Ayo Kita Sebarkan Virus Steemit ke Seluruh Indonesia

in #indonesia6 years ago (edited)

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Apa kabar sahabat steemian di seluruh Indonesia? Saya berharap Anda semua selalu dalam perlindungan Allah SWT dan tetap semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Saat ini saya dan teman-teman KSI Chapter Bandung sedang persiapan rapat untuk membahas berbagai hal yang berkaitan dengan acara silaturahim akbar pertama Komunitas Steemit Indonesia (KSI). Acara direncanakan akan dilaksanakan pada Jum'at, 16 Februari 2018 bertempat di Gedung Techno Park, Baros, Kota Cimahi. Semoga acara kita bersama ini dapat berjalan dengan lancer sesuai harapan.

Berkaitan dengan acara Akbar yang digagas oleh Teh @mariska.lubis dan mendapat dukungan dari seluruh Anggota KSI Chapter Bandung, serta seganap KSI Chapter daerah lainnya, maka kami semakin intens mengajak masyarakat untuk bergabung bersama Steemit. Kebersamaan, kekompakan, dan kerja keras bisa membuat mimpi kita untuk menyebarkan virus Steemit akan menjadi semakin mudah.

IMG-20180106-WA0063.jpg

Saya juga secara pribadi selalu berupaya melakukan berpromosi dengan dana sendiri. Semua ini saya lakukan karena kecintaan saya terhadap Steemit. Selama saya bergabung, banyak hal positif yang bisa diambil dalam komunitas ini. Energi untuk saling berbagi, saling peduli, saling menguatkan di antara sesama steemian membuat suasana kekeluargaan terlihat kental sekali. Ini yang membuat saya semakin semangat dalam menyebarkan Steemit.

Beberapa minggu lalu, tepatnya 10-17 Januari 2018, saya sempat pulang kampung bersama istri tercinta ke Kotabumi, Lampung Utara. Saya memang lahir dan besar di sana. Kesempatan ini buakn saja saya manfaatkan untuk melepas rindu kepada orangtua, saudara, dan teman, tetapi juga sekalian menyebarkan virus Steemit.

Pertama, saya bertemu dengan teman lama saya yang kini sudah menjadi salah seorang petinggi di pemerintahan daerah. Saya minta untuk dipertemukan dengan orang-orang yang suka menulis. Beberapa perwakilan mahasiswa dari Pergerakan Mahasiwa Islam Indonesia (PMII) pun ikut merapat. Selain itu ada juga kenalan saya di Facebook, seorang guru teladan asal lampung utara yang ingin bersilaturahim. Akhirnya saya pun bertemu dengan mereka di Kedai Kopi "Pinang Muda - Iful Jenggot".

Suasana terasa akrab, tidak formal dan seadanya. Kami cuma mengobrol santai sambal minum teh dan kopi. Suasana pertemuan terasa hangat, meskipun kami baru bertemu. Saya pun memberi wawasan tentang dunia kepenulisan kepada mereka, sekalian memperkenalkan Steemit sebagai sebuah platform yang layak dicoba.

001-Kedai Iful Jenggot.jpg

Usai pertemuan, saya minta mereka untuk membuat grup WhattApp (WA). Tujuannya agar komunikasi bisa terus berlangsung, sehingga bisa saya arahkan bergabung di Steemit. Sebelum berpisah, kami semua mengabadikan diri dengan foto bersama.

002-Kedai Iful Jenggot.jpg

Selanjutnya saya dan istri diajak sahabat lama saya, Murni Rizal, untuk makan siang di sebuah rumah makan di tengah kota. Tentu saja tawarannya tidak saya sia-siakan. Maklum saja saat itu hari sudah menjelang siang dan perut sudah mulai bersenandung. Ikan bakar, sambal, dan lalap-lalapan menjadi menu santap siang kami.

003-Rumah Makan.jpg

004-Rumah Makan.jpg

Pada Selasa, 16 Januari 2018, saya dan istri kembali ke Bandung. Empat hari kemudian (20 Januari 2018), saya kembali menyebarkan Steemit dikalangan guru dan pensiuan PNS di daerah Soreang, Kabupaten Bandung. Pertemuan ini memang sudah dua bulan yang lalu direncanakan atas undangan Bu Rubi - Seorang pegiat literasi dan owner Taman Bacaan (TBM) Cincin Membaca.

