10 cara jitu mendapatkan vote di steemit (bagian pertama dari 2 tulisan)

in #steemit6 years ago (edited)

Selamat malam para steemian Se-Indonesia Raya,

semoga kita adalah bagian dari orang-orang yang berbahagia di platform ini.

Malam ini aku hendak bercerita tentang seorang teman, sebut saja namanya Anto (bukan nama sebenarnya). Siang tadi dia mengeluh kepadaku begini “semenjak di steemit aku sudah buat banyak posting, tetapi vote-nya gak pernah banyak, paling hebat hanya 7 vote, bahkan ada satu dua tulisanku malah tidak mendapat vote sama sekali, jadi males posting deh ”. “Huh, kenapa sih kamu ngeluhnya ke aku?, tingkatkan dong kualitas postingan kamu” begitu saja saya menjawab anto singkat, sambil berlalu. Saya tinggal saja dia, “pengeluh banget ni anak” gumamku dalam hati.

Keluhan seperti diatas mungkin akan banyak kita dengar dari para steemian pemula, mungkin juga ada setemian yang sedang membaca tulisan ini sedang menghadapi persoalan yang sama, atau malah mungkin saja anda mempunyai cerita yang lebih buruk dari anto kawanku.

Adalah sebuah realitas, bahwa banyak orang yang bergabung di steemit karena ingin mendapatkan reward—hasil wawancaraku dengan beberapa steemian yang aku kenal, aku berkesimpulan bahwa minat pertama orang-orang bergabung di steemit karena terpengaruh “cerita sukses” dari para senior, khususnya senior yang telah banyak “mengunduh” dollar melalui media sosial yang satu ini. Bahkan karena belum mendapatkankan apa yang dicari, banyak orang yang kemudian memutuskan untuk menyerah dan memilih “pensiun dini” dari steemit.

Mendapati kenyataan ini aku hanya akan berkata “janganlah cepat menyerah” Tak banyak hal yang bisa kita lakukan terhadap mereka yang “lemah iman” dan “lemah perjuangan”—karena “penyakit” pesimis dan lemah dalam berjuang adalah penyakit berbahaya, yang hanya bisa disembuhkan oleh orang itu sendiri, dengan mereset cara berpikir. Untuk yang sedang terkena “penyakit” ini, saranku segeralah menjumpai orang-orang yang telah sukses, bisa juga dengan membaca buku-buku motivasi, disana akan banyak kita temukan gagasan brilian.

Kembali ke pokok persolan, bagaimana sih mendapat vote yang banyak? Aku akan membagi beberapa cara jitu untuk mendapat vote kepada teman-teman pemula, sebenarnya tujuan utama tulisan ini hanya kepada teman ku Anto, aku berharap setelah ia membaca tulisan ku ini, dia akan kembali bersemangat dan siap untuk menjadi bagian dari para steemian yang hebat sebagaimana yang pernah ia gadang-gadang kepadaku.

Tips ini sebenarnya bukan ilmu murni dariku, Sebenarnya ini aku sarikan dari tulisan beberapa orang steemian hebat seperti @levycore, @aiqabrago, @abunagaya, dan lain-lain. Jujur—sampai sejauh ini nama-nama itu belum pernah aku jumpai secara tatap muka.

pmzodnegapobn2f9bd9o.gif

Hai kawanku Anto, inilah beberapa cara untuk mendapatkan vote yang banyak, ini sengaja aku tulis kembali untuk mu, supaya kau menjadi steemian hebat. Aku sendiri bagaimana? Ya.. aku sendiri juga akan memakai cara ini, supaya kita sama-sama hebat. Masa kamu aja?

Inilah empat cara jitu untuk mendapat vote yang banyak. Tapi Sekarang ini aku hanya menulis empat cara dulu, nanti dilain kesempatan aku tuliskan enam cara lagi, ini adalah unsur kesengajaan, supaya kamu terus menjadi follower ku yang setia. hahaha...

