Mencerdasi Steemit Dengan Hati

Sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri saya, saya adalah seorang dokter umum di sebuah puskesmas di Aceh Utara. Beberapa saat sebelumnya saya sering mendengar cerita tentang steemit dari salah seorang perawat di puskesmas yang paling dekat dengan saya yaitu @azwargolden, tetapi saya tidak terlalu peduli. " Apa itu Steemit ? ". Kesan dari cerita yang saya dengarkan hanyalah sebuah media sosial baru yang seperti gabungan dari facebook, twitter, instagram, youtube dan lain-lain yang juga digabungkan dengan bitcoin, jadi hanya sekedar postingan untuk mencari uang, begitulah pikir saya.

IMG20180308212442.jpg
Saat mendengarkan cerita tentang steemit dari @azwargolden

Setelah sekian lama ( lebih kurang satu bulan ), saya mendengar cerita steemit dari @azwargolden, Suatu hari saya pergi ke UGD (Unit Gawat Darurat), ternyata disana telah berkumpul beberapa perawat UGD lainnya, yaitu @Syahrullah, @danysumatra, @aldian dan juga @azwargolden.Dan mereka sedang membicarakan tentang steemit, jadilah saya hanya seorang pendengar budiman. Dari cerita tersebut, saya jadi mulai tertarik, dan mulai mencari tau apa sebenarnya steemit itu, yang akhirnya saya membuat kesimpulan bahwa

Steemit adalah sebuah media sosial yang sangat lengkap meliputi facebook, twitter, instagram, youtube dan lain-lain yang sangat menguntungkan bagi penggunanya. Selain bisa menyalurkan hobi, mencari kawan-kawan baru yang berasal dari dunia maya ke dunia nyata (karena ada komunitasnya), juga menghasilkan keuntungan finansial. Selama postingan yang kita lakukan bukan merupakan plagiat, bukan penghinaan terhadap orang lain, bukan SARA (atau lain-lain yang merupakan kejahatan dunia maya).

Sumber (secure) :
https://steemit.com/indonesia/@bukuelah/konsep-pengembangan-steemit-cdc938a15f7e4, dan https://steemit.com/writing/@loker-aceh/konsep-dasar-steemit-yang-perlu-diketahui
IMG20180308150409.jpg
Lebih banyak mendengar cerita tentang steemit dari perawat di puskesmas @azwargolden, @danysumatra, @syahrullah dan @aldian

Ibarat kata, "Serahkanlah sesuatu pada ahlinya", akhirnya untuk mengetahui lebih dalam tentang steemit, saya pun menemui sahabat seperjuangan saat saya kuliah dulu @razack-pulo, yang telah menggeluti dunia steemit cukup lama. Di kota juang (Bireun) itu juga saya bertemu salah seorang pakar steemit (calon steemit ambassador) @bahagia-arbi dengan ditemani sahabat saya @azwar golden. Banyak sekali informasi yang saya dapatkan tentang steemit, dari kedua pakar steemit yang berasal dari Bireun ini. Contohnya saja

Bagaimana memposting yang baik, yaitu dengan cara sebuah postingan haruslah berasal dari keinginan kita (dari hati dan hobi) yang mengikuti perkembangan saat ini, juga cara pemilihan judul haruslah menarik, kita juga sebaiknya menambahkan foto pada postingan agar kelihatan lebih menarik, ditambah lagi kita harus memilih tag yang tepat untuk memposting hasil karya kita, dan juga kita sebaiknya bergabung ke komunitas yang sesuai (hobi dan postingan) dengan kita, juga perbanyaklah memberikan komentar yang baik, yang berguna dan sesuai terhadap hasil postingan orang lain, sebaiknya juga kita memberikan postingan jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak (sekiatar 2-4 postingan dalam sehari).

Saya juga belajar tentang

Steem Dolar (SBD) dan Steem yaitu mata uang digital yang digunakan dalam steemit. Juga tentang Steem Power yaitu kekuatan kita dalam memberikan suatu vote (makin besar steem power kita, maka makin banyak SBD yang dihasilkan dalam suatu vote). Mereka juga tidak lupa memberikan tahukan tentang voting power yaitu waktu yang dibutuhkan untuk memberikan hasil yang maksimal dalam suatu vote (makin tinggi voting power kita, maka makin banyak SBD yang dihasilkan), dan voting power ini akan bertambah seiring berjalannya waktu (maksimal 100% dan akan semakin berkurang bila kita melakukan vote kepada orang lain).

Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga untuk kedua pakar steemit dari Bireun ini.
Sumber (secure) :
https://steemian.blogspot.co.id/2017/08/steemit.html
https://steemit.com/steemit/@agus-maulana/harus-kamu-ketahui-ini-lah-konsep-dasar-menulis-di-steemit-agar-banyak-menjaring-vote-dari-orang-orang
https://steemit.com/writing/@loker-aceh/konsep-dasar-steemit-yang-perlu-diketahui

IMG-20180308-WA0009.jpg
Belajar steemit dari ahli di kota Bireun @razack-pulo dan @bahagia-arbi ditemani oleh @azwargolden

Dan akhirnya setelah pulang dari Bireun, kesimpulan saya para pengguna steemit (steemians) bisa dibagi beberapa komunitas besar, antara lain :

  1. Para investor, yaitu orang-orang yang menginvestasikan uangnya dengan membeli Steem Dolar pada saat harganya murah dan menjualnya saat harga mahal
  2. Para pencari SBD, biasanya orang-orang seperti ini memiliki banyak akun, supaya dapat membuat banyak postingan dan menghasilkan lebih banyak SBD dari postingan tersebut (untuk membantu finansial mereka)
  3. Penyalur hobi, ada yang hobinya menulis maka dia akan mebuat postingan tentang tulisan, puisi, cerita dan lain-lain. Ada yang hobi travelling, maka dia akan memposting tentang perjalanannya, bila hobinya seni maka dia akan bercerita tentang seni. Bila hobinya photografi, maka dia akan memposting foto-foto yang difotonya (yang pastinya semua hobi akan tersalurkan karena banyak "tag" tentang hobi anda)
  4. Pencari kawan, mengikuti steemit biar banyak kawan untuk direalisasikan di dunia nyata, biasanya orang seperti ini akan mengikuti komunitas-komunitas.
    5.Orang-orang yang ingin menunjukkan eksistensi diri, biasanya orang-orang seperti ini akan memposting kegiatannya sehari-hari.
  5. Frelance, yaitu orang-orang yang hanya ingin menikmati steemit tanpa ikatan apapun, hanya memposting sesukanya, kapan sempat dan tidak mempedulikan tentang SBD.

Jadi apapun itu, apapun kita, marilah kita menikmati seperti apa yang kita inginkan. "Enjoy your life", "Enjoy your steemit"

Sort:  

Bereh doto

terimakasih.. :)

Mantap kali pak doto 😀😀

alhamdulillah, semua ini bisa diwujudkan berkat bimbingan @razack-pulo
mudah-mudahan arahan dan bimbingannya dapat terus dilanjutkan.
terima kasih..

Mantap 💯 % upvote walaupun cuma ,,💨💨💨

Terima kasih bang, ga da masalah dgn upvote, yg penting dukungannya

👍👍💪💪💪

Dok, edit posting, di tag masukan introduceyourself,