Membudayakan Diskusi Tentang Steem Blockchain pada Discord eSteem University

in #indonesia6 years ago (edited)

image

Sumber

Pernahkah sahabat eSteemian bertanya pada diri sendiri sudah berapa kali nimbrung dalam diskusi keilmuan selama hidup? Atau seberapa sering teman-teman melibatkan diri dalam sebuah diskusi? Bukan tanpa sebab, menurut sebuah artikel yang saya baca, membudayakan diskusi adalah sebuah jalan menjaga tingkat sadar dan fungsi nalar.

Diskusi, menurut hemat saya, layaknya pualam ilmu yang sangat bermanfaat untuk diikuti. Dalam diskusilah kedewasaan perlahan-lahan tumbuh. Tunas analisis muncul lalu berkecambah menjadi pucuk-pucuk objektif yang kelak menjadi modal kuat bagi seseorang untuk mengarungi peliknya kisah hidup.

Setidaknya dari diskusi lah kita bisa belajar bahwa tak selamanya argumen kita benar. Dari diskusi pula kita jadi tahu tak selamanya pendapat orang salah. Karena dalam diskusi yang saya tahu, setiap anggota diskusi berdiri sejajar. Tak ada kasta, tak juga ada gap sosial lainnya. Dulu, semasa kuliah saya cukup sering datang ke tempat diskusi. Meski hanya sebagai tim hore.


image

Sumber

Banyak hal yang bisa saya temukan selama mengikuti beberapa diskusi. Dari diskusilah saya bertemu dengan orang-orang yang kelak menjadi rekan berbagi cerita hingga saat ini. Diskusi pula yang membuat saya memiliki banyak teman untuk ngopi dan ngomong serius.

Menemukan teman, menurut saya, adalah pekerjaan yang lumayan berat. Tak semua orang bisa diajak ngomong tentang hal-hal yang ada di pikiran kita. Tak semua orang memiliki visi dan pandangan yang sama dengan kita. Tetapi dari diskusi, kemungkinan menemukan teman seide dan sepaham cukup sangat terbuka.

eSteem Discord sejujurnya sangat tepat dijadikan sebagai wadah diskusi. Selain sifatnya yang transparan dan universal, eSteem Discord juga menyediakan banyak topik untuk didiskusikan. Berbagai isu yang sedang hangat bisa dibicarakan di sini. Tak ada keraguan tentang itu.


image

Sumber

Maka dari itulah saya berpikir kalau kedepan kita membudayakan diskusi di Discord eSteem University akan sangat bermanfaat. Sama seperti percakapan di di WhatsApp Messenger, di Discord eSteem University juga bisa dimulai untuk berdiskusi. Misalnya, hari ini si A buat artikel tentang sains, besok lusa si B merasa kurang setuju dengan artikel si A sehingga ia membuat artikel sanggahan. Tentu dengan tujuan diskusi, bukan menjatuhkan.

Saya kira ini akan luar biasa jika terwujud di Platform eSteem. Namun tentu saja, semua itu tergantung pada masing-masing pribadi. Ini hanya sekedar pandangan saya dan jika ini bermanfaat, maka saya akan sangat senang.

Demikian.

Baca Kembali

eSteem Line

image

eSteem Line

Saya Mengundang anda semua Untuk Ikut dalam Forum Diskusi di Channel Discord

i4tvz4pdyl (1).png

Success in your own hands and use the application wisely

eSteem Line

[email protected]
IHomepageI IGithubI IYouTubeI ITelegramI

28m3yl1gfn.png

Posted Using eSteem
Meet the eSteem Family | Blog, Vote, Share and Get Paid. [email protected]

Sort:  

Ini postingan sangat berguna untuk mendapatkan ilmu dan mencari solusi terhadap apa saja di steem Blockchain..jadi harus kami sampaikan kpd Steemian lain.
Ya mohon maaf telat krn ibu2 memfokuskan pada tugas keibuannya sambilan belajar steem Blockchain sama pak @owner99.. hehe.
Thanks you very much for All.
Warm regards.. Sukses selalu kita semua.

Terima kasih bu, semoga tulisan diatas bermanfaat

Sangat indah, seandainya semua sosial media bermain diatas blockchain, sungguh enak dapat uang,,he he.

Hehehe... bertus raga kalau semua pakai blockchain

Saya sependapat dengan bg @owner99

Tapi bagaimana pendapat bg @owner apabila ingin berdiskusi dengan teman2 esteemian namun tidak cukup fasilitas untuk aplikasi discord, seperti di hp tapi ram nya terbatas dan laptop pun tidak ada. Apa harus ada grup whatsapp ? Atau bagaimana ? Supaya budaya komunikasi itu bisa mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari..

Prioritaskan, jika memang ada kemauan pasti jalan itu akan terlihat

Sependapat dengan bang @owner99. Dulu saat masih zaman awal ospek bermartabat, aaya pernah mendengar sentilan sang prof. "Ada banyak cara untuk bertumbuh saat jadi mahasiswa, kamu minum susu dan tarik selimut, atau berdiskusilah hingga habis jam tidurmu.” Dan saya mendapatkan hasil dari ajaran meniadakan jam tidur dengan diakusi panjang bersama leader @eu-id.

Posted using Partiko Android

Hahaha, bisa aja. Tidur harus diatur dengan waktu yang cukup, kesehatan utamakan.

Saya sangat kagum dengan postingan bg owner dan saya juga sangat terharu saat membaca nya.

Wow! Congrats to you on that well deserved 100% upvote! 😃❤️

Thank you my dear