1. Bergabunglah kedalam komunitas yang didalamnya banyak orang-orang sukses

Sejauh ini Anto masih seperti saya, belum bergabung kedalam komunitas manapun—makanya sampai detik ini kita belum mendapat vote dari orang banyak, di steemit ini kita masih berkawan hanya dengan sedikit orang.
Komunitas Steemit Indonesia (KSI) adalah salah satu komunitas besar yang boleh kamu pilih, siapa tau kita akan bertemu muka dengan orang-orang hebat dan bisa menimba ilmu langsung dari mereka.
Apa harus KSI? Itu sih terserah kamu, saya tidak memaksamu Too. Bisa saja kamu membentuk komunitas baru atau bergabung dengan komunitas-komunitas yang lain, tapi saranku pilih KSI saja deh—di KSI banyak senior tempat kamu belajar.

2. Tulislah tentang sesuatu yang penting untuk orang lain, bukan untuk diri sendiri.

Anto, Kamu memposting sebenarnya untuk siapa? Sudah pasti untuk dibaca orang kan? karena itu janganlah engkau menulis untuk dirimu, tapi tulislah untuk apa yang ingin dibaca orang. Kalau kamu menulis apa yang hendak kamu baca, dan itu hanya penting bagi dirimu, atau hanya sekedar selfi belaka, ya jangan salahkan aku dan steemian yang lain jikalau nanti tulisanmu hanya akan mendapat vote dari kamu sendiri, atau mungkin juga vote dariku, tapi jujur—aku vote kamu bukan karena tulisanmu bagus, tapi hanya sekedar untuk menyenangkan hatimu—supaya aku selalu punya kawan untuk minum kopi sambil diskusi steemit.

Menurutku ada beberapa hal yang ingin dibaca orang, diantaranya tentang keindahan alam, sisi menarik dari sebuah traveling, pengalaman yang perlu orang lain ketahui untuk pembelajaran, berita terbaru, berita yang sedang heboh dan bisa juga kamu tuliskan tips yang rada-rada seperti ini, atau bisa juga kamu bagikan tutorial, dan masih banyak lagi—tapi ingat Anto, tulisanmu mesti sesuatu yang fresh dan uptude, boleh-boleh saja tentang masa lalu—tapi tulislah sejarah dari sisi yang berbesa, sisi yang belum pernah ditulis orang. Tentu masih banyak hal lain yang bisa kamu tulis anto, aku percaya kau itu lebih pintar dariku, buktinya Indek Prestasi kuliahmu aja 3,89, sementara aku? Kamu tau sendiri, tidak perlulah aku tulis disini, nanti dibaca oleh orang-orang, malulah aku.

3. Perbaharuilah cara menulis kamu

Ketahuilah, di steemit tidak ada yang rahasia. Aku telah banyak membaca tulisanmu kawan, menurutku gaya menulismu masih kaku, kamu pikir ini skripsi atau tesis S2 apa? Kalau Skripsi dan tesis targetnya untuk dibaca oleh kalangan terbatas, paling ya dosen yang menjadi pembedah—mereka itu expert to, pakar gitu lho. Jadi memang disarankan untuk menggunakan bahasa-bahasa ilmiah dalam pembahasannya. Tapi ini steemit kawan, konsumer tulisan steemit itu semua kalangan, dengan latarbelakang yang multi, saranku gunakanlah bahasa-bahasa yang ringan. Kalau perlu, kamu boleh kembal mencari kelas untuk belajar menulis. Aku jadi ingat nih, masa kamu tulis tentang ayam aja pakai bahasa ilmiah, itu bukan sok keren namanya?

Banyak sekali buku-buku yang telah "capek" ditulis oleh pengarangnya tentang cara-cara menulis yang baik, kita tinggal baca—gak usah beli, sekarang kan serba mudah, tinggal searching di google.

4. Jangan pelit, Rajinlah memberi komentar

Kamu ini memang kawan yang kurang ajar anto, masa tulisan temanmu saja tidak pernah kau beri komentar, votemu juga gak pernah nongol di postinganku, nampak sekali interaksi mu dengan dengan para steemian lain boleh dikata “buruk”. makanya followermu cuma segitu aja, kagak nambah-nambah. Karena itu jangan pelit, ranjinlah berkomentar—terutama terhadap tulisan para “witness” atau “paus”, siapa tau mereka terpesona dengan komentar kamu, dia akan memberimu dengan nilai vote yang tinggi. Aku banyak mengintip komentar orang-orang hebat pada tulisan “paus”, alhasil mereka mendapat vote besar, malahan ada yang dapat nilai vote 50 SBD, kan itu ‘wow” namanya buat kita si kelas “plankton”?

