Si Kelinci Bulu Halus Alias Karpet (REX)

in #indonesia6 years ago

Si Kelinci Bulu Halus Alias Karpet (REX)
Ini Peliharaanku Kelinci Bulu Karpet (REX)
IMG_20170701_095001.jpg
Entah bagaimana ide itu muncul saya ingin memelihara kelinci, dulu tau kelinci ya pas mau ke Sarangan saja beli Sate Kelinci atau beli di peternak kelinci local. Iseng2 pada tahun 2016 saya browsing-broswing di Internet ternyata JENIS KELINCI banyak sekali.
Jadi tambah Pusing kan ??? Mau pelihara kelinci yang bagaimana nich ??
Ada Lokal, Bligon, Rex, Anggora, FG, Flam atau apa-banyak ampek pusing baca artikel-artikelnya. Akhirnya Tanya-tanya sama orang-orang sekeliling. Ada tuch yang jual kelinci Bligon 1 pasang saya sikat alias beli untuk coba-coba 1 pasang dulu 300rb / 200rb lupa ? xixiixix
15726992_10203090869669337_1125296550153238355_n.jpg
Saya beli lagi Indukan + anak 12 ekor … anaknya kisaran 2 bulan. Senang dech punya kelinci banyak, dalam perjalanan memelihara kelinci, itu anak-anaknya banyak yang mati alias modar tidak ada 2 minggu lenyap semua itu anak kelinci pada sakit mencret semua puyeng pala berbie.
Si induk masih bertahan semua 3 ekor. Saya beli lagi entah jenis apa …. Pokoknya juga gede 1 pasang 200rb. Saya kawin silang itu induk-induk akhirnya bisa beranak … ada yang beranak 4 ekor, ada yang 6 ekor. Sangat senang lihat kelincinya bisa beranak. Tapi ya gitu namanya juga belajar … anaknya juga modar semua …. Blm sampai 2 bulan.
Muncul ide lagi mau coba jenis kelinci yang lain … Broswing-broswing di forum jual beli sekitar ada yang jual Kelinci Rex 1 ekor saya beli 100rb saya beli …. Jantan warna putih tapi ada tompel di mulut sering di sebut Charlie. Cari-cari lagi yang 1 betina warna Broken Black … mantabs akhirnya dapat juga.
1382249_10201746784068037_2764693070406039795_n.jpg
Sambil Tanya-tanya para empu akhirnya ketahuan kenapa kelinci saya pada mati dan mencret. Masalahnya sepele xixixi tapi apa daya kan juga masih belajar ternyata gara-gara pakan kelinci. Kelinci tidak boleh di beri makanan yang masih segar (harus di layukan dahulu itu rumput) baru di kasihkan ke kelinci. Dan akhirnya saya browsing-broswing ada yang praktis di kasih pakan pellet kelinci. Saya beli pertama pellet kelinci ke Komendan Kocho Vian entah itu berapa per Kg saya juga sudah lupa, habis beli-habis beli.
Kelinci saya pun yang Rex beranak lumayan anaknya 4 ekor, saya pun senang lha wonk anak-anaknya itu lucu sekali. Saya sudah punya niat saya harus pelihara ini kelinci jenis ini walau hanya untuk senang-senang.
Saya beli lagi 1 kelinci Rex warna Black Otter warna dominan hitam tapi ada putih-putihnya sebagian. Entah namanya juga pemula lagi senang-senangnya, tau kelinci bagus inginnya sikat-sikat was wes was wes.
Pada suatu saat saya gabung di komunitas kelinci magetan yang bernama PPKBM saya tau di facebook dari Komendan yang Bernama Julian Pradina, saya main-main ke tempat Komendan Julian Wadoooh di sana kelincinya bagus-bagus … sampek khilaf klo main ke sana …. LAMA PAKE BANGET …. Lha orangnya enak untuk di ajak ngobrol dan sharing-sharing tambah mantebs … ingin pelihara Kelinci jenis REX. Saya beli di Komendan Julian kelinci total klo tidak salah 3 ekor (Blue, Opal atau apa lupa xixixiix udah pikun, dan broken castor). Cakep-cakep pokoknya kelincinya Komendan Julian.
IMG_20160101_234532.jpg
Xixixi selang beberapa bulan kelinci itu berkembang ya beranak, saya SATE sebagian MATI. Mungkin karena tidak ke urus atau saya sibuk dengan pekerjaan saya, tapi sebisa mungkin saya tetep merawat kelinci-kelinci kesayangan saya.
Ada yang mati habis melahirkan ….. di situ saya sangat sedih, gimana nasib anak-anaknya ya jelas menyusul induknya MATI.
IMG_20160101_234522.jpg
Ada yang mati gara-gara kena penyakit, ya kembung, sembelit, mencret atau kena gudik (scabies), panjang juga klo di ceritakan. Bisa 7 hari 7 malam, Semua itu adalah pengalaman.
Dari kelinci pun dan paguyuban kelinci pun dapat teman banyak dan dapat ilmu banyak. Ilmu yang kita ketahui itu hanya sak upil / sak uprit. Ternyata Ilmu itu ………. Tidak bisa kita takar. Dapat dari komendan 1 dan Komendan lainnya.
Walau sekarang kelinci saya tinggal sak Uprit juga … xixixi
Tetep Pelihara kelinci untuk hiburan ….
13728902_10202414871329801_3675358446907738239_n.jpg
Kelinci is My Lovely Wonk anak saya juga suka sama kelinci ….
Itu sedikit cerita peliharaan kelinci saya ……………..

Hormat Saya
joko4ko2

Sort:  

lucu om kelincinya.
heheh

lebih lucu anak2nya om .... kayak mainan

Cakep Om kelinci nya.

om cpoer kan udah lihat foto2nya ..... dari dulu xixi

iih kelincinya ngegemesin..lucu banget om..👍

Niat banget om pelihara keincinya?
Btw sate kelinci enak gak?