Perjalanan Panjang Menuju Masa Depan Setelah Acara 1st KSI National Meet Up ( Bagian 1)

in #meetup6 years ago (edited)

Ketika acara 1st KSI National Meet Up ini muncul di dalam benak, terbayang masa depan cerah ceria bagi masa depan dan kehidupan yang lebih baik. Bukan hanya bagi para Steemian tetapi juga bagi negeri tercinta Indonesia dan semua penduduk di bumi ini. Seperti yang menjadi tema dalam acara tersebut, yaitu HOPE, di mana ada banyak harapan yang bisa terwujud bila kita semua mau bersatu padu dan bekerjasama lewat karya yang benar tulus dan ikhlas dibuat bagi perubahan yang lebih baik.

IMG_20180217_171658.jpg

Selepas acara 1st KSI National Meet Up, esok harinya, sebagian Steemian yang hadir pergi berjalan-jalan menikmati Bandung dan kota sekitarnya. Ada juga yang panik belanja dan heboh sendiri karena memang harga barang-barang di Bandung cenderung lebih murah dengan kualitas yang bisa bersaing. Tak sedikit yang saya sarankan untuk segera pergi ke bioskop dan menonton, maklum apalagi di Aceh, bioskop tidak ada. Biarlah semua mengerti dan paham bagaimana nikmatnya menonton di bioskop tanpa ada kemaksiatan pun yang terjadi.

Saya mengajak anak muda dari @apache13 dan @kanotbu, juga kurator Indonesia @aiqabrago yang tertinggal rombongan, berkeliling untuk menikmati kebebasan dalam berkarya di Bandung. Kota Bandung dan sekitarnya memang dipenuhi dengan ruang yang terisi oleh karya seni dalam berbagai bentuk. Bukan hanya lukisan, patung, musik saja, tetapi bahkan sampai gedung, menu makanan, penyajian makanan dan minuman pun dijadikan sarana untuk berekspresi karya seni. Di mana-mana ada banyak tempat terbuka yang membuat semua pecinta seni bisa bernafas lega dan merasakan getaran cinta dari setiap karya yang ada di sana.

Pertama, saya mengajak mereka ke Warung Pojok, sebuah café kecil di taman dan pinggir sungai yang hanya berjarak sekitar 100 m dari rumah saya. Semua bangunan dari café ini terbuat dari barang recycle, sementara taman yang ada dibuat hijau dan dipenuhi bunga. Tak heran bila kemudian semua yang diajak sangat menikmati tempat mungil yang cantik dan asri ini, ada banyak sekali ide dan inspirasi yang bisa didapatkan, terutama bagi mereka yang berpikiran dan berhati luas dalam menerima dan menciptakan karya.

IMG-20180220-WA0033.jpg

IMG-20180220-WA0041.jpg
Foto oleh @realfahd

Setelah itu saya mengajak mereka ke Sapu Lidi di daerah Cihideung, sebuah tempat makan dan villa di tengah sawah dan tepian danau buatan. Semua yang ada di sana juga adalah hasil dari karya cipta pemiliknya, yaitu Bob Doank, seorang kawan lama yang memang sangat kreatif sekali. Di sana semua bisa melihat bagaimana sesungguhnya seni itu begitu dengan dengan alam dan semesta, sehingga seharusnya kita semua bisa bersyukur dan menciptakan lebih banyak lagi hasil karya seni. Karya seni itu sendiri memang adalah bukti peradaban, yang tentunya tidak pantas untuk disepelekan. Rasa itu bisa tumbuh dengan berkesenian, dan adab itu bisa ada bila orang mampu menghasilkan karya dengan hati yang dipenuhi cinta serta keikhlasan.

IMG-20180220-WA0070.jpg

IMG-20180220-WA0048.jpg
Foto oleh : @realfahd

Kami masih kemudian lanjut ke Imah Seniman. Tempat ini juga dibangun oleh Bob Doank, yang memang menjadikan setiap restaurant dan penginapannya sebagai ekspresi dari seni instalasi dan berbagai gabungan karya seni lainnya. Tempat ini berada di tengah hutan yang tidak jauh dari kota. Segala yang ada di sana juga recycle dan dibuat sedemikian rupa, sehingga tidak ada yang luput dari sentuhan cinta karya seni. Semua yang datang, terutama pecinta seni pasti sangat menikmatinya.