Ingat ya.. jangan memberi komentar “brus putus” (bahasa keren untuk komentar sampah). Komentarnya harus berkelas dong, Ini nich, contoh komentar; “tulisan anda bagus”, nice post I like it, thanks to share”, "help, vote me pease, dll. Masa sih cuma nulis komentarnya begitu aja, tapi mau dapat vote tinggi? Ada-ada aja kamu Anto.

Saranku, tulislah komentar yang sesuai dengan pokok pembahasan—kalau ngak ngerti bahasa Inggris, tinggal panggil juru bahasa setia “google translate”, gampang itu. Jangan meminta vote, apalagi “menjilat”—kalau aku temukan lagi gaya komentarmu begitu—akan aku tulis lagi tentang dengan panjang lebar—bisa-bisa aku sebut langsung nama akunmu. #sekian

Tulisan ini khusus aku persembahkan untuk temanku Anto (bukan nama sebernarnya), mohon maaf kalau ada kesamaan dalam hal nama dengan sobat steemian yang lain

Salam hangat saya untuk para steemian se-Indonesia

salam ta'zim khusus untuk guru saya kanda @ampuhdevayan dan sahabat @hermanrn

Terimakasih sudah mengajarkan saya ilmu menulis.. kalau tulisan saya jelek itu karena saya sendiri, bukan karena guru saya.

Mohon koreksi dan masukan dari para guru.

fxmcsw0t2vpsdkwudtaw.jpg

salam Saya

Stemian Pemula dari Aceh Utara, Menetap di Jeunib Bireuen

Kami sedang berkhidmad untuk mengadakan silaturrahmi dengan para steemian yang berdomisili di Jeunieb

Inisiator Sementara Silaturrahmi Steemian Jeunieb

@aafadjar @ziyadhelmi @zenk05 @sekdes @saifannur-mzy @zul89 @hendrayani23 @musliadi06 @jafardi @kangded @dedi2409 @harunjnb @nyakmuh

Sort:  

Lanjut tulisan sambungannya.
Memang jgn banyak mengeluh bg yg msh kecil tp kalau sdh menulis gak da yg baca sedih jg..

siap pak @sekdes, dalam beberapa hari ini akan saya tulis bagian kedua..
teruslah menulis, Insha Allah akan reward akan datang dengan sendirinya...
salam hangat JSC (Jeunieb Steemit Community)--mari ajak teman2 untuk bergabung, supaya bisa kita buat pertemuan..

tetap semangat @aafadjar, semua butuh proses dan tidak instan, ibarat mie instan saja perlu di masak... begitulah kiranya, yang penting usaha , karena usaha tidak akan mengkhianati hasil..

salam kenal..
Terimakasih bung @abunagaya, suatu kehormatan ketika bung mau berkunjung ke blog saya yang masih newbie ini.. so pasti akan tetap semangat, meu sineuk SBD golom tarasa, kiban han semangat teuh? hahaha.. hahaa... semoga sukses selalu bung.. sorry vote saya masih "engkol kosong" nich.. wkwkwkw

Makasih ilmu nya bang @aafadjar , saya ingin gabung di KSI, tapi saya bingung KSI grup Wa atau medsos lain, bagaimana cara saya bergabung?

Terima Kasih bang
Saya juga pemula di steemit
Ini sangat membantu

Saya bisa bantu apa nich? saya akan senang kalau bisa membantu.. bantu vote?--hahaaa... saya juga masih kelas "plankton" juga nich, nilai vote masih 0,0000.. saya sendiri baru bergabung di steemit 23 hari yang lalu.. mari saling berbagi, keep spirit Indonesia Raya.

Hahaha jayalah indonesiaku

Anda benar @aafadjar, hantu paling susah adalah menulis, apalagi mengoreksi tulisan sendiri. Yang penting tidak menyerah dan terus maju, karna hidup bukan untuk masa lalu, but untuk masa depan..

terima kasih bung @safrizal.mus.. tulislah terus menerus, semakin banyak kita menulis, maka akan semakin memperlancar kita dalam menulis.. selamat bergabung di steemit. semoga sukses di platform ini kawan..

