4 pemain berdarah Indonesia,yang memilih membela timnas negara lain

in #sport6 years ago

Di Indonesia kita mengenal beberapa pemain asing atau keturunan Indonesia yang lebih memilih menjadi WNI sepenuhnya bahkan lebih memilih Timnas Indonesia. Namun ada juga beberapa pemain keturunan Indonesia atau bahkan murni berdarah Indonesia tapi lebih memilih membela timnas negara lain karena berbagai alasan. Siapa sajakah mereka?

  1. Radja Nainggolan

image
Pemain AS Roma ini merupakan pria berkewarganegaraan Belgia dan sudah membela timnas Belgia sejak usia 20 tahun. Dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa Nainggolan berdarah batak yang didapat dari sang ayah. Nainggolan memilih kewarganegaraan Belgia karena mengikuti sang ibu yang tinggal di sana. Meski demikian ia tak pernah lupa bahwa ia mempunyai darah Indonesia dan berharap suatu saat bisa membantu potensi pemain muda dengan pengalaman yang ia miliki.

  1. Emil Audero

image
Emil Audero adalah pemain keturunan Italia-Indonesia yang berposisi sebagai penjaga gawang. Ia sempat memperkuat Timnas Italia U-15 dan U-18. Emil juga tinggal di Indonesia hingga usia 12 tahun. Tahun 2015 Emil yang merupakan didikan Akademi Juventus, masuk dalam skuat utama Si Nyonya Tua walau hanya bertindak sebagai kiper ke-3 dan hanya dimainkan sekali. Pada 2016 Emil dijual ke klub Serie B, Venezia. Ia sempat ditawari untuk bergabung ke skuad Garuda Nusantara, namun Emil menolaknya.

  1. Andri Syahputra

image
Beda halnya dengan dua pemain keturunan asing di atas, Andri Syahputra merupakan pemain berdarah Indonesia murni dan tulen. Ia adalah didikan Academy Aspire Qatar dan saat Indra Sjafri memanggilnya untuk membela Timnas Indonesia U-19, Andri lebih memilih untuk bergabung di Timnas Qatar U-18. Prestasi Andri Syahputra sendiri memang cukup mengagumkan dan sempat trial dengan beberapa klub elit Eropa. Netizen mengecam Andri Syahputra karena dianggap tak mau membela kepentingan negara.

  1. Jordy Tutuarima

image
Tak banyak yang tahu bahwa mantan pemain NEC dan Telstar ini mempunyai darah Indonesia yang didapat dari sang kakek yang merupakan orang asli Maluku. Meski Jordy sempat membela Timnas Belanda U-17, namun dirinya tak menampik ingin membela Indonesia jika dia dibutuhkan.