Asam lambung? boleh coba jamu tradisional ini..

in #indonesia6 years ago

image

Selamat sore steemians smua...

Saya ingin sedikit berbagi pengalaman tentang penyakit yang pernah diderita suami saya, yaitu ASAM LAMBUNG. Terdengar spele memang bagi yang belum pernah merasakannya, tapi bagi yang sudah berpengalaman barang kali ampun deh dengan penyakit ini.

Asam lambung ini biasanya terjadi karena terlalu sering terlambat makan, mengonsumsi makanan yang tidak bisa diterima lambung dan bahkan ada yang mengatakan asam lambung bisa timbul karena beban pikiran.

Awalnya suami saya seorang perokok berat. Tak pernah tak berasap mulutnya. Selain perokok dia juga penggemar kopi hitam. Dua hal itulah yang menyebabkan suami saya malas makan dan suka bergadang. Begitulah bertahun-tahun sudah dilakoninya. wal hasil apa?? baru terasa saat penyakit asam lambung datang.

Perut mulai terasa perih, perasaan lapar tapi saat makan langsung muntah. Dada menjadi sesak bernafas. saat diperiksa ke dokter lambungnya sudah luka.

Suatu sore sepulang kerja dia membeli gorengan (pisang goreng, bakwan dan tahu isi). lahap dimakannya bersama cabe rawit mentah. nah, saat malam sekitar pukul 23.00 wib dia merasa mual, dada sesak dan lemas. saya bingung apa yang harus saya lakukan. saya panggil tetangga minta pertolongan.

"tak usah bawa ke rumah sakit, kau buatkan saja jamu dari induk kunyit. setiap hari itu saja kau minum pagi dan malam. makan nasi bubur. tak usah pakai cabe." begitu nasehat dari tetangga yang sudah berpengalaman.

Setiap hari jamu kunyit itulah yang saya buatkan untuk suami. Terkadang saya buatkan banyak dan disimpan di kulkas.

Soal makanan dia paling bisa nahan pantangan. selama 6 bulan hanya makan nasi putih lembek dan kecap.

Dan yang paling membuat saya bersyukur selain sehatnya suami saya adalah dia berhenti MEROKOK.
wahhh... jadi hemat. 😀😀

Sampai saat ini pun masih sering saya buatkan jamu dirumah. Sampai anak saya saat ini masih berumur 3 tahun nggak nolak saat diberi jamu.

Semoga bermanfaat...