Berhati-hatilah dengan penipuan via STEEMIT CHAT!

in #indonesia7 years ago (edited)

Selamat malam rekan steemit! Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, agar senantiasa dijauhkan dari orang-orang yang ingin merugikan kita. Amiiin!


source image
Pada postingan kali ini saya ingin berbagi cerita tentang kejadian yang baru saja saya alami tadi siang, sekitar jam 12 WIB.

Rekan steemit...
Saya ingin menghimbau kepada rekan steemit semua khususnya bagi para pemula agar berhati-hati dan lebih teliti dalam mengelola akun Steemit anda. Karena saat ini banyak sekali modus penipuan yang dilakukan dengan berbagai macam cara oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satu modus penipuan yang dilakukan adalah dengan cara menyamar menjadi orang besar (kurator) di platform Steemit.

Siang tadi, sekitar jam 12 siang ketika saya sedang sibuk chatting via steemit chat dengan sesama rekan steemit lainnya, tiba-tiba saya dikejutkan oleh bunyi notifikasi sebuah pesan masuk. Ketika saya mencoba membuka pesan tersebut, alangkah terkejutnya saya melihat sebuah pesan dari seorang master di platform Steemit. Pesan tersebut berasal dari seorang gavvet (palsu).



Pada awalnya, saya merasa sangat gembira membaca isi pesan dari si gavvet (palsu) ini. Bunyi pesan yang dikirimkan oleh gavvet palsu ini kurang lebih berbunyi;
"Halo kawan, apakah kamu menginginkan saya untuk meng-upvote postinganmu? Jika saya meng-upvote postinganmu 100% maka kamu akan mendapatkan 100 dolar, dan kamu akan dapat uang banyak. Saya akan meng-upvote satu postingan, maka kamu harus mengirimkan 7 sbd kepada saya. Jika kamu ingin saya meng-upvote lima postinganmu, maka kamu harus mengirim 20 sbd kepada saya, saya sedang berulang tahun hari ini, jadi saya ingin membagikan uang dari hasil upvote saya. Saya hanya mencari 5 orang yang beruntung. Jika kamu setuju, katakan iya".

Namun, setelah saya berpikir dua kali, menggunakan intelejensi yang saya miliki, heheee. Saya mulai sedikit ragu. Apakah mungkin seorang gavvet yang notabene adalah sebagai orang yang besar dan memiliki banyak penghasilan di platform Steemit meminta bayaran (upah) untuk sekali vote? Apakah itu wajar? Apakah tidak berlebihan? Apakah itu tidak menurunkan derajatnya sebagai seorang master di platform steemit?

Disela-sela kebingungan yang sedang melanda batin dan pikiran saya, tiba-tiba handphone saya berbunyi. Adalah @viqral, seorang teman sekaligus rekan sesama steemians mencoba menghubungi saya via WhatsApp. Ternyata rekan saya @viqral juga mendapatkan pesan singkat yang sama dari si gavvet (palsu) yang bunyinya sama persis seperti pesan yang dikirimkan kepada saya. Kebingungan yang saya rasakan perlahan mulai sedikit menghilang. Sekarang saya punya rekan untuk diajak Runding bersama.

Akhirnya, setelah hampir 15 menit berunding dengan @viqral via WhatsApp, kami memutuskan untuk tidak menerima ajakan maut dari si gavvet (palsu) ini. Kami juga menemukan kejanggalan dari akun Steemit Chat yang dimiliki oleh gavvet (palsu). Setelah saya memasukkan kata kunci "gavvet" di mesin pencari Steemit Chat, saya menemukan dua nama gavvet muncul di pencarian. Saya mencoba melakukan komunikasi dengan gavvet yang satunya lagi (gavvet asli). Setelah berkomunikasi dengan gavvet (asli), bisa dipastikan bahwa orang yang mengirimkan pesan singkat kepada saya dan @viqral adalah gavvet palsu (fake). Ini adalah modus dari orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin menguras steem dolar yang kita kumpulkan dengan susah payah. Dan kami juga menemukan beberapa perbedaan antara kedua nama akun tersebut. Semoga ini bisa membantu rekan steemit semua.



Kesimpulannya...
Dari kejadian yang saya dan @viqral alami siang tadi, saya harap ini bisa menjadi pelajaran bagi rekan steemit yang lain, khususnya bagi para pemula yang belum mengetahui seluk beluk kehidupan di platform Steemit, hehee.

Saya harap rekan steemit harus lebih jeli dan teliti dalam merespon segala jenis gerak-gerik atau tingkah yang mencurigakan dari orang-orang yang ingin merugikan kita, baik itu di platform Steemit maupun di kehidupan nyata. Semoga postingan ini memberi manfaat bagi rekan Steemit sekalian.

Salam Komunitas Steemit Indonesia!


@rejacole

Sort:  

sangat berbahaya modus yang dimainkan. apalagi kita pemula yang tidak pernah meendapatkan upvote banyak tentu akan berfikir bahawa ini adalah kesempatan yang mungkn tidak akan pernnah didapat lagi. kemudian ambil kesimpulan tanpa bertanya (karena chat pribadi) tekan tranfer langsung eksekusi sesuai permintaan @gavvet palsu tersebut sehingga mengakibatkan kerugian. terimakasih telah berbagi pengalamannya kawan. saya sangat berterima kasih atas adanya informasi in @rejacole

Sama-sama @nasrud.
Pada awalnya saya juga berpikir demikian. Tapi karena saya masih terlalu sayang sama sbd saya, makanya saya berpikir dua kali sebelum melakukan transfer. Ketelitian sangatlah penting.

Ya teman. Era ini jngan lagi terlalu percaya pada setiap informasi yang tudak jelas adanya. Sangat perlu keterhatian yang eksra agar tidak mudah masuk dalam jebakan setan bersuara iblis seperti itu.

Benar sekali kawan, terimakasih sudah menambahkan 👍🏻

Terima kasih sudah mengingatkan gure.
Ini informasi yang sangat berharga.
Semoga kedepannya kita lebih berhati2 lagi dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hehee... 😁
Sama-sama guru, menyoe na info penting bak guru pih bek tuwoe neu share keu kamoe 🤝

Informasi yang berguna, terimakasih teman

Iya sobat, sudah tugas kita untuk saling mengingatkan satu sama lain.
Terimakasih kembali 🤝

Terima kasih sudah saling mengingatkan bro😁

Iya kawan, sama2 😊

Terimakasih atas pencerahannya

Get, sama2 Tgk. Zul

postingan yang sangat berharga bagi saya @rejacole, 2 hari yang lalu saya juga pernah terjadi hal yang serupa, dan saya mengikuti petunjuknya, dan saya merasa sangat dirugikan.
terima kasih untuk infonya kawan

Sama-sama @rijalmahyud.
Semoga ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Saleum!

@rejacole

@rejacole got you a $1.24 @minnowbooster upgoat, nice!
@rejacole got you a $1.24 @minnowbooster upgoat, nice! (Image: pixabay.com)


Want a boost? Click here to read more!