Sebuah Perkenalan Kembali, dan Arti Literasi

in #literasi6 years ago

Sampurasun,
Hai teman-teman steemit, saya ingin memperkenalkan kembali saya di steemit ini. Nama saya Haidar dan sudah membuat akun steemit sekitar tiga bulan yang lalu, namun sudah hampir dua bulan saya tidak memposting di steemit. Karenanya saya perkenalkan kembali diri saya pada teman-teman semua. Selama dua bulan ini banyak kegiatan yang mengharuskan saya pulang malam, bahkan tidak pulang sama sekali hingga menginap. Kegiatan organisasi kampus mulai dari Pengukuhan Anggota Baru Keluarga Mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi UPI sampai kegiatan akademik dan lomba Klasifikasi dan Katalogisasi bahan pustaka menjadi sebab saya sulit membagi waktu. Semoga mulai saat ini saya lebih mahir meluangkan waktu untuk menulis.

Banyak sekali kegiatan yang terekam dalam memori saya selama dua bulan ini, namun dari semua itu ada satu yang paling sering teringat dalam ingatan. Kegiatan itu adalah User Education yang diseleggarakan oleh saya dan teman-teman mahasiswa Perpustakaan dan Sains Informasi angkatan 2016. Kegiatan user education atau pendidikan pemustaka adalah kegiatan yang biasanya dilakukan pustakawan pada pengguna sumber daya perpustakaan, atau yang biasa disebut pemustaka, untuk mendidik, melatih, atau mensosialisasikan cara memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada di perpustakaan. Kegiatan pendidikan pemustaka yang kami lakukan sebagai mahasiswa diselenggarakan dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah literasi informasi. Dalam kegiatan ini kami mengundang himpunan lain untuk menjadi peserta, dengan fokus pendidikan pada pemaparan arti literasi informasi dan pelatihan penggunaan e-journal.

Kegiatan ini sangat tersimpan baik dalam memori saya karena ada hal penting yang saya sadari setelah saya memaparkan materi literasi informasi. Saat itu saya sedang menjelaskan arti literate yang dikemukakan dalam salah satu karya Lanning pada tahun 2012. Setelah itu saya teringat betapa marak dan antusiasnya Indonesia saat ini dalam hal-hal yang sering disebut dengan "literasi". Saya pun termenung kembali sejenak, memikirkan apa arti sesungguhnya dari literasi. Lebih dari itu, mungkin saya mencari-cari makna dari "literasi". Jika kita merujuk pada KBBI daring Kemdikbud ada dua arti literasi yang dapat kita temukan. Pertama, literasi berarti kemampuan membaca dan menulis. Kedua, literasi berarti pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu. Literasi dengan arti pertama akan mudah kita temukan terutama dengan adanya program GLS atau Gerakan Literasi Sekolah. Lalu bagaimana dengan arti literasi yang kedua?

Sekitar dua atau tiga bulan yang lalu, saya tidak ingat tepatnya, saya menemukan sebuah kegiatan yang berjudul literasi Islam. Kegiatan inilah yang mungkin dapat dikategorikan kedalam arti literasi kedua. Lalu apa arti dari literasi Islam itu sendiri? Dengan berdasar pada KBBI daring Kemdikbud, kita dapat mengartikan literasi Islam sebagai pengetahuan tentang Keislaman atau keterampilan untuk mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam. Kurang lebih begitulah memahami literasi yang disandangkan atau dipasangkan dengan bidang atau kegiatan Keislaman. Teman-teman dapat memahami juga literasi yang bepasangan dengan bidang atau kegiatan lain seperti literasi media, literasi teknologi, atau literasi Pancasila. Dengan begitu kita tahu bahwa literasi tidak harus selalu tentang membaca dan menulis saja.

Mungkin ini dulu saja tentang literasi, di posting mendatang saya ingin berbagi pengetahuan saya yang sedikit tentang literasi, informasi, dan literasi informasi. Hatur nuhun...

Sort:  

Salam kenal, A Haidar. Ditunggu postingan literasinya.

Salam kenal juga A Ocit. Siap, segera

Semangat yah!

Siap bu, hatur nuhun

Selamat datang kembali @muhammadhaidar , salam kenal.

terima kasih kang @ekonugraha, salam kenal juga.

Selamat bergabung di Steemit. Semoga bisa meraih sukses.

Terima kasih. Amiin, semoga sukses bersama-sama

Welcome, salam kenal salam lasak :)

terima kasih, salam kenal juga, salam Literasi

Selamat datang di steemit, banyak hal baru yang akan dapatkan disini dan juga anda bisa membagikan hal baru yang belum diketahui oleh orang lain. Salam kenal dari saya @teukukhaidir

Terima kasih banyak, semoga saya bisa memanfaatkannya dan semoga yang saya berikan juga dapat bermanfaat. Salam kenal juga dari saya @muhammadhaidar

Selamat datang kembali.
Nikmati prosesnya.

Terima kasih. Siap kang

Hallo @muhammadhaidar, apa kabar? Kami upvote yaa.. ;-]

Hai @puncakbukit, sedang berusaha meningkatkan keterampilan bagi-bagi waktu hehe. Terima kasih upvotenya

Terimakasih informasi mengenai literasi. Salam kenal @muhammadhaidar. Ditunggu postingan selanjut :)

Terima kasih kembali. Salam kenal juga @cicisw. Siap segera.. :)

Salam kenal Bang @muhammadhaidar
Ulasan yg menarik tentang Literasi.

kami menunggu karya2 Anda berikutnya.

Salam hangat dari #taiwan,
sudah saya Follow dan vote yah😊

Salam kenal juga teh @ettydiallova. Ngga usah pake Bang, hehe.. Haidar saja cukup.

Terima kasih, semoga bisa jadi bahan diskusi.
Salam hangat juga dari Gerlong, Bandung.

Sudah saya follow juga :)