membuat aplikasi chatting offline via java netbeans 8.0.2

in #indonesia7 years ago

halooo para stemians.. kali ini saya akan memperagakan bagaimana sih pesan itu bekerja dan bagaimana sebuah pesan dapat di kirimkan ke pada penerimanya ya di kirim oleh orang tertentu kepada orang tertentu dalam sebuah aplikasi sederhana yang saya buat dengan sofware netbeans 8.0.2.

1. hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka aplikasi netbeans pada laptop atau pc kalian lallu buatlah  sebuah project baru ( saya memberi nama messanging ) .

2. untuk menjalankan nya aplikasi nanti nya kita memerlukan sebuah server dan juga client ,nah saya akan mulai yang untuk server nya dulu , buatlah tampilan seperti yang saya lakukan pada gambar di bawah ini ,

3. setelah  itu saya akan membuat kodingan supaya nantik si client nya ini bisa terkoneksi ke server dan saling berhubungan . kodingan nya seperti pada gambar di bawah ini .

4.proses untuk server sudah selesai  sekarang untuk client nya , buatlah sebuah jframe baru pada project netbeans nya ,cara nya seperti di bawah ini 

5. sekarang saya akan membuat desain untuk client nya 

6. setelah proses desain selesai sekarang kita akan membuat koding supaya client bisa saling megirim pesan sesama client dan server sebagai perantaranya .kodingan nya seperti di bawah ini 

7.proses pembuatan aplikasi telah selesai sekarang untuk menjalankan apliaksi nya , jalankan dulu yang server degan cara run file , kemudian run file untuk yang client nya 2 kali agar ada lawan biacara nya 

semalat mencoba semoga bermaafaat :D

followme @fajriadera resteem upvote