IMG_20180217_181745.jpg

Malam harinya, kami tetap terus melanjutkan perjalanan. Jujur saja, saya kalau diajak belanja atau ke tempat wisata yang ramai sakit kepala! Kalau pergi ke tempat tenang atau tempat seni, saya pasti mau! Jadi maklum jika saya hanya mengajak mereka yang saya pikir mau menikmatinya, kalau tidak suka, pasti sangat bosan jalan-jalan dengan saya. Malam itu gantian @aiqabrago dan @kanotbu yang tinggal dan bang @rismanrachman ikut dengan kami. Kami pun kemudian meluncur ke Café Panas Dalam dan berjumpa dengan Pidi Baiq, penulis “Dilan”, yang juga idola dari kepala suku @apache13.

Ada banyak sekali cerita yang disampaikan oleh Pidi Baiq kepada kami, dan tentunya membuat pikiran ini semakin liar dan nyali semakin bersemangat untuk menggapai masa depan dan kehidupan yang lebih baik. Di sana juga bisa menjadi bukti bagaimana sesungguhnya kita bisa menunjukkan sikap baik, mulia, dan terhormat serta benar berguna dan bermanfaat bagi semua, dengan berkarya. Kita tidak perlu memaksa atau “tampak selalu indah dan baik” di mata orang, tetapi terus saja berbuat kebaikan. Walaupun “Rock ‘n Roll” dan kelihatan sembarangan, tetapi semua adalah pemikir serius yang sangat menghargai Allah dan semua ciptaanNya, dan karya adalah ungkapan atas rasa hormat, terima kasih, dan sujud kepadaNya. Untuk lengkapnya bisa dibaca di tulisan ini: https://steemit.com/story/@rismanrachman/cerita-ketemu-the-panasdilan-di-bandung-logika-argumentum-in-addendum.

IMG-20180220-WA0005.jpg
Foto oleh: @realfahd

Hari kemudian sudah sangat larut, tetapi rasanya belum afdol bila belum mampir ke jalan Braga. Malam hari seluruh seniman dan galeri sudah menutup lapak masing-masing, yang tersisa adalah tempat-tempat hiburan malam yang dipenuhi dengan hingar bingar suara lagu, musik, serta canda dan tawa. Braga memang jalan yang sangat istimewa, penuh sejarah yang tetap terjaga kelestariannya. Dari tempat ini, ada banyak sekali terlahir seniman asal Bandung yang tumbuh menjadi besar di kemudian hari. Bagi saya sendiri, jalan Braga adalah jalan di mana sewaktu saya kecil, saya bisa merasa seperti benar berada di Paris.

IMG-20180218-WA0144.jpg

Hanya Hantu di depan Gedung Asia Afrika menuju Jalan Braga yang sempat membuat satu mobil menjerit.
Foto oleh : @realfahd

(Bersambung)

Bandung, 20 Februari 2018

Salam hangat selalu,

Mariska Lubis

Sort:  

Luar biasa, saya tidak tau harus berkomentar apalagi. Ini sungguh diluar bayangan saya sebelumnya... Good job ... KSI akan terus berkiprah untuk kemajuan Nusantara.. Hehe... Good Luck bu @mariska.lubis

Alhamdulillah semuanya berjalan lancar.... semoga kita semua semakin maju ya.... good luck for you and all!

Semoga harapan menjadi kenyataan @mariska.lubis

Saya salut melihat video yang dirilis oleh wartawan tersebut. Walaupun saya belum bisa hadir di acara tersebut tapi saya bangga dengan kelancaraan acara yang berlangsung di Bandung.

Izinkan saya share ya sedikit kutipan dari video anda yang akan saya share di dalam postingan saya, salam dari @bangmimi Aceh

Hello brothers..

Amin, terima kasih banyak. SIlahkan saja...

Ya, senang membaca postingan Kak @mariska.lubis tentang Meet Up Nasional KSI di Bandung. Saya menemukan banyak cerita indah yg penuh kenangan, dan ingin rasanya saya memutar jarum jam ke belakang, agar saya bisa nikmati seutuhnya semua cerita itu.

