Pertualangan, Hobiku Yang Menantang

in #indonesia7 years ago

Halo Sahabat Steemit !!


Sebelum menulis panjang lebar mengenai pertualangan saya, ada kala baiknya saya menjelaskan tentang syarat apa yang harus dipenuhi dahulu sebelum melakukan kegiatan tersebut. Ilmu, ya.. itu merupakan hal terwajib yang harus kamu pelajari sebelum melakukan pertualangan, bukan ilmu yang kita dapatkan di sekolah, tentunya ilmu untuk bertahan hidup di Alam Bebas.

Ada beberapa ilmu yang menurut saya sangat penting dipelajari bagi yang suka berpertualangan, diantaranya :

  • Survival
  • Ilmu ini merupakan ilmu diurutan utama yang sangat penting untuk dikuasai oleh seorang petualang. Ilmu ini mempelajari tentang bagaimana bertahan hidup di Alam Bebas ketika keadaan kritis, contohnya ketika kita kehabisan air & makanan, dan kedinginan.
  • P3K ( Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan )
  • Pasti banyak yang sudah mengetahui tentang Ilmu yang satu ini. Ilmu yang dibutuhkan ketika terjadi kecelakan, contohnya : ketika kita digigit ular.
  • Navigasi
  • Navigasi merupakan ilmu yang mempelajari tentang Peta & Kompas, orang menguasai ilmu ini biasa disebut Navigator. Ilmu ini sagat penting bagi orang yang suka berpertualangan, ilmu ini yang menuntun mereka agar tau arah yang dituju dan arah jalan pulang.

    Dengan didasari oleh 3 ilmu tersebut InsyaAllah seorang petualang akan aman ketika berpertualangan.

    Bukan hanya menguasai ilmu saja, seorang petualang juga harus menjalankan kode etik, yang berbunyi :

    1. Tidak meninggalkan apapun, kecuali jejak.
    2. Tidak memotong apapun, kecuali waktu.
    3. Tidak mengambil apapun, kecuali gambar (memotret).

    Sebagai seorang yang hobi berpertualangan, saya tentunya harus menguasai ilmu-ilmu dan menjalankan kode etik tersebut.

    Setelah saya mempelajari ilmu-ilmu tersebut dan menjalani Pendidikan Dasar, berikut merupakan beberapa pertualangan saya.

    Air Terjun 7 Bidadari

    Pertualangan saya dimulai dari perjalanan saya ke Air Terjun 7 Bidadari yang berada di Aceh Utara. Tempat yang dulunya sangat alami ketika pertamanya kali saya berpertualangan dan masih sangat sedikit yang mengetahui tempat tersebut.


    Saya dan juga tim saya di ketika itu melakukan perjalanan malam, namun karena khawatir akan gangguan hewan liar kami dicegah oleh warga setempat. Dengan menjelaskan apa yang kami punya dan apa yang kami kuasai, akhirnya kami dibolehkan melanjutkan perjalanan kami.

    Gunung Burni Telong

    Pada pertualangan kali ini kami juga ingin melakukan pedakian malam, namun kembali dicegah oleh pemuda setempat. karena dianggap menyeleweng dari qanun yang sudah ditentukan oleh pemuda di desa setempat bahwasanya tidak diperbolehkan lagi pedakian ketika malam. Terpaksa kami harus menunggu pagi untuk melanjutkan pedakian.

    Gunung Bur Kelieten

    Pedakian ke gunung yang ini berbeda dengan pedakian biasanya, jika biasanya kami ingin mendaki ketika malam namun ketika mendaki ke gunung ini kami malah ingin mendaki ketika siang di karenakan kami ingin menikmati sunset di hutan pinus yang berada di lereng gunung tersebut. Dengan pemandangan sunset yang dihiasi oleh perpaduan antara matahari dan air di danau laut tawar.

    Ketika kami turun dari gunung tersebut, kami memutuskan untuk camping semalam di samping danau laut tawar.

    Kuala Parek

    Kuala Parek merupakan sungai yang berbetuk sangat indah yang berada di Aceh Tamiang, aceh. Ketika berpertualangan ke tempat ini kami menggunakan sepeda motor, walaupun perjalanan malam dan beberapa tragedi yang tidak ingin saya ceritakan kami tetap sampai ke tempat tujuan. Kami memutuskan untuk ngecamp disamping sungai tersebut sambil memancing ikan.


    Sekian cerita dari beberapa pertualangan saya, terima kasih sudah mengunjungi blog saya...
    Salam komunitas Steemit Indonesia...

    Sort:  

    Posting yang sangat bagus teman

    terimakasih @muna17

    Mantap bang. Sampai ke ujung ya tujuh bidadarinya hhehe

    hehe Alhamdulillah sampe ke situ @danarlutfi

    very nice and interesting post.
    The photo is one of the activities that I often do when I was in school, because I am very happy with the name of the challenge.
    Thank's

    you are welcome

    This post has received a 3.08 % upvote from @booster thanks to: @viqral.

    Pertualangan yang Hebat @viqral
    Teruslah BERKARYA..

    terima kasih @foarsyad.

    Ega ngajak ngajak ya

    diajak kemana mas @rabo ?

    jalan2 lah om @viqral

    itu punya dulu mas @rabo

    cerita yang sangat menarik
    sukses selalu bg viqral