[Internasional] Harun Yahya Di Mata Saya : Dari Penilaian Dahulu Hingga Penilaian Sekarang

Halo steemians semuanya...

Hari ini saya akan menulis tentang pendapat saya mengenai seorang penulis bernama asli Adnan Oktar yang memiliki nama pena Harun Yahya. Berbagai video dokumentasi dan buku-buku yang berhubungan dengan alam semesta beserta konspirasi yang dilakukan oleh Barat telah disebar ke seluruh penjuru dunia atas nama dirinya. Di bawah ini akan saya tuliskan mengenai pendapat pribadi saya mengenai sosok kreasionis Islam ini.

Latar Belakang

images (3).jpg

Beberapa hari yang lalu, saya melihat sebuah berita yang dilansir dari BBC.com yang menjelaskan bahwa Harun Yahya ditangkap oleh kepolisian Turki atas dugaan mendirikan organisasi penjahat, tindakan pelecehan seksual, dan melakukan penipuan. Sebelumnya, pada tahun 1999 Harun Yahya atau bernama asli Adnan Oktar ini juga ditangkap atas dugaan melakukan intimidasi, dan mendirikan organisasi terlarang namun penyelidikan atas kasusnya yang pertama ini dihentikan oleh kepolisian.

Setelah melihat berita tersebut, saya mencoba untuk menuliskan pendapat saya mengenai Adnan Oktar ini. Padahal, berbagai bukunya telah begitu terkenal dan videonya sudah bisa anda lihat di Youtube. Selain itu, saya melihat bahwa beliau ini mendirikan organisasi yang dimana rata-rata pengikutnya adalah orang-orang yang mapan dan berkecukupan.

Saya pun menuliskan pendapat menurut sudut pandang pribadi melalui dua sub judul, yaitu berdasarkan penilaian saya terdahulu saat masih SD tentang sosok Harun Yahya, dan penilaian sekarang setelah saya melihat berbagai foto-foto beliau sekarang.

Penilaian Dulu : Masa Kecil Saat Menonton Video Dokumenter Harun Yahya

_102475656_gettyimages-542341952.jpg

Saya dahulu bersekolah di salah satu sekolah swasta di kota Medan. Kebetulan, ada satu agenda pada saat bulan Ramadhan yaitu pesantren kilat. Saat pesantren kilat, pernah diperlihatkan salah satu video dokumenter dari Harun Yahya mengenai alam semesta dan juga penjelasan mengenai penciptaaan manusia berdasarkan Al-qur'an yang menjadi kitab suci saya selaku umat Islam.

Setelah menonton video tersebut, saya berkesimpulan bahwa Harun Yahya atau Adnan Oktar adalah seorang ilmuwan yang memperjuangkan agama dan meluruskan segala kesalahan-kesalahan pemikiran Barat seperti teori evolusi manusia yang dibuat oleh Charles Darwin yang menurut beliau merupakan salah satu landasan terbentuknya pemikiran terorisme zaman modern.

Beberapa tahun kemudian, saya pun tidak melanjutkan pencarian mengenai sosok Harun Yahya ini karena saya memiliki pandangan dan berprasangka baik bahwa Harun Yahya adalah orang yang benar dan ilmuwan yang terpandang. Terakhir kalinya, saya melihat Wikipedia bahwa Harun Yahya memiliki nama asli Adnan Oktar dan merupakan seorang kreasionis Islam.

Penilaian Sekarang : Realita dan Kenyataan Yang Tak Terbantahkan

_102475661_7743ef2e-78f1-4352-aa3a-8426399e87ec.jpg

Setelah saya berkuliah hingga saat ini, saya berusaha mencari wawasan-wawasan pengetahuan untuk dijadikan pegangan apabila nantinya ada diskusi dan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh orang lain. Sempat berpikir untuk akhirnya melanjutkan pencarian mengenai sosok Adnan Oktar ini, sampai akhirnya saya teringat dan penasaran tentang apa itu kreasionis Islam dan hubungannya dengan buku-buku yang ia buat selama hidupnya.

Ajaran kreasionis atau kreasionisme menurut Wikipedia adalah ajaran dari agama Abrahamik dimana segala bentuk penciptaan alam semesta memiliki asal-usul ajaib yang dihasilkan oleh Tuhan. Kepercayaan ini dianut oleh Adnan Oktar yang dibuktikan dengan buku-bukunya yang berhubungan dengan alam semesta seperti Atlas Penciptaan, Runtuhnya Teori Evolusi, dan sebagainya.

Sampai pada hari ini, saya melihat suatu berita tentang penangkapan Harun Yahya yang dimuat di berbagai berita di seluruh dunia. Saya pun membaca salah satu saluran berita BBC yang mengatakan bahwa Harun Yahya atau Adnan Oktar ditangkap oleh kepolisian di Turki atas dugaan pendirian organisasi jahat, tindakan pelecehan seksual, dan melakukan penipuan.

Hal ini menunjukkan bahwa saya pribadi mengetahui bahwa Harun Yahya bukanlah seorang ilmuwan yang saya kenal semasa kecil dahulu. Bahkan, saya melihat foto bersama pemuka Yahudi yang jelas merupakan musuh bagi setiap orang. Bahkan, ia mendirikan organisasi yang berisi orang-orang yang mapan dan menyimpang dari ajaran agama.

Kesimpulan

Dari dua perbandingan mengenai penilaian saya dulu dan sekarang, saya berkesimpulan bahwa jangan mengenal seseorang hanya dari kulit luarnya saja. Anda perlu juga melihat segala hal-hal mengenai seseorang secara lengkap baik pemahaman dan kebiasaan lainnya agar di kemudian hari anda tidak kecewa. Kemudian, terkadang kita perlu memperluas wawasan kita untuk akhirnya bisa melihat dan berpendapat dengan benar mengenai kejadian-kejadian yang terjadi baik di masa lalu maupun sekarang.

Mengenai sosok Adnan Oktar ini, saya berpikir perlu juga untuk akhirnya memperluas jangkauan pengetahuan secara lengkap dan benar agar ketika nantinya saya menulis kedepannya, ada landasan kuat yang bisa menghancurkan teori-teori yang menyimpang dari kebenaran.

Itu saja yang saya tuliskan di sini pada hari ini. Terlebih dahulu, saya katakan bahwa ini hanyalah pendapat pribadi dari saya sendiri. Kalaupun ada yang merasa berbeda pemahaman, bisa dikritik dan diberikan saran kepada saya melalui kolom komentar di bawah ini. Mudah-mudahan tulisan saya ini bisa bermanfaat buat kalian, steemians semuanya.

Referensi :

1. BBC.com
2. Wikipedia : Harun Yahya
3. Blog MSC-Muin
4. Wikpedia : Kreasionisme

@akbarsaladin36