Mengenal Jati Diri Orang Aceh

in #lfe7 years ago

image
www.lensaterkini.web.id/2016/03/5-alasan-orang-aceh-banyak-yang-tidak.html?m=1

Selamat sore sahabat steemit,di kesempatan sore hari ini saya ingin membagikan sedikit cerita tentang karakter orang aceh pada umumnya, di sini saya bukan maksut ingin membandingkan suku aceh dengan suku yang laen,namun hanya sekedar bercerita tentang jati diri orang aceh itu unik untuk di ketahui.
So aceh adalah nama sebuah suku penduduk asli yang mendiami wilayah pesisir dan sebagian pedalaman propinsi aceh,indonesia.Suku Aceh mayoritas beragama islam Suku.Bahasa yang dituturkan adalah bahasa aceh yang merupakan bagian dari rumpun bahasa melayu-polinesia barat dan berkerabat dekat dengan bahasa cham yang dipertuturkan di vietnam dankamboja.Suku Aceh sesungguhnyamerupakan keturunan berbagai suku, kaum, dan bangsa yang menetap di tanah Aceh Pengikatkesatuan budaya suku Aceh terutama ialah dalam bahasa, agama, dan adat khas Aceh.

Kalau ditanya bagaimana orang Aceh? Senouck Hurgronje Punya pendapat begini: Aceh adalah sebuah negeri yang sudah tua, rakyatnya keras, dan fanatic terhadap Islam. Pendapat Senouck ini bukan tidak beralasan. Selama bertahun-tahun penasehat pemerintah Hindia Belanda ini mengkaji masalah Aceh, akhirnya Senouck Hurgronje berkesimpulan bahwa masyarakat Aceh adalah masyarakat yang “heroiks”, mereka patut dibanggakan atas keberanian dan kegigihannya melawan kaum penjajah.
Kelembutan sifat orang Aceh ini tercermin dalam setiap tutur kata yang lemah-lembut dan penuh seni. Sehingga jangan heran, kalau masyarakat Aceh memiliki kekayaan sastra yang sangat tinggi nilainya. Sama seperti tingginya nilai sastra Arab yang dikembangkan kaum Badui di Jazirah Arab.

Pada dasarnya, masyarakat Aceh memang memiliki kelembutan sifat yang terpuji. Meski berwatak keras, tapi memiliki sifat yang sangat ramah. Keramah-tamahan sifat orang Aceh ini selain tercermin dalam bahasanya (baca hikayat Aceh) juga terlihat dalam sifatnya keramahannya dalam memuliakan tamu. Orang Aceh sangat menghargai dan memuliakan setiap orang luar yang datang berkunjung ke derehanya.
image
https://www.nahimunkar.com/menikah-orang-aceh-digaji-sejuta-tiap-bulan-secara-cuma-cuma/

Memuliakan tamu (pendatang) bagi orang Aceh adalah suatu kewajiban yang diyakini sebagai anjuran dari ajaran agama yang dianutnya, itu ajaran agama Islam. Karena ajaran Islam mengamanahkan, apa bila datang tamu pada saat kita sedang makan, dan makanan lain tidak tersedia. Maka makanan yang sedang dimakan itu harus dibagi kepada tamu yang datang. Anjuran agama ini sangat dipegang teguh oleh orang Aceh. Karenanya jangan heran, bila Anda datang ke kampung-kampung di Aceh, Anda pasti akan disungguhkan sesuatu makanan sebagai tanda mulia orang Aceh pada tamunya.

Selain itu, orang Aceh juga memiliki sifat toleransi sosial yang sangat tinggi. Hal ini tercermin dalam sifat tolong-menolong antar sesama. Baik dalam bentuk yang bersifat material, maupun dalam bentuk fisik (pikiran) dan ternaga. Sehingga bila ada musibah atau kemalangan yang dialami oleh seorang warga masyarakat di Aceh, maka warga lainnya datang beramai-beramai membatu warga yang terkena musiabah atau kemalangannya.

Yang menariknya lagi dari sifat orang Aceh adalah mereka sangat mudah memaafkan kesalahan orang lain, dan sangat mudah diajak berdamai dalam menyelesaikan setiap persoalan (konflik) yang terjadi, baik antar sesama warga maupun dengan orang lain. Hal ini dapat dilihat dalam budaya sayam yang dianut oleh orang Aceh.

Dalam budaya Sayam orang Aceh jelas sekali terlihat bagaimana sifat rasa pemaaf orang Aceh yang luar biasa terhadap kesalahan orang lain. Meskipun kesalahan orang yang dilakukan terhadapnya hingga membawa kehilangan nyawa. Namun bagi orang Aceh kesalahan orang tersebut masih bisa dimaafkan dengan cara damai melalui budaya Sayam yang dianutnya, dan setelah itu mereka tidak lagi menaruh dendam dan dengki terhadap kesalahan orang yang telah dimaafkan.
Di sini juga saya akan membagikan beberapa foto wajah-wajah orang aceh,yang rupawan yang saya ambil dari satu sumber yang sama yaitu dari sumber:
www.acehpol.com/2016/06/ini-yang-membedakan-wajah-rupawan-orang.html?m=1

image

image

image

image

image
(yang ini bukanlah artis ini foto saya sendiri 😃😃😃)

image

Sort:  

Hi! I am a robot. I just upvoted you! I found similar content that readers might be interested in:
http://www.tribunbarat.com/2016/11/belanda-mengakui-perang-yang-paling.html

Good post @marthunis227
Salam dari Tuyet @moersal

Thank @moersal, salam kenal juga

Congratulations @marthunis227! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the total payout received
Award for the number of posts published

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

By upvoting this notification, you can help all Steemit users. Learn how here!

Postingan yang bagus kawan, saya sangat senang bisa melihat postingan Anda. Saya mencoba menyimak dengan baik dan berharap bisa mendapatkan sesuatu yang berarti. Akhirnya sesudah melihat sampai akhir saya menemukan informasi, pengetahuan dan pengalaman terbaru melalui postingan anda.

saya berharap kita akan terus bisa berkomunikasi dan bertukar informasi melalui media ini. saya mencoba untuk mengikuti dan mensupport untuk upvote anda meski SP saya terbilang masih lemah, Namun perlahan-lahan saya mencoba untuk meningkatkan itu, saya merupakan pendatang baru di Steemit dan baru bergabung pada 1 Agustus lalu, meskipun baru terbilang pengguna baru, sekarang rating saya sudah di posisi 47, bagaimana itu bisa terjadi ? saya punya trik dan cara tersendiri yang sudah saya pelajari sebelumnya pada saat mengelola sebuah website pribadi, yang disebut dengan SEO. Saya tidak bermaksud untuk mempromosikan diri, saya hanya ingin sedikit berbagi dan merasa senang jika anda ,menghargai itu, mohon maaf bila sudah hadir dikolom komentar anda, senang bisa berkenalan dengan Anda, saya harap ini akan berkelanjutan, terimakasih.

saya punya postingan terbaru yang mungkin bisa anda simak untuk menambah wawasan dan informasi Anda. Selamat menikmati !

https://steemit.com/indonesia/@ponpase/tradisi-unik-ini-sudah-ada-sejak-kesultanan-raja-aceh-there-is-a-unique-celebration-in-aceh-2017830t03417487z

Terimakasih bg @ponpase ats komentrnya, saya juga tertarik dengan penjelan anda,
Salam kenal dari saya,semoga kita dapat berbagi informsi

Terima kasih atas respon baliknya !