Saya berangkat dari rumah (daerah Cihanjuang, Kabupaten Bandung Barat) sekitar pukul 09.00 WIB dalam suasana hujan deras. Jalanan macet, maklum kota besar. Kami sampai lokasi pertemuan sekitar pukul 10.30 WIB. Peserta sudah banyak yang datang dan acara pun dimulai.

005-Cincin Membaca.jpg

006-Cincin Membaca.jpg

Seperti biasa, saya memberikan materi seputar motvasi menulis, cara menulis yang baik, dan terakhir bagaimana cara mencari uang dari tulisan. Tentu saja saya mempromosikan Steemit. Lihat saja saya sengaja memakai kaos Steemit yang dibuat oleh Teh @mariska.lubis.

Para peserta begitu antusias mengikuti jalannya pelatihan. Bahkan, acara yang semula hanya sampai pukul 12.00 WIB, akhirnya molor sampai pukul 14.30 WIB. Demi keingintahuan mereka, saya rela menambah waktu belajar.

007-Cincin Membaca.jpg

Setelah semua materi selesai diberikan, kami pun foto bersama. Mereka terlihat Sangat gembira karena mendapatkan ilmu gratis yang bisa menjadi bekal untuk menambah penghasilan.

008-Cincin Membaca.jpg

Keesokan harinya, Minggu, 21 Januari 2018 sebenarnya adalah hari ulang tahun saya yang ke-52. Sudah lebih setengah abad usia saya di dunia ini. Saya tidak merayakannya secara khusus, melainkan saya gunakan untuk berbagi ilmu kepada siswa sekolah di Bandung Barat.

Kebetulan saya sudah menyediakan waktu untuk menjadi narasumber gratis tentang ilmu menulis dalam acara Kopi Darat yang digagas Lembang.Co (sebuah situs media warga yang digagas Kang Arid, seorang warga Lembang yang peduli dengan kemajuan daerahnya) bekerja sama dengan Yayasan AUF.

009-Lembang-Co.jpg

010-Lembang-Co.jpg

Pada kesempatan kali ini saya memberikan ilmu menulis, motivasi menulis, juga berbagi tips menulis yang mudah dan menyenangkan , serta bagaimana mencari uang dari menulis. Para remaja yang sebagian besar siswa SMP dan SMA ini sangat serius mengikuti jalannya pelatihan.

011-Lembang-Co.jpg

Saya menjelaskan panjang lebar tentang Steemit dan perkembangannya di Indonesia, khususnya di Kota Bandung. Mereka langsung tertarik bergabung. Namun, saat ini mereka saya bimbing dulu secara online agar kemampuan menulisnya semakin baik. Kalau sudah siap, mereka akan segera bergabung menjadi anggota Steemit.

Sesi terakhir tentu saja foto bersama sambil mengacungkan salam literasi. Semua peserta berfoto sambil tersenyum ceria. Calon generasi penerus bangsa ini siap meramaikan dunia Steemit di tanah air.

012-Lembang-Co.jpg

Kebetulan esok harinya saya ada kelas profesional, yaitu pelatihan menulis di hotel berbintang selama dua hari, 22-23 Januari 2018. Pelaksanaan acara di Hotel Grand Serela Merdeka, Jalan Purnawarman, Bandung. Pesertanya tiga orang, yaitu seorang dokter yang berasal dari Rumah Sakit Santo Borromeus dan dua orang peserta dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Bogor.

13-Intermedia Karya Utama.jpg

Saya mengajar full ilmu menulis selama dua hari. materi yang saya berikan seputar cara menulis artikel, berita, dan feature. Semua peserta sebenarnya sudah bisa menulis, tetapi mereka ingin meningkatkan kualitas tulisannya. Mereka juga terkendala dengan cara mencari ide, mengatur waktu, juga belum bisa konsisten menulis.

