Saya Perempuan Indonesia Berbatik!

in #indonesia7 years ago (edited)

BeautyPlus_20171002090649_save.jpg

Batik adalah sebuah kombinasi seni menggambar, melukis, dan mewarnai di atas kain yang sudah sangat membudaya di Indonesia sejak lama. Bukan hanya di Pulau Jawa saja walaupun lebih populer di Pulau Jawa, tetapi batik ada di sepanjang nusantara. Bahkan begitu luar biasanya batik khas Indonesia yang beragam dan memiliki karakter serta filosofi yang kuat, pada tahun 2009 Batik Indonesia masuk ke dalam daftar representatif UNESCO Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Budaya Tak-Benda Warisan Manusia. Oleh karena itu, batik menjadi sebuah identitas penting bagi negeri kita tercinta ini Indonesia.

Batik sebenarnya bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai belahan dunia. Bedanya ada pada teknik, motif, dan pewarnaannya. Batik Indonesia memiliki kelebihan sendiri, terutama pada teknik batik tulis dan motif yang memiliki arti dan makna yang kuat. Tidak asal dibuat, perlu ketekunan dan kesabaran, bisa mencapai 3 bulan bahkan lebih lamanya untuk menyelesaikan batik di atas kain berukuran 240cmx110cm. Setiap motif dan warna melambangkan pemikiran dan karena itu juga biasanya dipakai untuk tujuan dan acara yang berbeda-beda. Makanya, tak usah ribut jika batik diakui oleh negara lain, biarkan saja. Mereka yang akan malu sendiri, kebenaran itu akan selalu ada.

Sudah lama saya membiasakan diri untuk memakai kain batik alias kain jarik. Sebelumnya masih hanya terbatas acara formal dan pesta saja, sebab saya kurang suka memakai gaun dan tidak mau memakai celana panjang lagi. Kesannya tidak elegan dan bukan Indonesia. Sejak menginjak usia 40 tahun, yaitu tiga tahun lalu, saya pun memutuskan untuk mengenakannya sebisa mungkin setiap saat dan waktu, hanya motif dan warnanya saja yang dibedakan, disesuaikan dengan tujuan dan acara. Untuk mempertegas lagi identitas saya sebagai orang Indonesia sekaligus untuk memberikan nuansa tambahan yang kuat atas batik yang saya kenakan, saya pun membiarkan rambut saya panjang dan tetap hitam. Saya adalah Indonesia, itu alasannya. Biar ke mana-mana saya tidak dikira turis asing hanya karena kulit dan wajah saya bukan tipikal Indonesia!

BeautyPlus_20171002091530_save.jpg

Banyak yang kemudian melihat saya aneh dan tak sedikit yang mentertawakan. Sepertinya ribet di mata mereka, padahal tergantung kebiasaan saja, naik gunung pun saya biasa pakai kain jarik. Malah saya pernah ditertawakan oleh orang-orang di pasar di Jawa Tengah. Saya sengaja memakai jarik khas mereka untuk menghormati dan sopan santun, tetapi mereka malah bingung. Mereka pikir saya baru melahirkan, sebab sudah tidak ada lagi yang pakai jarik kecuali nenek-nenek dan ibu-ibu yang baru melahirkan. Sayang, yah!

Yang lucu malah beberapa waktu lalu ketika saya jalan kaki di Jakarta. Waktu itu saya habis menemui tamu dari luar negeri, dan pulangnya saya malas naik kendaraan. Mumpung hari libur dan tidak macet, lagipula dekat jaraknya dari tempat pertemuan ke stasiun kereta api, saya memilih jalan kaki saja. Ketika sedang asyik menikmati pemandangan dekat tugu Monas, turis asing asal Arab Saudi dan Turki menyapa. Mereka malah bertanya, saya dari negara mana. Soalnya, saya pakai jarik, dan mereka tak menemukan perempuan Indonesia lainnya yang mau mengenakannya dalam keseharian. Mereka jadinya berpikir kalau saya hanyalah seorang turis yang begitu senang dengan batik! Hedeh! Malunya hati saya ini!

BeautyPlus_20171002092815_save.jpg
Aneka aksesoris batik handmade yang saya dan adik saya buat. Koleksinya ada di Instagram @satus_indonesia.

