Baca Dulu, Baru Upvote, Baca Dech ! Dijamin Bermanfaat !

in #indonesia7 years ago

Selamat malam steemians...

DUA.jpg


Hehe, saya hanya bisa tersenyum ketika melihat postingan saya di Steemit tanpa ada yang meng Upvote atau bahkan tanpa ada komentar satupun. Saya tidak tau apa penyebabnya, apakaha karena tulisan saya yang tidak berkualitas atau mungkin tulisan saya seperti gado-gado, dimana dalam satu postingan terdapat banyak topik yang saya sampaikan, atau mungkin karena tagnya yang salah. Namun bagi saya itu bukanlah hal apa-apa dan tidak sedikitpun menurunkan semangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi dikomunitas ini. Saya tetap berkomitmen untuk tetap terus berada dalam komunitas ini hal itu sesuai dengan tujuan saya bergabung dikomunitas ini yang pernah saya sampaikan sebelum. Adapun tujuan saya bergabung steemit dapat Anda lihat di postingan berikut ini.

https://steemit.com/steemit/@ponpase/believe-me-this-is-the-reason-i-joined-steemit


Dalam postingan tersebut pada poin ketiga saya menyampaikan "tujuan saya bergabung steemit adalah untuk menambah ilmu, wawasan, informasi, serta edukasi", hal tersebut selanjutnya saya perjelaskan di poin keempat yang berbunyi "cara saya menamabah wawasan dikomunitas ini adalah dengan mencoba berkomunikasi dengan orang-orang luar di berbagai negara karena komunitas ini mampu menghubungkan kita dengan orang-orang hebat, dan berwawasan dibelahan dunia manapum'' . Itulah beberapa butir utama tujuan saya bergabung dikomunitas ini, Namun yang perlu Anda tau yang ingin saya sampaikan pada postingan kali ini bukanlah hal tentang postingan saya yang tidak memiliki vote. Apakah Anda ingin tau apa sebenarnya yang ingin saya bahas pada kesempatan ini ? Ya, saya yakin meski tidakk banyak yang ingin tau, saya rasa ada satu atau dua sahabat steemit tentunya yang ingin tau.

Satu hal yang membuat saya merasa lucu adalah ketika saya melihat beranda postingan saya tanpa ada orang yang membaca, hehe ternyata selain tidak ada yang mengupvote postingan saya juga jarang dibaca oleh para steemians, yah.. lagi-lagi saya tidak tau apa penyebabnya. Saya sempat mengintip juga beberapa postingan steemians lainnya yang bisa kita bilang mereka adalah master atau rajanya steemit dimana mereka memperoleh upvote yang sangat luar biasa, Amazing, big vote, setiap harinya mereka memperoleh upvote 20-30 Dolar dengan rata-rata Upvoternya sekitar 100-200 Steemians. Namun yang sangat disayangkan ternyata postingan tersebut tidak banyak orang yang membacanya alias tidak ada pengunjung hal itu terlihat pada kolom bawah postingan dengan lambang mata. Hal itu menunjukkan begitu malasnya kita dalam membaca atau masih rendahnya minat kita dalam membaca.

Sungguh disayangkan kita mengupvote namun lupa untuk mengintip ilmu yang dituliskan oleh para master tersebut, entah apa alasannya, saya rasa setiap orang mempunyai alasannya masing-masing atau bahkan mungkin pola perilaku dan cara yang berbeda-beda. Saya sangat sependapat dengan postingan steemians @aizulkamal dimana tulisan lengkapnya bisa Anda lihat di link berikut ini :


https://steemit.com/indonesia/@aizulkamal/pentingnya-membaca-the-importance-of-reading-201788t151545178z


Dalam tulisannya tersebut ia mengajak kita untuk gemar membaca dan menjelaskan beberapa hal penting atau manfaat dibalik membaca. Melihat dari postingan tersebut maka kali ini saya akan mencoba menjelaskan lebih rinci lagi beberapa manfaat dari membaca yang saya kutip dari beberapa buku Bahasa Indonesia, Psicholog, Komunikasi dan Edukasi. Dari beberapa buku yang saya baca tersebut saya merangkumnya dalam beberapa pokok penting, dan ini beberapa manfaat atau pentingnya membaca :

  1. Ada pepatah yang mengatakan "APA YANG KITA BACA SEKARANG, BEGITULAH KITA DI 20 TAHUN YANG AKAN DATANG", maksudnya adalah dengan membaca dapat membentuk kepribadian, karakter dan watak kita yang lebih bersifat rasional dan intelektual tinggi.

  2. Dengan gemar membaca dapat menjadikan kita termasuk orang-orang yang cerdas, berinovasi, meningkatkan daya kreativitas serta mempunyai imajinasi yang tinggi.

