Update: Mencari Sosok Presiden Seniman Aceh

in #indonesia6 years ago

Aku geli setelah membaca tulisan @bookrak. Ada benar, ada juga bohongnya. Tapi ia bukan pembohong, ia lelaki baik-baik yang kukenal beberapa tahun silam saat ia masih wara-wiri mencari berita. Ia kukenal sebagai wartawan yang bekerja untuk satu media terkemuka di Aceh. Kebetulan, saat itu aku juga sedang meliput, aktivitas kami sama, hanya beda media saja.

Tulisan @bookrak yang lagi sibuk mencari presiden baru di kalangan seniman, sebagai calon sih oke-oke saja, tapi soal kapasitas dan kwalitas, saya pikir sangat belum mumpuni dan harus lebih banyak menimba ilmu lagi. Karena terpenting untuk seorang presiden bukan pada soal selera, tapi kinerja. Saya sungguh tidak punya itu. Hidup saya sendiri saja sangat belum terurus, ini masalah besar bagi saya.

Menurut saya, tanpa bermaksud meremehkan ide @bookrak yang ia tuang dalam tulisannya, klik disini. Saya rasa Presiden Lempap alias @kitablempap adalah sosok yang sangat tepat menjabat Presiden Seniman di Aceh, karena energik dalam bekerja. Ia berpikir, temukan ide, besok langsung eksekusi. Sangat cepat, kayak mobil-mobil di film Fast Furious.

Kalau saat ini Presiden Lempap bermukim di di Yogyakarta, itu sungguh bukan suatu masalah besar. Hanya perlu selembar tiket pesawat untuk membawanya ke bumi Aceh. Dengan catatan, ia harus terlebih dahulu menanggalkan jabatannya sebagai Presiden Lempap di Bumi Keraton. Dikaji dari etika berpolitik pun sangat tidak sopan kalau ada tokoh yang rangkap jabatan.

Bicara soal kapasitas, Presiden Lempap pun bukan seniman kelas kaleng-kaleng. Pria asal Aceh Utara ini baru saja menyelesaikan studi bergelar Master Seni di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Artinya, dialah sosok yang selama ini @bookrak idam-idamkan untuk memimpin gerakan seni di Aceh. Yakin sekali aku, untuk membangun seni di Aceh, ia pasti akan siap sedia. Kalau perlu saya akan menulis surat resmi untuknya di dinding Steemit ini.

Dalam hal lain, secara pribadi, dibanding Presiden Lempap, saya masih gak ada apa-apanya. Walau umur saya lebih tua darinya, tapi secara ilmu saya harus menyebut ia guru. Beberapa kali saya berdiskusi dengan Presiden Lempap, saya selalu setuju dengan pemikiran briliannya. Sungguh salah kalau @bookrak, @acehpungo, @harock, @marxause, dan @teukumukhlis tidak segera merubah pilihannya.

Jangan sampai salah pilih lagi!. Sudah cukup pengalaman kita memilih presiden dan wakil rakyat yang tidak berkapasitas.

Soal masa jabatan Presiden Seni itu seumur hidup, saya setuju-setuju saja. Toh selama dia bisa bersikap baik, ramah, rajin menabung dan peduli sama seniman, kan tidak ada salahnya. Dari pada sebentar-sebentar ganti presiden, yang ada uang negara terkuras sia-sia untuk proses demokrasi yang tidak tuntas ini. Itu belum lagi ditambah dengan uang untuk dikorupsi.

Soal sosok @kitablempap yang saya usung sebagai calon Presiden Seniman di Aceh, itu jauh dari unsur kolusi, korupsi dan nepotisme, ini murni amatan objektif saya. Walau saya tidak pernah tidur sebantal dengannya, tidak juga makan sepiring berdua, atau bertamasya ke gunung dengannya, jujur saya sangat mengidolakan sosoknya untuk pulang demi tumbuh kembangnya gerakan seni Aceh yang sudah sangat membosankan.

Ujung-ujungnya, berharap saja semua pelaku seni mendapat pencerahan dan kemakmuran yang adil dan beradab setelah Presiden Lempap pulang ke tanah lahir dan secara aklamasi ditetapkan sebagai Presiden Seniman seumur hidup. Di akhir tulisan ini, saya minta maaf sedalam-dalamnya kepada Yth Presiden Lempap, Karen semua foto dalam tulisan saya download di Facebook tanpa sepengetahuan Sang Presiden.

Salam-salaman...
@pieasant

Sort:  

Pan Amroe cocok sebagai Presiden Tepi X, nyan hasil rapat perkumpulan kura-kura berjanggut malam kemarin.

Nyan Kana Mak Wi, hanjeut ya ganggu lee

Bola liar!

peu na peurlee timces?

Hhhhhh..that geupap, nyoe pasti efek #gantipresiden2019, lon rasa le yg beutoi dicerita le @bookrak, walaupun na padumboh dibalek, nyan pasti efek #gantiberita2019 sang..hhe

Saya sangat setuju dengan apa yang anda sampaikan,

Semoga Adun @kitablempap langaung mengabil sikap untuk terbang ke Aceh.