Selain memberi teori menulis, para peserta saya beri latihan menulis dengan metoda "free writing" yang terbukti ampuh dalam mendorong mereka menghasilkan tulisan yang cepat. Mereka juga saya beri amunisi untuk memposting tulisannya di Steemit dan saya minta menularkan virus Steemit ke lembaganya masing-masing.

14-Intermedia Karya Utama.jpg

Semoga tulisan sederhana ini bisa membuat Anda terinspirasi untuk ikut aktif bersama-sama mengembangkan Steemit di Indonesia, tentu saja sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Apabila tulisan ini bermanfaat, silakan follow dan berkomentar. Saya Senang jika Anda mau meninggalkan jejak dan bisa saling berinteraksi. Semakin banyak teman, tentu membuat Rezeki kita juga bertambah.

Salam pena kreatif dari Bandung untuk Indonesia.


Logo Steemit.jpg

Jargon Komunitas Steem Indonesia.jpg

Sort:  

Luar Biasa Eyang @jharyadi.
Maju terus Steemit di Indonesia, tebarkan virus literasi dan Sreemit untuk perubahan & kdmajuan.

Salam Pena Kreatif!

Terima kasih Mbak @ettydiallova atas support-nya. Kita memang harus bersama-sama membuat Steemit sebagai tempat yang nyaman bagi warga Indonesia untuk bersosialisasi. Kita juga bisa ciptakan suasana berkomunikasi dan berkarya yang sehat dan mencerdaskan.

Salam pena kreatif

Wah mantap eyang promosinya. Semoga steemit semakin tersebar ke seluruh pelosok tanah air. Koreksi sedikit tanggal 16 Februari hari Jumat bukan selasa...hehe

Btw, saya mau dong kaos steemit yang seperti eyang pakai. Saya mau pesan. Cc @mariska.lubis

Aamiin yra. Terima kasih atas doa, support, serta harapannya. Kita semua memang berharap semakin banyak yang bergabung di Steemit. Semakin banyak steemian yang gabung, lama-lama kualitas tulisan juga akan semakin baik. Tulisan yang asal-asalan suatu saat akan ditinggalkan pembaca dan tidak akan mendapatkan reward. Oleh sebab itu kita biasakan untuk selalu berusaha mencari ide yang segar dan menarik sebagai bahan tulisan. Kita harus mau terus belajar, seperti yang saya lakukan.

Terima kasih atas koreksinya. Saya sudah perbaiki kesalahannya Mas. Oh iya, untuk pesanan kaos berlogo Steemit bisa colek teh @mariska.lubis.

Sama-sama Eyang @jharyadi. Mohon bimbingannya juga dalam hal penulisan dari postingan saya.

Saya sudah mampir ke blog Mas @tusroni. Tulisan Anda sudah bagus kok. Bahasanya enak, mudah dicerna, dan mengalir deras bagai air terjun Niagara.

Saya juga masih belajar kok Mas. Kita memang sebaiknya saling memberi masukan satu dengan lainnya. Tidak ada tulisan yang sempurna. Kita hanya berusaha untuk sempurna. Hal yang terpenting adalah "apa yang kita tulis mudah dicerna dan pesannya sampai kepada para pemirsa".

Wah ini saran yang baik. Saling mengoreksi satu sama lain agar tulisan lebih baik dari waktu ke waktu. Terima Kasih Eyang @jharyadi sudah menyempatkan waktu berkunjung ke blog saya.

Sama-sama Mas @tusroni.

keren,,semangat terus Pak,sebarkan kebaikan steemit,jangan lupa jaga kesehatan..

Terima kasih atas support-nya ya Mas @fadli79. Ayo kita sama-sama menulis dengan konten yang baik, sehingga banyak orang yang tertarik membaca tuisan kita di Steemit dan tertarik juga bergabung di sini.

Selamat beraktivitas dan semoga sukses selalu.

Hebat euy... Btw selamat ulang tahun yah... Better late than never... Semoga selalu diberikan yang terbaik dan terindah.

Aamiin yra. Hatur nuhun teh @mariska.lubis sudah mampir ke lapak saya, juga atas doanya. Semoga Allah mengabulkan doa teteh.