Hari ini hari Batik Nasional, saya berharap semua mau mengenakan batik hari ini. Bukan untuk sekedar ikut-ikutan karena batik sedang trend, tapi untuk benar-benar menghormati diri kita sendiri sebagai Indonesia. Mau pindah ke luar negeri, mau berlagak lupa bahasa Indonesia, mau rambutnya dicat warna warni, mau sukanya makan steak dan malu makan nasi, mau agamanya apapun, tetap saja Indonesia. Percuma berusaha mengubah diri menjadi orang asing, karena tidak akan pernah bisa. Hormati saja takdir yang sudah diberikan Allah, kenapa malu?! Dunia pun mengakui kehebatan budaya Indonesia, kenapa diri sendiri yang tega merendahkan dan menghancurkannya?!

Siapa lagi Indonesia jika bukan kita sendiri yang berani mengakuinya? Siapa lagi yang mau menghormati Indonesia jika diri kita sendiri sudah tidak menghormati diri kita sendiri sebagai Indonesia. Di mana lagi kita bisa berdiri tegak sebagai Indonesia, bila semua sudah memilih menjadi orang asing!

Selamat berbatik ria!

Bandung, 2 Oktober 2017

Salam hangat selalu,

Mariska Lubis

Sort:  

Selamat Hari Batik Nasional Mbak @mariskalubis dari saya pria Aceh yang gag ada manis-manisnya 😂😂😂
image

Nggak usah manis, ganteng aja yah @zakir43! Selamat Hari Batik, Indonesia!

Selamat hari batik

Selamat Hari Batik, Indonesia!

Selamat hari Batik Nasional!!

Selamat Hari Batik, Indonesia!

I love batik. Di Aceh ada batik juga loh, bukan hanya di Jawa.

Batik ada di mana2, di seluruh Indonesia ada... Selamat Hari Batik yah, Indonesia!

Selamat Hari Batik buat Cut kak-ku yang cantik diseberang selat sunda sana.. Sekalian kirimin Batik-nya jangan lupa :D

Hahaha... batik aceh bagus2 kok! Selamat Hari Batik yah, Indonesia!

uda tuh, pakai baju batik plus pelaminan Aceh background-nya :D

Sudah mampir ke postingmu hehehe!

Terima kasih, sudah mampir Cut Kak, Have a nice day..

Salam Hangat dari seberang selat sunda.. :D

Selamat hari Batik, Indonesia!

@originalworks

The @OriginalWorks bot has determined this post by @mariskalubis to be original material and upvoted it!

ezgif.com-resize.gif

To call @OriginalWorks, simply reply to any post with @originalworks or !originalworks in your message!

To enter this post into the daily RESTEEM contest, upvote this comment! The user with the most upvotes on their @OriginalWorks comment will win!

For more information, Click Here!
Special thanks to @reggaemuffin for being a supporter! Vote him as a witness to help make Steemit a better place!

Selamat Hari Batik, adikku @bahagia-arbi!

Batik hari ini lebih fleksibel, masuk ke semua kalangan..
dan rasanya mau pake batik setiap hari dan kemanapun juga sudah asik-asik aja hehehe

Yup! Cuma ada baiknya juga dipelajari agar bisa tetap menjaga budaya... batik2 dengan motif2 tertentu untuk acara2 tertentu... jadinya nggak pasaran juga, kan? Hehehe...

setuju sekali Mbak hehee..
biar tetep ada sakralnya juga

Selamat hari batik nasional kakak @mariskalubis

Selamat Hari Batik, Indonesia!

Yes, hari ini saya pake batik :)

Asyik... makin ganteng dong! :)

kalau sudah terbalut batik pasti akan terlihat lebih anggun dan cantik bagi wanitanya. Bagi pria akan terlihat lebih keren

Iya, itu auranya batik kali yah @alberjester...

Cool!! Selamat Hari Batik Nasional

Selamat Hari Batik, Indonesia!

Saya perempuan Indonesia dan saya cinta batik.. Selamat Hari Batik, Indonesia :)

Asyik! Senang deh dapat teman perempuan Indonesia yang juga suka batik...

Asyik! Senang deh dapat teman perempuan Indonesia yang juga suka batik...

Tak terbantahkan lg, pakai batik jd keliatan elegan dan anggun. Ah jadi kangen pasar bringharjo dan klewer hehehe, bisa beli batik murmer.

Ooo....itu rupanya penampakan aksesoris handmadenya. Sy hrs intip ig nya nih. Btw itu batik yg dipakai utk aksesoris khusus batik tulis aja mba @mariskalubis? Ata sembarang batik?

Aduh kalau ke pasar Bringharjo dan Klewer pusing deh! Semuanya ingin dibeli, harganya murah lagi! Tapi sekarang berbeda, dulu banyak Mbok2 yang jualan masih pakai kain, konde, gincu, senang melihatnya. Sekarang? Wew!

