Hargailah Sebuah Tulisan Karena Menulis Tidak Semudah Membaca [writing #7]

in #indonesia6 years ago

Salam Ramadhan Mubarak...
Malam ini sembari menikmati segelas kopi saya akan mencoba untuk menulis sesuatu tentang memberi kurasi terhadap sebuah tulisan di steemit. Sebelum terlalu jauh, saya ingin mengatakan bahwa tulisan ini tidak bermaksud untuk menghakimi siapapun tidak untuk menyindir siapapun terlebih lagi ini bulan puasa, bulan untuk menjaga hati bulan untuk introspeksi diri. Tulisan ini murni sebagai sebuah ajakan. Ajakan untuk menghargai sebuah tulisan di steemit melalui kurasi atau upvote.

Beberapa hari yang lalu saya sempat mengikuti sebuah tag baru karya anak bangsa, yaitu @garudakita namun saya tidak terlalu mendalami tentang tag tersebut barulah semalam saya sempatkan diri untuk memahami tag tersebut. Saya sangat terkesan dengan apa yang dilakukan oleh @the-garuda dengan hastag nya @garudakita. The-garuda akan mencari tulisan-tulisan bagus setiap harinya untuk dikurasi ada beberapa kategori postingan yang akan dipilih oleh the-garuda untuk dikurasi antara lain

  • Travel/Food
  • Art/Photography
  • Poetry
  • Free Writing
  • Video/Music Video
  • Gaming

Ini merupakan langkah sangat bagus untuk memotivasi para steemian tanah air untuk terus menciptakan konten-konten yang berkualitas setiap harinya.

oscar-3200050__480.jpg

Gambar Ilustrasi dari Pixabay (gratis)


Menulis merupakan hal yang tidak mudah. Saya tidak mengatakan ini terlalu sulit, tetapi menulis tetaplah lebih sulit daripada membaca. Oleh karena itu, saya mengajak semua orang dan saya sendiri tentunya untuk memberi sedikit penghargaan terhadap sebuah tulisan yang tentunya tulisan tersebut adalah sebuah tulisan yang berkualitas. Untuk menulis kita memerlukan ide tentang apa yang akan kita bahas, dalam menulis kita juga harus memperhatikan kaedah tulisan yang bagus serta tampilan tulisannya juga harus bagus untuk menarik perhatian para pembaca. Tidak jarang terkadang kita kehabisan ide dalam menulis sehingga harus mencari ide-ide baru yang berkualitas untuk kita sajikan kepada para pembaca. Kurangnya penghargaan dari para pembaca akan membuat sang empunya tulisan semakin kehilangan motivasi untuk menulis, maka tidak heran ketika kita melihat semakin banyak steemian yang berhenti untuk membuat tulisan. Berbicara tentang memberi kurasi, ini memang sedikit sulit karena memilih konten untuk dikurasi memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Itulah kenapa di awal tulisan ini saya menjelaskan bahwa tulisan ini bukanlah untuk menghakimi siapapun tetapi lebih tepatnya sebagai sebuah ajakan. Rendahnya Voting Power terkadang juga menjadi alasan tersendiri untuk terus memberi kurasi pada konten-konten yang menarik.

copy-space-3399521__480.jpg

Gambar Ilustrasi dari Pixabay (gratis)


Satu hal yang bisa saya sarankan untuk para penulis di steemit adalah jadilah seorang Steemian yang tegar yang tidak mudah menyerah terhadap keadaan. Jangan cengeng karena steemit adalah tempat untuk orang-orang yang memperjuangkan impiannya seperti yang kita ketahui bersama, yang namanya perjuangan tentulah tidak mudah butuh kesabaran dan perjuangan. Steemit bukanlah tempat untuk sukses secara instan, jadi jika mental anda tidak siap untuk berjuang maka anda akan semakin tersisihkan di dunia blockchain ini. Sebagai seorang penulis, tugas kita adalah membuat tulisan dan tentunya harus tulisan yabg menarik supaya menarik minat para pembaca. Jangan memaksakan diri untuk menulis ketika anda kehabisan ide karena itu akan menyiksa anda sendiri dan akan membuat anda depresi. Menulislah karena hobi jangan menulis karena mengharapkan kurasi. Biarkan para kurator melakukan tugasnya dan kita melakukan tugas kita sebagai penulis. Meskipun terkadang saya sendiri juga merasa terhakimi dengan keadaan yang terjadi di steemit ini karena beberapa tulisan yang saya posting tidak mendapat lirikan dari para pembaca. Ketika itu terjadi saya berusaha untuk menenanfkan hati dan pikiran saya dengan berpikir bahwa Steemit tidak pernah mengundang saya untuk berkecimpung di Platform nya melainkan saya sendiri yang berinisiatif untuk bergabung dan ketika saya sudah berada disini saya sudah siap dengan apapun yang akan menimpa saya termasuk tidak mendapatkan apa-apa meskipun sudah memberi yang terbaik (menurut saya).
man-2037255__480.jpg

Gambar Ilustrasi dari Pixabay (gratis)


Di akhir kata, saya ingin mengajak semua orang di steemit ini untuk memberikan penghargaan untuk para penulis sebisa anda tanpa harus memandang siapa mereka dan untuk para penulis, tetaplah menulis dengan keikhlasan bukn semata mengharap materi sebuah ucapan yang sang menginspirasi dari yang Mulya Buya Hamka

"Jika yang menyampaikan hanya lidah, maka yang mendengar hanya telinga, tapi ketika anda menyampaikan dengan hati, maka yang menangkap juga hati"
Salam @tfq86.

This post is submitted using https://busy.org/ thank to @fabien and busy team


THANK YOU FOR VISITING


DQmU3JPLMzrhhMWzDWiBqzsPGjUJVRx4mnmz1xcPd3eixLe_1680x8400.jpeg


https://discord.gg/

DQmQ8KXVkx7PjTmS2b8JwEModkPr8hC3o7Qg2z8uimMGmae.gif

https://discord.gg/MNhcDBW

Sort:  

Bener banget.. kadang kezel jga ni tulisan kita gk dihargai sama sekali ni. Sehaeusnya platform menyediakan robot yng berguna mengahargai karya tulis yg original dari sang penulis.

hahahah
sabar @azroel seorang penulis itu tidak pernah mengeluh ketika tulisan nya tidak dihargai, mungkin masih ada yang kurang dalam tulisan kita.

My great appreciation to you thought brothe @tfq86, indeed writing is not as easy as reading. but without reading we won't be able to write at all.

absolutely right @el-nailul a good writer born from good reader. thank you for your appreciation buddy.

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by tfq86 from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.