Salam pena kreatif

Salut deh sama semangat dan dedikasi eyang untuk perkenalkan steemit dan sebarkan virus menulis ke anak negeri.

Semoga semakin banyak steemians Indonesia yang akan lahir, bersemangat dalam tebarkan konten positif sebagai warisan ilmu dan wawasan bagi generasi mendatang, ya, Eyang.

Ah iya, happy belated birthday, Yang. Sehat selalu, dan semoga kian mampu tebarkan manfaat bagi sesama. Aamiin.

Aamiin yra. Terima kasih atas doa dan harapannya ya Teh @alaikaabdullah. Saya senang banyak orang baik yang tertarik bergabung di Steemit dan masih banyak orang lebih baik lagi di luar sana yang perlu kita ajak bergabung. Kalau suasana menulis dan bersosialisasi berjalan dengan baik, maka iklim pertemanan pun menjadi kondusif.

Oh ya, saya sudah follow dan upvote akun teteh sebagai salam perkenalan.

Smart moment.
Maju terus Steemit Indonesia. Sebarkan virus Steemit ke seluruh pelosok Indonesia

Aamiin yra. Terima kasih atas doa dan support-nya ya Mas @irwansyah270889. Salam kenal daari Bandung. Saya sudah follow dan upvote akun Anda.

Sukses selalu ya.

Hebat, semoga sukses selalu untuk semua

Aamiin yra. Terima kasih atas doanya ya mas @fajri26. Sukses selalu juga buat Anda.

Ayo sebarkan ke seluruh negeri

Terima kasih Pak @rismanrachman sudah berkunjung dan memberikan support. Sukses selalu ya buat Bapak.

Alhamdulilah pak @jharyadi semoga komunitas steemit semakin besar dan sukses......

Aamiin yra ....Semoga saja Steemit terus berkembang sesuai harapan. Kalau kita mau, pasti kita bisa. Kita harus berjuang dan kompak dalam mengangkat Steemit menjadi salah satu media sosial favorit yang paling digemari di Indonesia. Bukan saja kita bisa saling berinteraksi dengan sehat, tetapi kita juga berpeluang mendapatkan reward dari aktivitas kita yang positif tersebut.

Semoga virus steemit semakin menyebar ke segala penjuru Indonesia dan memberikan feedback yang positif.
Salam kenal dari pendatang steemit @naziratulaulia

Aamiin yra. Semoga doanya Mbak @naziratulaulia dikabulkan Allah SWT.

Oh ya, salam kenal kembali. Saya sudah follow dan upvote akun Mbak Aulia.

Salam pena kreatif

Ayoo.....semoga steemit bertambah banyak di indonesia

Aamiin yra. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Salam kenal dari Bandung.

Oh iya, saya sudah follow dan upvote akun Anda. Semoga tetap eksis dan berkarya di Steemit.

Salam pena kreatif

Hbd eyang @jharyadi semoga panjang umur dan sehat selalu. Di tunggu traktirannya hehe

Aamiin yra. hatur nuhun Teh @gethachan atas doanya. Ayo atuh kalau mau ditraktir! Atau mau nunggu pencairan juga boleh ...he..he..he..

Sama sama eyang. 😊

Wah kayaknya eyang @jharyadi lagi ancang - ancang buat nyairin sbd nih hehe

Hua..ha..ha....Teh @gethachan mah suka buka rahasia. Kalau sudah cair kan nanti kebagian juga.

Engga eyang @jharyadi. Aku mah lebih suka membuka pintu hati seseorang dari pada buka rahasia 😂😂😂

Asyik dong hehe

Hua..ha..ha...membuka hati, artinya siap menerima si jantung hati. Awas tuh ntar kebanjiran bujangan yang kirim salam....he..he..he

Wkwkwk iya eyang @jharyadu biarlah single berimajinasi. Heheh

luar biasa semangatnya.

Terima kasih atas support-nya ya Mbak @ririn.