Bantu adik-adik ya... kita lanjutkan perjalanan!

photography is cool and good article, I choose you, I want to see your post forward and do not forget to follow my account @feryykama, and do not forget my upvote,

Selamat utk KSI Bandung yang sudah berhasil buat acara meet up. Sukses selalu untuk semua warga Steemit di Indonesia.

amin, terima kasih. Ini adalah kesuksesan bersama....

perjalanan yang menyenangkan. pernah ke bandung dulu SPD .. tadi ng sempat mutar2.

datang lagi yuk ke Bandung...

kalau ada kesempatan saya akan datang lagi.

Habis terbaca tulisan mu kak, tapi, sayangnya belum ada sebutan nama ku hahaha

Kamu kena macet di Lembang hehehe... edisi dua tentunya ada dirimu!

Wah saya nyesal gak bisa jalan-jalan di Bandung karena saya masih banyak kesibukan. Semoga ada kesempatan ke Bandung lagi. Ajak saya keliling Bandung ya Teh @mariska.lubis
Hehehe

Iya nih harusnya pulangnya jangan buru-buru... hehehe...

Begitulah Teh kalau sudah terjebak dengan pekerjaan...haha

Semoga masa depan yang cerah akan bepihak kepada para pemuda dan seluruh insan yang kreative, dan juga terus terjalin kebersamaan dalam kehangatan kekeluargaan.

Salam Komunitas Steemit Indonesia

Salam Hangat Steemian Indonesia

amin yra... salam penuh cinta...

Selamat ya utk acaranya :)

terima kasih....

Semoga meet up selanjutnya bisa hadir, langsung berkomunikasi secara langsung bersama kak Mariska dan teman2 lainnya ☺

amin, ditunggu loh...

Baca tulisan kakak pasti seru banget kemarin, sayang saya gak bisa ikut gabung, dikarenakan ada kesibukan di Jakarta yang gak bisa di tinggal, banyak menginspirasi pastinya, semoga ada kegiatan pertemuan steemian yang kedua.. dan saya akan usahakan bisa ikut gabung..

memang pasti menyesal kalau tak datang... hehehe...

Cerita yang bagus. Moga KSi jaya

Meski hanya sebentar kesempatan bertemu, tapi karena sudah bergabung dengan KSI Chapter Bandung, mudah-mudahan kesempatan bertemu semakin besar.

Terima kasih. Salam hangat.

Ya maaf ya, karena saya sibuk sekali... lain kali ada banyak kesempatan di Bandung... Maret ini ada acara lagi...

Semoga suatu saat saya berkesempatan mengunjungi tempat yang ada di foto-foto postingan ini..Kakak @mariska.
Amiinn

amin... ditunggu loh teh! Harus ke Bandung ya!

Insya allah Teteh. Terpatri di Dalam hati, saya punya keluarga di Kota Kembang.

Maret pasti balek lagi. Kita harus ke Braga sore hari, mbak.

Kita guncang dunia ya!

Acara tahunan harus diagendakan di berbagai daerah... semacam National Steemian Conference..ahaiii

Oh iya dong harus gantian biar kita semua bisa keliling Indonesia!

Terasa iri deh karena gk hadir -,- dan semoga di acara selanjut nya bisa hadir dan jumpa sama bunda.

Yah pasti iri dong... hehehe... sampai jumpa di pertemuan KSI berikutnya!

Sangat menarik untuk dinikmati, dan melihat kesuksesan pergelaran Meet Up di Bandung maka dapat semakin optimis platform ini mendapatkan tempat yang spesial di Bandung dan sekitarnya. Semoga pecinta dan pekerja seni dapat menelurkan kreativitas nya di Steemit.

Amin, semoga semua menjadi sukses ya!

Lengkap sudah Mbak @mariska.lubis kupas tentang Bandung dalam postingan ini. Dan paling nyesek itu ada di bagian "bioskop".. Coba di Aceh adaa.. 😂😂

Kenapa kamu nggak jadi datang?!

Penelitian Mbak. Padahal dah siap semua bekal ke sana.. Maaf mbakku.. -_-"

Imah seniman benar-benar membuatku takjub. Aku benar-benar menyerap banyak energi dan inspirasi di sana. Keren gila!

Saya pun masih terus terkagum-kagum dengan tempat itu walau dari awal dibangun sudah sering ke sana... memang gila banget kerennya!

Kegagalan adalah sukses yang tertunda. Gagal ke Bandung, tapi sukses rasain cerita dan perjalanan selama disana dengan membaca postingan seperti ini. Hehehe.

