, betol, betol @mirzacho, Teruslah berkarya, Terima kasih @mirzacho

Terima kasih banyak informasi nya pak boss @aiqabrago semoga banyak inspirasi muncul dari para steemian. Namun banyak kata-kata yang diulang. Saya jadi kurang memahami informasi ini. Semoga saya salah.

Terima kasih @reborn99

Sama² saudaraku... Maaf saya ga mahir menulis seperti anda. Hanya rangkaian huruf sederhana yang bisa saya tuliskan di steemit. Inilah saya. Saleum meuturi.. Syedara sigli :)

terima kasih. sy baru main, jadi artikel ini sgt membantu. saleum @aiqabrago

Sama-sama bu' Halida. Saleum

terimaksih banyak bg atas postingan anda berikut ini saya sangat menghargai usaha baik anda memberitahukan informasi seperti ini @aiqabrago

Sama-sama @dion :)

Man I really wish I spoke more then just English right now.

Tambahan:

Jangan lupa ikut segala challenge, siapa tau menang.

Sangat setuju Cekgu :)

Pajan ta ngopi @teukumukhlis? Peuna bang @vannor di lhok?

@steem77

Salam kenal dari Bireuen, Aceh.
Saya @bahagia-arbi seorang steemian baru sudah berumur 39 tahun, dan saya senang menulis. Sungguh sebuah anugerah bagi saya sebagai pemula dalam planet steemit ini menemukan artikel menarik dan berguna untuk saya jadikan wawasan oenting dalam kemampuan menulis saya di steemit ke depannya. Anda menyampaikan informasi tentang tata cara memperoleh reward disini dengan bernas.

Saya pahami sepenuhnya apa yang rekan sampaikan. Untuk semua kata2 pentingnya, saya ucapkan terimakailsih banyak. Tuhan akan beri Anda pahala untuk info positif tersebut: sangat membantu!

Salam damai penuh cinta dari Bireuen, Aceh, Indonesia.

Terima kasih telah berlabuh di postingan saya dan meninggalakan jejak yang penuh kasih sayang @bahagia-arbi :)

Semoga semua kita akan bahagia di dunia akherat. 😐 fulback ya?

Nah Ini Loh Yang Paling Saya Suka disini ( #ksi ) Artinya Bukan Hanya Mengajak Orang Lain Untuk Ikut Serta Dalam #steemit, Tapi Juga Mengajarkan Dan memberi Penjelasan Dengan Seksama.
Yang Penting Belajar Belajar Belajar Jangan Cepat Menyerah Atau Puas Dengan Apa Yang Di peroleh.
Bersabar Itu Kunci Jalan Menuju Kesuksesan Not Kekayaan Ya. Karena Disini Seperti Curator Kita @aiqabrago Mengatakan " Bukan Mencari Kekayaan " Tapi Berikanlah Apa Yang Anda Ingin Berikan Dengan Kualitas - Kuantitas Yang Ideal Nya Bukan Plagiat.
TERIMAKASIH CURATOR @aiqabrago - @levycore

Terima kasih telah berbagi ilmu dan wawasan

Cukup mencerahkan untuk para pemula seperti aku. Terima kasih banyak @aiqabrago

Salam kenal @aiqabrago
Saya @razack-pulo, saya Aceh, Saya Indonesia
Tertarik betul saya dengan KSI, moga dapat berdiskusi dengan teman2 disana... Regard from Gayo Highland

morom-morom bang wen

Bereh that bahasa Gayo @aiqabrago 😀 Berijin boh..

Ini sudah lah sangat menjelaskan,
Tidak ada keraguan dalam hal Postingan, UpVote dan Reward yg di dapat,
Trima kasih telah berbagi kembali Brader @aiqabrago

I only speak english man I like bacon.

Terimakasih atas pencerahannya
@zulkarnain tunggu postingan selanjutnya

Luar biasa berguna bagi saya yang baru bergabung. Terimakaaih. Salam kenal

Sama-sama..selamat bergabung di steemit om :)
gak nyangka saya secepat ini om :) hehehe

postingan yang sangat saya tunggu-tunggu. saya juga steemian baru dari aceh. salam kenal kang. salam ksi! @aiqabrago

terima kasih banyak @aiqabrago, postingan pencerahannya sangat berguna bagi kami para pemula yang bahkan belum tahu banyak tentang cara menulis

Sangat bermanfaat bang..
Terimakasih tekah berbagi @aiqabrago
Mohon bantuan untuk menerima saya di group fb, thanks

Tips yang sangat bermanfaat bang :) @aiqabrago

Terima kasih @aiqabrago.
Sangat bermanfaat bagi pemula di steemit apalagi yang sudah lama.
Informasi yang sangat berguna

Saya sangat berterimakasih pada anda @aiqabrago, karena post ini menjadi ilmu bagi saya yang masih banyak kekurangan dalam berkarya disteemit.

Sangat bermanfaat untuk pemula seperti say..
Thanks bang artikelnya...

Terima Kasih buat informasinya.
Jadi lebih semangat untuk post lebih banyak lagi

Saya bangga menjadi teman anda, saya melihat cara anda berbagi ilmu dan mengajarkan apa yang anda ketahui dengan cara yang mudah difahami, anda tau kenapa anda bisa menguraikan kata kata dengan baik dan mudah difahami, karena anda nemang sudah memili ilmu dibidang ini dan disertai niat yang tulus dari hati untuk berbagi ilmu, saya bisa membuat artikel menjdi lebih berwarna karena saya mendapat ilmu dari postingan yang anda bagikan, terimakasih banyak atas ilmu yang telah anda ajarkan

Wah... Lagi-lagi dapat ilmu dari Kurator Indonesia. Jangan pernah bosan mengajari kami hal-hal yang positif agar kami menjadi lebih tahu bagaimana cara menghasilkan reward.

terimakasih karena postingan ini saya menjadi termotivasi untuk berkarya dalam membuat postingan yang bermanfaat di #steemit. mohon bantuannya, saya masih baru disini. salam kenal :)

Terima kasih bang @aiqabrago, sangat bermanfaat untuk Stemians.
Teman-teman bila ragu akan sebuah kata dasar dalam menulis bisa mengecek di kbbi.web.id. Misal kata dasarnya, nafas (salah) napas (benar) dll.
Dan juga, kalau mau mempelajari bahasa yang benar bisa membaca Permendikbud Nomor 50 Tahun 2015 Tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Indanya berbagi...

salam bang terima kasih

Makasi info nya @aiqabrago

Terima kasih informasinya, sangat membantu. Ijin resteem

Yeah, terus berkarya walaupun terbata-bata.

Terima kasih bang @aiqabrago menjadi informasi positif bagi saya untuk tetap terus memberikan tulisan yang terbaik dengan memberikan hal-hal baru menarik, bermutu, dan dutuliskan sebaik mungkin dalam bahasa indonesia, ataupun mengunakan bahasa inggris dengan memperhatikan kembali jiks terkadang ada kerancuan hasil translate, dan bagi saya pribadi untuk terus berkarya dengan memberiksn informasi yang edukatif, informatif dan bisa membawa manfaat bagi yang membacanya dan utamanya harus karya sendiri tanpa plagiat dengan memperhatikan tata tulis yang baik dan benar

Sangat bermanfaat bagi saya yang pemula bang @aiqabrago

There are 2 pages
Pages