Silaturrahmi tanpa batas, menghancurkan tembok perbedaan menjadikan kita kuat dan sukses. sesama kita bersilaturrahmi dan menjalin tali persaudaraan dengan semua sahabat steemian didalam dan diluar negeri. Salam sahabat Jeunieb Steemian Community ( jsc ), Sahabat Bireuen Steemian Community ( bsc ), Aceh Steemian, Indonesian Steemian and World Steemian. Good Luck Friend

Semoga segera dapat kita adakan acara pertemuan untuk bersilaturrahmi dengan kawan2 stemian Jeunieb ban sigom donya...

Iya bener juga tu
Karena saya pribadi juga sering mengeluh tentang vote
padahal postingan kita menjadi bernilai klau menarik untuk di baca
Berarti harus banyak lagi belajar cara menulis yang baik
Dan klo masalah mengkomentar para senior kayaknya susah juga karena harus mencerna dulu apa yang mereka tulis dan tentang apa
Ujung ujungnya sulit juga..
Salam hangat buat @aafadjar

terima kasih.. saya hanya menuliskan kembali untuk teman saya..

Sepertinya harus segera dipraktek ini idenya.
Terima kasih sudah berbagi.

mari sama-sama kita praktekkan @indigo90.. semoga berhasil...

Helo @aafadjar, apa kabar? Keren ini postingnya.. telah kami upvote dan resteem ke 4418 follower ya.. 😋

tengkiyu untuk "sir witness" kita, suatu kebahagian tersendiri mendapat tempat di blog bung @puncakbukit yang followernya 4418. selamat berjuang bung, semoga iktiarnya menuju puncak witness (bukan puncakbukit) segera terwujud. btw: bagaimana caranya saya bisa membantu "kampanye"?

Saya juga pemula di stemiit ingin gabung komunitas tapi belum tau caranya tolong bimbingannya dan salam kenal dari bogor

salam hangat persahabatan bung @santriakhirzaman, saya juga masih pemula. ayo sama-sama menjadi pemula yang penuh semangat.. Insha Allah kita bisa saling belajar.. saya sendiri juga masih butuh bimbingan sama senior yang udah banyak "ngunduh" dollar nih,,, salam saya untuk teman2 di bogor, salam dari Ufuk barat negeri nusantara... hehehe

alhamdulillah.. ilmu baru lagi... makasih ya ilmunya...

saya masih baru di steemit, butuh banyak informasi dan edukasi.. mohon pencerahannya..

salam kenal, steemian banda aceh

Hai @aafadjar saleum kenal daru saya @willyana. Saya mau nanya, bagaimana caranya bisa bergabung di komunitas yang dalamnya orang-orang sukses itu? Mohon pencerahannya. Sebelumnya terima kasih. Saleum.

silahkan kunjungi ke akunnya senior2.. salah satunya bisa ke akun steemian hebat kita bung @abunagaya.. atau bisa ke @levycore @aiqabrago atau ke akun para whale.. of course di dalam tulisan2 mereka anda akan mendapat panduan menuju ke komunitas orang2 hebat.. saya sendiri belum bergabung ke komunitas, nanti kalau sudah dapat komunitas hebat, kasih kabar ya.. salam hangat saya

Bereh that nyan . Nyo ka diek semangat teub lom. Memang tanyo tangoh meunan-meunan lawetnyo.

watee ka hanale seumangat, hoi laju "kruuu seumangat... njan ban cara hei seumangat... hahaha wkwkwkaaa..
trimgaseh, lon meudoa geutanyoe beumalem, beukaya, dan meurumpai jai rupia... salam meusyedara

Ditunggu lanjutannya.....

Mantap tulisannya dapat menambah wawasan dalam menulis dan menambah kawan baru..
Good job bro.

semoga makin lancar dan sukses di steemian, salam sukses..
terima kasih sudah mendatangi blog saya, silahkan dinikmati tulisan yang bermanfaat, kalau yang tidak bermanfaat silahkan dikritik.. saya adalah steemian yang terbuka untuk masukan... salam persahabatan untuk bung @wadynoer

Hahahahaha bereh that adun @aafadjar

bereh bacut, bereh brat that panee... hahaha
droeneuh bereh sit..

Hahahahah. :v

You got a 1.80% upvote from @minnowvotes courtesy of @aafadjar!

yuk kita saling vote dan follow...
yang lain silahkan follow saya dan vote,nnt saya vote dan follow kembali..
semoga yang merespon rezekinya makin banyak,amin.