Steemit untuk Siapa?

in #indonesia6 years ago

images-1.jpg

Masih seputar @steemit. Maklum anak baru. Belum paham medannya. Jadi masih ngutek-ngutek nyari tau apa itu steem? Steem power? Steem dollar? Longok-longok di steemd.com trus melongo ga ngerti, Etc.

Screenshot_20180213-074637.png

Adakah yang bisa menjelaskan apa arti yang tertera di atas?

Lalu ga sengaja nemu beberapa postingan yang mengulas tentang hal itu dengan tulisan yang enak dibaca sama pemula di @rismanrachman dan @ipulhayat. Tapi sepertinya belum terlalu paham juga. Kudu di baca bolak-balik sambil di praktekin baru dong kayanya. Learning by doing.

Oh ya semalam bandwith ku anjlok sampe 40%. Nurut bang @rismanrachman di komennya, bahwa untuk meningkatkan bandwith bisa dengan cara vote for witnesses. I did and taraa ... pagi ini bandwithnya naik 😍. Walau sebetulnya ga paham juga sih apa itu bandwith dan apa gunanya di @steemit. Dodol 😅.

Screenshot_20180213-075242.png

Selain itu, setelah seharian kemarin aku ngeluh sana sini karena voteku ga bisa nambah $ buat yang di vote, hari ini akhirnya bisa nyumbang $ buat tulisan bagus dari kedua abang yang aku sebutkan di atas.

Takjub juga saat memperhatikan postingan sendiri ada perubahan. Vote dan $ nambah 😍.
Apa karena sudah mulai aktif upvote, follow, reply dan resteem, jadi modalnya nambah? Mungkin juga.

images.jpg

Btw, kembali ke judul di atas, @steemit untuk siapa?

Dengan rumitnya pengaturan dan peraturan di @steemit, begitu asingnya istilah-istilah yang harus di kuasai, sampai-sampai aku berpikir @steemit hanya diperuntukan untuk orang-orang yang bergelut di bidang informatika atau yang memahami perihal teknologi digital.

Untuk orang awam, ini benar-benar sesuatu yang jauh dari mudah.

Aku hanya ngerti nulis dengan gayaku seperti ini. Lalu terjerumus di @steemit, yang kebetulan aku belum melihat tulisan orang dengan gaya suka-suka, semuanya nulis serius, bahasan berat, berbau dollar, bisnis. Fiiuuhh.

Apakah @steemit tidak diperuntukkan untuk para penulis pemula yang ingin mengembangkan tulisannya?

Kemudian di ingatkan oleh @bangmimi, ‘berikan kualitas terhadap apa yang kamu tulis’. Plok ... bener juga ya. Dimana pun media menulis, kualitas tetap menjadi point nomer satu yang harus di perhatikan. Kedua adalah jaringan pertemanan.

Sama seperti di blog multiply, wordpress, blogspot atau bloger dulu, kalau tulisan ‘tak berbunyi’, tak ada yang melirik. Jika tak pernah mempublikasikan tulisan atau blogwalking, maka tak ada yang akan berkunjung dan mengapresiasi. Sepertinya kedua prinsip dasar ini bisa aku terima.

Pada akhirnya, serumit apapun @steemit, tetap menjadi hal yang menarik. Aku melihatnya bagai ‘mainan baru’ yang menantang untuk di taklukan lalu di bongkar pasang 😆. Mungkin juga bisa dijadikan terapi dan pengalih kejenuhan ya mba@horazwiwik 😆.

Sort:  

semalam bandwidth saya anjlok sampai minus 6%.. ga bisa buat apa2.. upvote ga bisa, komen ga bisa, dll.. cuma bisa baca2 doank...

saya ga buat apa2, matikan komputer dan tidur.. paginya penuh lagi... hahaha....

untuk upvote, saya sarankan agar memakainya setiap hari sampai sisa 50%...

^^ mari saling bantu dengan saling follow, vote, dan resteem. ^^

Ooohh begitu ya. Brarti bukan juga karena vote for witnes itu ya. Hahahaa ...

Oke ... oke ... makasih sarannya bang.

Kasian juga sama pemain2 baru macam mba Icha ini hehehe. Lebih mudah kalau nanya langsung ke temn yg udah paham mba. Kemaren klo ga salah diajari sama teman kantor ya. Nah nanya langsung lebih gampang dimengerti. Soal bandwith itu, dulu sy juga bbrp ngalami. Saya diamin aja, istirahat dulu, besoknya dah sehat lg. Bagusnya klo masih awal, kita naikin steem power biar ada senjata biar kuat menghadapi kenyataan hahaha...steemit itu kayak main game, ada level2nya dan tips n triknya.

Yah mba jgn di kasihani lah. Emang terkesan konyol, tp namanya juga proses belajar mba. Kebetulan di kantor hanya saya yg pakai steemit. Yang lainnya ga suka sosmed. Kawan yg saya sebut tempo hari itu, mentor menulis saya. Dia pun hanya tau menulis, ketika sy tanya2 ini itu, dia pun gelap hahahaa.

Jd gpp, sy nulis ini pun sambil geli sendiri, nyadar kalo dibaca sama yg levelnya sudah kaya mba atau lebih tinggi pasti di ketawain. Hihi ...

Naikin steem power? Itu juga pertanyaan saya dari awal, tp blm nemu juga jawabannya ... hehee mba nulis ttg itulah biar saya baca n praktekin hahaa ...

O, gitu ya rupanya. Sy pikir kawan mba udah paham jd bs dimintai tolong. Eh saya kasian maksudnya bukan negatif kok mba, sy mrs org2 baru memang perlu pendampingan biar ga lost. Sy klo misalnya ga diajarin langsung juga pasti gelap kyk mba.

Ga ad yg ngetawain jg kok, paling jg senyum2 sendiri sebab dulu sy jg begitu hehehe...

Klo mau power up, waktu mau posting kan ada pilihan tuh rewardnya mau 50-50 atau power up. Nah pilih yg power up. Jd utk sementara memang kita ga akan bs menikmati duitnya (kalo niat dicairin), istilahnya puasa dulu krn duitnya dipakai buat beli 'senjata' 😂

Ya Allah yaa Robb ternyata disitu dia berada si 'power up' 😂😂😂
Udah pernah baca katanya kudu pilih power up tapi ya itu, ga nemu hahaha.

Alhamdulillah makasih banyak mba udah di unjukin.

Serunya punya 'mainan' yg sulit ya gini, nemu pemecahan 1 masalah ... giraaanngg bukan kepalang hahahaa ...

😁😁 Alhamdulillah, sy ikut seneeng.....

Steemit memang rumit. Terkadang menjengkelkan.

Rumitnya pake banget ya bung hehehe. Thx.