  3. Dengan membaca memberikan dampak yang sangat positif bagi kita, salah satunya yaitu meningkat kosa kata, para ilmuwan menjelaskan bahwa membaca dapat meningkatkan pengusaan kognitif, verbal serta pembendaharaan kosa kata, karena dengan membaca kita bisa mengetahui banyak kata dan frase yang sebelumnya tidak pernah kita dengar.

  4. Manfaat selanjutnya dari membaca adalah dapat membantu meningkatkan daya komunikatif kita yang baik, atau dengan kata lain memudahkan ketrampilan kita dalam berkomunikasi. Tidak kita pungkiri lagi bahwa orang komunikatif mereka cenderungnya adalah orang yang gemar membaca dimana mereka dapat menguasai beberapa kosa kata tingkat menengah keatas.

  5. Membaca dapat mencegah kepikunan, dengan kata lain dengan membaca dapat meningkat daya ingatan, penelitian telah membuktikan bahwa otak kita adalah memori yang apabila lama-lama kelamaan tidak digunakan dapat menghilangkan beberapa hal, maka dengan membaca akan melatih memori Anda karena pada saat membaca Anda akan mengingat beberapa plot dan hal-hal penting yang sebelumnya pernah Anda ketahui.

  6. Membaca adalah salah satu cara paling mudah untuk menambah wawasan, ilmu pengetahuan dan merupakan pondasi dasar untuk kita mempelajari berbagai disiplin ilmu atau bermacam-macam ilmu yang mungkin sebelumnya belum kita ketahui serta dapat mempraktekkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

  7. Menjadikan pribadi diri yang bijaksana, dengan membaca dapat membantu diri Anda menjadi orang yang bisa memahami setiap prespektif, dan argumentasi orang lain dimana Anda dapat secara bijak menanggapi setiap masalah yang ada.


Nah, itulah tujuh fungsi penting dari pada akibat kita gemar membaca dan akan berdampak positif pada diri kita, semoga postingan saya kali ini dapat bermanfaat bagi semua steemians. Lagi-lagi saya ingin menyampaikan SEBELUM UPVOTE ADAKALA BAIKNYA SAHABAT UNTUK TERLEBIH DAHULU MEMBACANYA. Apabila steemians merasa bermanfaat dengan postingan saya ini jangan lupa Resteem, Komentar dan Upvote, sampai jumpa dipostingan selanjutnya @ponpase .



STEEMIT.gif



Sort:  

Seharusnya tulisan seperti ini bisa mendapat apresiasi yang tinggi.
Informasinya yang saudara @ponpase sampaikan bisa memotivasi sahabat Steemian lainnya agar mau membaca lebih giat lagi.

Cara penulisan artikelnya juga lumayan rapi dan tata bahasanya pun sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mungkin ada beberapa faktor yang harus diperhatikan kembali, mengingat di Steemit ini kita tidak hanya sekedar menulis. Anda bisa mempelajarinya dengan memperbanyak membaca situasi dan perkembangan para Steemian yang telah lama bermain di platform ini.

Sedikit saran dari saya, belajarlah untuk membangun relasi dan kerjasama yang baik di Steemit ini, baik itu melalui platform ataupun dunia nyata. Anda sudah punya bakat di bidang menulis, pertahankan dan kembangkan bakat tersebut. Ditunggu karya selanjutnya dari @ponpase .

Saleum Rakan Steemit.

Hehe, terima kasih rekan @alvapurba17 atas sarannya... Akan saya coba, dan mungkin kita juga bisa saling bertukar informasi, terima kasih telah berkomentar, suatu penghargaan bagi saya saudara telah hadir dikolom komentar.

Rasanya tulisan ini termasuk bagus tidak ada kekurangan ,Terus menulis hingga mati
Share Gif:

Yuuup setuju, tapi gambar gif nya itu....he...he..! siip dah :)

iya juga sih, giftnya itu terasa aneh, hahaha, ntah apa yang dimaksud, terima kasih telah berkomentar, salam..

terima kasih telah berkomentar, senang bisa melihat Anda dikolom komentar !

terkadang menulis agar menjadi seperti mereka itu perlu proses bg ... yang penting tetap semangat dan jadilah penulis yang hebat

Haaha, terima kasih untuk sarannya ! good Luck, akan saya coba !

Nice

Terimong geunaseh abu, saleum aneuk Nanggrou, hahaah

Tetap semangat dalam berkarya...

Terima kasih atas dukungannya. Salam ..

Congratulations @ponpase! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

You published a post every day of the week

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

By upvoting this notification, you can help all Steemit users. Learn how here!

very nice post, thanks
deep.png

terima kasih, telah berkomentar...

Terima kasih sudah mengingatkan pentingnya membaca.

hehe, semoga Anda menikmati postingan ini !