SIAPA AKU SIAPA KAU

in #poetry6 years ago (edited)

image

Aku adalah sekumpulan anak pinggir jalan
Kau adalah sekumpulan anak yang beruang

Aku adalah anak sekumpulan penjual koran
Kau adalah sekumpulan pencetak uang

Aku adalah sekumpulam para ulama' dan kyai,
yang selalu memberikan fatwa yang berarti
Kau adalah sekumpulan orang yang membuat onar kesana kemari

Aku adalah sekumpulan dalang pemain wayang
Kau adalah sekumpulan dalang pemain orang

Siapa kau siapa aku
Aku adalah sekumpulan orang reformasi
Tuk kemajuan negeri ini
Tuk membantu buruh tani
Tuk membantu rakyat ini

Kau adalah sekumpulan oknum yang menyusup demonstrasi
Yang selalu menunggangi tuk berbuat anarki di setiap hari

Aku adalah sekumpulan tukang becak
Yang selalu mangkal di pinggir jalan

Kau adalah sekumpulan korak
Yang selalu mengganggu ketentraman

Siapa aku siapa kau
Aku adalah sekumpulan orang pembikin kerangkeng jengkerik jengkerik
Kau adalah sekumpulan orang pelepas jangkrik jangkrik

Aku adalah sekumpulan orang penjual celana dan baju
Kau adalah sekumpulan orang penjual wanita yang lugu

Aku adalah kumpulan kumbang tuk membikin madu yang bermutu
Kau adalah kumpulan kumbang berhidung belang seperti hantu yang mengganggu

Aku adalah kumpulan orang penyemir sepatu
Kau adalah kumpulan orang penyemir uang palsu

Aku adalah kumpulan orang berlari telanjang kaki
Kau adalah kumpulan orang pelari pembawa uang negeri

Aku adalah kumpulan orang pecinta tanah pertiwi
Kau adalah kumpulan orang bagaimana tanah ini menjadi milik pribadi

Aku adalah kumpulan pecinta tanah ini
Kau adalah sekumpulan pengeruk alam ini

Aku adalah kumpulan wartawan
Kau adalah sekumpulan pembunuh bayaran

Siapa aku siapa kau
Aku adalah manusia yang tidak suka serakah
Kau adalah kera, tangan kiri ada, tangan kanan demikian, kaki kanan sudah megang yang kiri pun tak mau ketinggalan, di tambah mulut berjejal penuh makanan

Siapa aku siapa kau
Aku tak perlu tanya kau
Dan kau pun tak perlu tanya aku
Karna aku dan kau adalah ............