Ditunggu edisi selanjutnya kak.

Hahaha... ini yang namanya semangat!

Siap mbak @mariskalubis. Semoga selalu dengan semangat seperti ini.

Semoga kita terus sukses menjadi steemian

Bandung memang membuat siapa pun kangen untuk kembali kesana. Selain kota dan orang2 di kota itu kreatif sekali, Bandung juga kota kembang. Geuliss pisan. :)

Pada betah di Bandung, banyak yang malas pulang hehehe...

Betul banget kak semoga harapan kita tercapai.. Aminn bandung mantap

Amin... kita harus terus berusaha ya!

Sampai ketemu lagi di event lainnya yang paling menggairahkan ini. Seru dan heboh!!!!

Terima kasih ya sudah datang dan ikut partisipasi memeriahkan acara!

ngefans banget sama teh @mariska.lubis. Ahda juga suka dengan menikmati tempat tempat yang tenang. Banyak ide sepertinya bertebaran. 💕

Terima kasih... Ada yang ngefans tuh sama Ahda hehehe...

Alhamdulilah semuanya senang ke bandung. Getha jadi senang juga :)

Terima kasih ya @gethachan yang sudah capek banget bantuin bikin acara kita sukses!

Halah itu mah masih belum seberapa kalo dengan ka @mariska.lubis yang super kerja keras dengan acara keren ini. Makasih banyak sudah di beri kesempataan untuk menjadi panitia penerimaan tamu di acara luar biasa ini. Getha sangat menikmatinya meskipun rada lier dikit 😂😂

mantab kak @mariska.lubis... memang menarik bagaimana steemian terus membangun komunitas dan menjalin silaturahmi... semoga kegiatan seperti ini tidak hanya di bandung tapi juga diseluruh indonesia biar menambah kehangatan hubungan para steemian...

Yaaaaa asyik banget ya kalau kemarin bisa bareng-bareng. Mungkin belum rezeki untuk bersama. Lain kali semoga bisa barengan. Ngopi bareng, nulis bareng atau sekedar menikmati alam bersama teman-teman. Sehatu selalu kak @mariska.lubis

Seru banget sih teh dr ceritanya..
Semoga next bisa ikut keseruannya

Tar aku ke Bandung lagi. Fokus jalan jalan haha

@mariska.lubis. Alhamdulillah mbak semuanya berjalan lancar, sayangnya saya tidak bisa ikutan, tetapi sudah ada adik saya yang ikutan kemarin dari aceh. Salam kenal mbak @mariska.lubis

Saya juga termasuk orang yang akan pusing dan males banget kalo diajak berwisata belanja atau ke tempat yang rame-rame banget, Teh.

Bukan karena ikutan panik dan tergoda untuk belanjanya sih (masa-2 ini pernah hadir, jadi sekarang udah stabil, haha), tapi karena memang suka pusing kalo di tempat yang rame-rame banget.

Wisata ke tempat yang sepi, indah, berseni, memang mengasyikkan, banyak inspirasi yang kemudian menjadi karya.

Ntar kapan2 mau hangout di cafe yang dekat rumahmu, ah, Teh!

Salam Mbak @mariska.lubis, maaf sebelumnya pertanyaan saya agak melenceng dari tulisan di atas. Saya tidak sengaja menemukan bahwa Mbak @mariska.lubis adalah penulis dari @ocd. Saya ingin bergabung dikomonitas itu, bagaimana caranya? Selain itu, saya juga ingin bergabung di KSI, bagaimana caranya?
..
Mohon maaf sebelumnya ^_^

Oh kalau OCD adalah kurator dan hanya berisi kurator yang sudah dipilih saja, tetapi dirimu dapat membuat posting tulisan yang berkualitas dalam bahasa Indonesia untuk mendapat kesempatan masuk ke nominasi OCD. DIrimu juga bisa menggunakan tag ocd-resteem untuk mendapatkan kesempatan diresteem oleh OCD dan bisa juga memilih @ocd-witness untuk menjadi witnessmu di Steemit ini.

Silahkan saja bergabung di KSI... berikan saja nomor WA-mu untuk dimasukkan di chapter wilayah dirimu berdomisili.

Baik, apakah Mbak bagian dari @ocd-witness?
Maaf, saya kasih nomor WA kemana?