Iya, itu penampakannya hehehe... batiknya macam2, dari semua daerah di Indonesia dan kebanyakan yang cetak saja sebab sayang kalau yang batik tulis. http://ink361.com/app/users/ig-4326623882/satus_indonesia/photos/1605897853318031679_4326623882

Di depan pintu masuk pasar bringharjo biasanya msh byk nenek2 yg jualan pakai kain jarik. Eh kalo belum digusur loh ya hehehe..

Sudah bisa dibilang nggak ada! Padahal saya sangat menikmati pemandangan di pagi hari saat mereka bersiap berjualan... sebel banget!

Sering ke jogja ya mba @mariskalubis?

Dulu sih sering krn ada rumah di Magelang dan ada pekerjaan... kalau sekarang sudah tak begitu lagi tertarik karena sudah tidak nyaman, macet, ramai, dan kehilangan banyak kekhasannya... kalah dengan komersialisasi dengan dalih modernisasi... beda banget deh!

Yoi setuju mba. Sy dah lama banget ga ke jogja. Jd pasti kaget2 liat jogya yg skrg. Pertama sy ke joga taun 97. Masih alami.msh byk mahasiswa cowok naik sepeda kumbang hahaha

Selamat hari batik mbak @mariskalubis :) salam

Selamat Hari Batik, Indonesia!

selamat hari batik

Nggak ada batik pura-pura ya? Hehehe... Selamat Hari Batik, Indonesia!

batik serius kali ya

Seriuslah masa pura-pura... wkwkwk

pake batik biar gak dikira turis. setelah pake batik malah turis nanya berasal dari negara mana. lucu kak cerita hidupnya. btw, emang orang tu ngira kakak dari negara mana?? wajah nya 100% indonesia kok.

selamat hari batik

Hahaha iya, kacau deh... yah dikira dari mana-mana... sampai bosan juga dikira turis asing...

Selamat hari Batik, Indonesia!

Batik di Indonesia sangat bagus-bagus dan saya cinta dengan Batik Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional mbk @mariskalubis

Selamat Hari Batik, Indonesia!

batik karya bangsa kita

Iya, karya dan sejarah budaya bangsa...

selamat hari batik.... alangkah indahnya sembari merayakan hari batik kita juga saling follow n vote2an. heheheh

Hehehe... selamat hari Batik ya, Indonesia!

jadi lupa, rupanya hari hari batik ya?ya udah selamat hari batik, untuk kota yogya hari selasa memang wajib berbatik sebagai khas dan budaya. terima kasih telah mengingatkan

Ya di Bandung juga, hari rabu sampai jumat hari baju daerah...

jadi kepingin lagi tinggal di bandung seperti dulu, walaupun hanya beberapa bulan menikmati kota dingin

Oh ya? Tinggal di mana? Yuk mampir Bandung... Yogya panas banget ya?!

saya di aceh sekarang mbak, dibandung dulu 2014, yogya kamarin 2016

Oh di Aceh... di Bandung skrg banyak pemuda Aceh, biasanya banyak juga cuma tahun2 belakangan ini banyak sekali... kapan2 main lagi ke Bandung dan mampir... rumah saya dekat kampus UPI arah lembang...

Congratulations @mariskalubis! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of comments

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

By upvoting this notification, you can help all Steemit users. Learn how here!

Wow, siapa dia si beautiful women wearing batik? :D

Ah dirimu menggoda kakakmu saja... hehehe...

Selamat! Tulisan anda masuk peringkat 3 kategori Tulisan Dengan Komentar Terbanyak, di 10 Besar Tulisan Hari Ini di https://steemit.com/peringkat/@puncakbukit/10-besar-tulisan-hari-ini-selasa-3-oktober-2017 ..

sangat menari mbak postingannya. saya berharap wanita indonesia juga seperti mbak @mariskalubis yang bisa menjaga budaya dan kelestarian di indonesia. saya salut melihat perjuangan mbak mariska. mudah mudahan mbak dapat trs mlestarikan budaya indonesia agar dapat trjaga dengan baik.

Amin.... terima kasih @mocin1993

Hai, halo @mariskalubis! Selamat! Tulisan anda masuk di Trend Tulisan Pekan Lalu kategori Tren Jumlah Komentar Rata-rata, di https://steemit.com/tren/@puncakbukit/tren-tulisan-pekan-lalu-pekan-ke-40-tahun-2017 .. *-)