Diary Berkebun #5 - Panen Microgreens Melimpah!

in #microgreens3 years ago (edited)

23 April 2021

Hari ini adalah hari yang tak terduga. Di postingan sebelumnya, saya mengatakan bahwa baru akan panen setelah seminggu tapi nyatanya tidak begitu. Ini hari kelima sejak menanam microgreens dan sudah bisa dipanen. Namun yang bisa dipanen kali ini hanyalah microgreen yang menggunakan media tanah.

IMG20210423091115.jpg

Saya menyiapkan timbangan untuk menimbang hasil panen kali ini. Seingat saya, saya menggunakan sekitar 10-15 gram benih. Jika dilihat microgreens sangat lebat sehingga membuat saya memprediksi akan dapat berapa gram. Saya memotong microgreen dengan gunting tanaman yang sudah saya siapkan khusus untuk indoor.

IMG20210423091431.jpg

Ketika memangkas kita tidak boleh memangkas terlalu di bawah dengan tujuan lebih higienis (Tentunya karena menggunakan media tanah). Tapi jangan terlalu ke atas juga, sayang kan cuma dapat daun. Dari bagian tengah agak ke bawah sedikit sudah cukup untuk panen.
Saya meraup sebagian dengan tangan saya dan mengguntingnya lalu meletakkannya di dalam mangkuk di atas timbangan.

IMG20210423091427.jpg

Waktu panen juga tidak begitu lama, sekitar 10 menit saja. Mungkin karena sudah biasa panen microgreens jadi panen kali ini tidak begitu berantakan. Dari sisi yang awalnya lebat kini sudah gundul. Tersisa batang batang kecil yang tidak saya panen. Lumayan dapat sekitar 89 gram artinya dari 10-15 gram berkembang jadi 5-6 kali lipat.

IMG20210423091443.jpg

Setelah panen, saya cukup iseng melihat di bagian bawah tray. Terlihat sususan akar yang cantik dan menyesuaikan bagian bawah tray yang kotak. Meskipun sangat rapi susunan akarnya, mau tidak mau harus saya buang karena tidak akan terpakai jika saya buat kompos.

Panen sudah selesai. Saya meletakkan hasil panen di tempat tertutup yang kering dan saya simpan di dalam kulkas. Tugas saya yang masih tersisa adalah merawat tray lain yang tidak menggunakan tanah hingga panen. Selain itu, saya mencari resep untuk memasak microgreens.
Apabila sobat ada yang punya resep bisa sharing ke saya.

Sekian cerita singkat saya tentang panen microgreens. Semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan atau saran bisa langsung melalui kolom komentar. Saya sangat senang jika bisa berinteraksi dengan teman-teman. Terima kasih semuanya.

Salam Berkebun

Penulis : Edwin

Sort:  

Menarik.. bisa share ke @naturalmedicine biar lebih banyak yang baca atau @lotusindonesia.

Mas @igdrasilid, sedikit saran dari saya. Anda lebih baik menulis postingan introduce terlebih dulu, menggunakan foto anda (saya menyarankan pegang kertas bertulis tanggal join di HIVE, bukan toge 😁) sekalian 2-3 foto anda dan kegiatan yang anda lakukan. Itu supaya memudahkankan anda menulis atau berkarya di HIVE ke depannya. Kalau tidak, jangan harap tulisan anda mau dikurasi oleh para qurator dan divote oleh para paus. Segera buat postingan intro sebelum dilabeli spam oleh spaminator.

Teman anda,

@akukamaruzzaman