Udah gak sabar rasanya ingin menyebarkan virus steemit di sekitar kehidupan saya, tapi apa daya ilmu masih seumur jagung takut salah paham (salah paham adalah sumber bencana) dan belum bisa menulis yang layak saya ingin juga belajar menulis pada sobat @jharyadi , gimana caranya saya folow dulu akun Bapak ya....

Memang untuk mempelajari Steemit perlu waktu. Namun, tidak perlu belajar terlalu lama, kita pasti bisa mengerti. Syaratnya mudah kok, yaitu asal mau belajar dan sering mempraktikkannya.

Kalau mau belajar menulis, bisa baca postingan para steemian senior yang berseliweran di Steemit ini. Baca saja tulisan mereka atau bertanya melalui komentar di postingan mereka, saya yakin mereka mau membagi ilmunya.

Terima kasih Mas @hadipedia sudah mampir ke blog saya. Salam kenal juga. Saya sudah follow dan upvote akun Anda sebagai salam persahabatan.

Salam pena kreatif

Maju terus om. .
semangatnya om mesti di teladani nieh. .

Aamiin yra

Terima kasih Mas @ekaveika atas support-nya.

mantap sekali pak @jharyadi, semoga pak @jharyadi sehat terus, dan bisa terus sharing ilmunya ke kita2 yang baru belajar menulis hehehe

Aamiin yra. Terima kasih atas doa dan kunjungan Bapak ke blog saya ini. Saya berharap tulisan saya tersebut memang ada manfaatnya.

Saya ucapkan juga salam kenal. Saya sudah follow dan apvote akun Pak @warnasenja. Semoga persahabatan kita di Steemit mendapat berkah.

Salam pena kreatif dari Bandung untuk Indonesia

Semangat dan sehat selalu Eyang @jharyadi. Indonesia membutuhkan sosok penggiat literasi seperti bapak yang selalu berapi-api memberikan semangat kepada siapa pun tanpa kenal lelah, insyaallah tak akan ada yang sia-sia. Oia met milad ya pak. Keep writing, keep inspiring! Salam Steemian d :) b

Terima kasih Abah @adrienoor atas doa dan support-nya. Kita memang harus bisa berkolaborasi satu sama lain. Mengembangkan semangat berbagi, semangat saling membantu, semangat saling menghargai dalam komunitas ini perlu kita kembangkan. Menjadi orang yang lebih baik tentu menjadi harapan kita semua. Kalau steemian berprilaku baik dan menjadi contoh bagi masyarakat yang ada dilingkungannya, bukan mustahil virus positif ini bisa cepat menjalar ke seluruh negeri.

Salam pena kreatif

Salam kenal saya dari aceh

Salam kenal juga Mas @muhajirjack95. Terima kasih sudah mau berkunjung ke blog saya.

Selamat bergabung di Steemit. Semoga Anda bisa menikmati berkomunikasi social di platform yang asyik ini.

Saya sudah follow dan upvote akun Anda sebagai salam perkenalan.

iya om @jharyadi terima kasih, saya dari aceh menunggu postingan ilmu selanjutnya hehe, boleh kan om

Oh, banyak sekali sahabat dari Aceh yang jadi steemian. Saya senang Mas @muhajirjack95 mampir ke blog saya.

Kalau Anda mau belajar menulis, bisa melihat tulisan saya sebelumnya. Saya juga nanti pasti akan posting kembali hal-hal yang berkaitan dengan kepenulisan. Anda bisa telusuri blog saya @jharyadi.

Salam pena kreatif

iya siap om, terima kasih

good post, I like your post ..

I need your support please visit my blog https://steemit.com/@muliadi
if you like my post please give upvote, resteem &follow me.
thank you, keep on steemit.

Thanks for your coming. I will follow and upvote your account. Nice to meet you in Steemit.

Nice post @jharyadi

Terima kasih atas atensinya Mas @atann18. Salam kenal dari saya di Bandung.

Oh ya, saya sudah follow dan upvote akun Anda.

Salam pena kreatif

Lewat steemet kita bisa mengenal dunia, Mari sama sama kita bangun komunitas nya bg @jharyadi

Betul sekali, Steemit membuat kita jadi terkoneksi dengan sahabat lainnya dari berbagai belahan dunia. Steemit juga membuat kita menjadi lebih bergairah dalam menjalin talisilaturahim.

Terima kasih Mas @tamy.siagam yang sudah mampir ke blog ini. Salam kenal dari saya di Bandung. Saya sudah follow dan upvote akun Anda.

Semoga sukses selalu

Percuma Di sebarkan ke yang belum mengenal steemit kalo yang udah kenal steemit aja pada ninggalin karna gak ada komunitas gak ada yang vote dan gak ngerti cara mainnya :D

Menyebarkan Steemit kepada orang yang belum mengenalnya bukanlah sia-sia. Niat kita harus tulus dan Ikhlas untuk mengajak orang berkreasi. Oleh sebab itu kita harus memiliki dasar pengetahuan dulu dan sudah mencoba mengaplikasikan Steemit secara benar. Kalau kita hanya sekadar latah dan ikut-ikutan teman saja, tanpa mengetahui lebih dalam tentang manfaat menulis di Steemit, ya lebih baik tunda dulu mengajak orang bergabung, karena dikhawatirkan nanti salah persepsi.

Menulis di Steemit jangan hanya mengejar vote. Tujuan utamanya adalah berkarya melalui tulisan dan bersosialisasi dengan baik. Efek dari tulisan yang baik dan komunikasi yang baik menghasilkan simpati dari para pembaca. Nah, pembaca yang merasa mendapatkan manfaat akan memberi kita reward berupa upvote. jadi, kehadiran vote itu bukan karena diminta oleh kita, melainkan diberi secara Ikhlas oleh pembaca yang merasa tercerahkan pikirannya.

Terima kasih sudah mampir dan berpendapat di blog saya ya Mas @iqbalaron. Saya sudah follow dan upvote akun Anda sebagai salam perkenalan. Semoga kesuksesan selalu menyertai hidup Anda.

Salam pena kreatif

Salut sama pak @jharyadi...punya semngat yg luar biasa.. Semoga menjadi motivator terbaik pak.

Aamiin yra. Terima kasih atas doanya. Semoga kita Semua bisa saling menyemangati, sehingga selalu bergairah menulis. Kalau kita bersemangat, menulis pun menjadi mudah.

Terima kasih sudah mampir ke lapak saya. Saya sudah follow dan upvote akun Anda sebagai salam perkenalan.

Salam pena kreatif

Maaf terlambat.
Sukses selalu ya Pak Ari.
Hebat semangatnya

Terima kasih atas support-nya ya Bu @cicisw. Ayo kita sama-sama saling menyemangati.

Luar biasa motivasi dan dukungan nya serta sangat inspiratif tulisan

Terima kasih Mbak @asmahusna sudah mampir dan memberikan komentar di blog saya. Senang rasanya menerima kunjungan Anda.

Salam pena kreatif

hehe, usia eyang setengah abad tapi semangatnya kalah kita yang muda, keep inspiring eyang @jharyadi barakallah fii umrik.

Aamiin yra. Terima kasih atas doa dan support-nya ya Mbak @tyamutia. Kita memang harus saling menyemangati, baik bagi yang tua maupun yang muda. Energi positif harus saling ditularkan agar semuanya menjadi lebih baik.

Terima kasih ya sudah mampir ke blog eyang. Salam kenal. Eyang sudah follow dan upvote akunnya.

Sukses selalu ya Mbak Tya.

terima kasih eyang @jharyadi energi positifnya mudah2an bisa menyebar ke banyak anak KPKers. oh ya eyang izin comot beberapa foto kegiatannya ya. salam steemian kreatif

Oh iya, silakan dimanfaatkan saja foto-foto yang diperlukan. Semoga kita bisa saling melengkapi dan saling menyemangati, sehingga menjadi sebuah kekuatan dalam membangun bangsa melalui tulisan.

Amiin

Terima kasih ya @au7ia.

Eyang Inspiratorku :D

Ayo kita saling menginspirasi Kang @mrohmat

Semoga, mudah mudahan saya bisa konsisten :D

Aamiin yra