Satu Kesalahan di Steemit, Satu Pelajaran untuk Steemian.

in #steemit6 years ago

PicsArt_04-01-06.40.44.jpg

Sepertinya steemit adalah media sosial yang sangat banyak menyiratkan misteri dalam platformnya. Misteri ini terkadang muncul setelah penggunanya berani melakukan sesuatu yang baru terhadap tools yang sudah disediakan oleh steemit. Baik yang dilakukan itu adalah kesalahan atau pun kebetulan, hasilnya selalu memberikan ilmu baru. Setiap ilmu baru di steemit sangat berguna untuk pengguna lain, dan dengan saling bertukar informasi inilah interaksi sosial di dunia maya ini bisa dibangun.

Seperti yang saya alami kemarin, tiba-tiba saja konten yang saya posting disematkan logo steemit di bagian ujung judul postingan. Tentu kejadian ini membuat saya bingung, ini kali pertama saya melihat tampilan seperti ini. Sejenak saya berpikir, apakah sudah terjadi pembaruan otomatis pada aplikasi esteem, apakah tampilan yang saya dapatkan ini versi terbaru dari steemit, atau ada pengaturan yang tidak sengaja saya ubah saat menggunakan steemit. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu terus saya pikirkan karena saking penasaran.

Bahkan saya sempat berpikir, apa karena konten saya dikunjungi oleh @cheetah, sehingga muncul logo steemit di ujung judul postingan, begitulah pikir saya kemarin. Karena asumsi saya demikian, saya coba mencari postingan terbaru dari pengguna lain di bagian feed. Saya tarik ke atas secara perlahan pada halaman feed untuk mencari konten orang lain dengan logo steemit di ujung judulnya. Tidak berapa lama, saya pun menemukan satu postingan yang ada logo steemit di bagian ujung judul postingan. Berikut gambarnya:
PicsArt_04-01-05.23.37.png

Setelah menemukan postingan ini, segera saya tarik layar smartphone ke arah atas, agar bisa dengan cepat melihat apakah ada @cheetah pada kolom komentar. Ternyata tidak ada sama sekali. Postingan ini bersih dari mesin pendeteksi plagiat itu. Artinya dugaan saya bahwa logo steemit itu muncul dikarenakan konten yang dibuat dikunjungi oleh @cheetah terpatahkan dengan bukti postingan ini.
PicsArt_04-01-05.24.29.png

Dikarenakan misteri ini masih belum terpecahkan, saya mencoba untuk melihat tampilan halaman submit konten. Ada hal yang beda dari biasanya, yaitu pada bagian upvote reward.
PicsArt_04-01-05.25.23.png

Saya baru ingat pada postingan sebelumnya saya mengubahnya menjadi power up 100%. Keyakinan saya agaknya semakin besar, inilah penyebab munculnya logo steemit di ujung judul postingan yang saya buat. Agar lebih yakin, saya mencoba menemukan postingan steemian lain yang membahas misteri ini. Ternyata benar, logo itu muncul dikarenakan saya memilih power up 100% pada pengaturan upvote reward. Seperti konten yang pernah dibahas oleh @genicon.
PicsArt_04-01-05.27.46.png

Nah, dari ketidaktahuan ini ada pelajaran yang saya dapatkan. Pada tampilan awal feed, kita dapat melihat konten yang mana saja yang menggunakan pengaturan sistem reward Power Up 100%, Default 50% / 50%, dan Decline Payout.

Berikut saya berikan sedikit penjelasan dan contoh agar pengalaman saya dapat menjadi hal yang bermanfaat bagi teman-teman

1. Upvote Reward: Power Up 100%

Steemian yang menggunakan Power Up 100% pada postingannya akan sangat mudah kita kenali. Yakni, adanya logo steemit di bagian ujung judul postingan itu. Ternyata, jika steemian menggunakan pengaturan upvote reward dengan Power Up 100% pada postingannya, maka seluruh reward yang steemian peroleh dari postingan itu akan diperoleh dalam bentuk Steem Power (SP).
PicsArt_04-01-05.37.05.png

Artinya, hal ini akan mempercepat steemian untuk memperbesar SP. Semakin besar SP, akan semakin besar pengaruh nilai upvote yang steemian berikan kepada konten steemian lainnya. Selain itu, besarnya SP akan memberikan feedback kepada steemian berupa curation reward. Metode ini sangat baik jika diterapkan oleh steemian yang baru mulai aktif di steemit.

2. Upvote Reward: Default 50% / 50%

Sepertinya metode satu ini adalah yang paling sering digunakan oleh para steemian. Setiap reward yang diperoleh dari postingan dengan metode ini akan dibagi ke dalam dua bentuk yaitu SBD dan SP. Bagi steemian yan baru aktif, tentunya memiliki SP yang tidak seberapa sehingga jika melakukan upvote pada konten orang lain tidak terlalu memberi pengaruh.
PicsArt_04-01-05.33.05.png

Bagaimana agat setiap upvote yang diberikan memberi pengaruh? Caranya adalah dengan memperbesar SP. Dilakukan dengan menjual atau mengonversi SBD yang diperoleh ke dalam bentuk Steem melalui market. Jika proses konversi selesai, maka steem yang sudah diperoleh dilakukan Power Up agar bisa menjadi SP. Proses ini tidaklah lama, namun akan membuat bingung untuk yang belum pernah melakukannya. Jadi metode yang pertama lebih cocok untuk steemian yang tidak mau ribet.

3. Upvote Reward: Decline Payout

Metode ketiga ini saya yakin tidak akan digunakan oleh steemian yang baru aktif atau yang masih belum merasakan nikmatnya pendapatan dari steemit. Setiap pengguna steemit pasti ingin semua konten yang buat memperoleh reward. Nah, jika metode ini diterapkan maka steemian tidak akan menerima reward dari upvote.
PicsArt_04-01-05.31.39.png

PicsArt_04-01-06.00.48.png

Artinya, steemian menolak untuk diupvote oleh steemian lain. Pertama mengetahui hal ini saya sendiri bingung. Emangnya ada pengguna steemit yang menolak untuk diupvote atas konten yang sudah susah payah mereka buat? Ternyata, ada. Informasi ini saya peroleh dari seorang steemian yaitu @mukhtar.juned. Ia mengatakan, biasanya metode Decline Payout ini digunakan oleh para owner steemit. Agar lebih yakin, saya cari akun owner steemit, dan ternyata benar seperti yang beliau katakan. Metode ini lebih sering digunakan oleh penggagas steemit seperti pada gambar di atas, yakni @ned dan @dan.


Baiklah sahabat steemian, cukup sampai di sini dahulu tulisan saya. Semoga pengalaman yang saya tulis ini menjadi bahan rujukan dan bermanfaat tentunya bagi steemian semua. Karena yang namanya ilmu, kalau tidak dibagikan juga tidak akan berguna.

Buat anda yang berani mengambil resiko, jangan takut berbuat salah di steemit. Buat anda yang ragu, jangan berhenti untuk bertanya kepada orang yang anda anggap lebih mengerti. Semangat terus kepada seluruh steemian untuk memberikan konten-konten kreatif dan terbaiknya. Terima kasih saya ucapkan kepada teman saya di forum discord @mukhtar.juned karena sudah membantu saya dalam memecahkan satu dari banyaknya misteri dalam platform steemit ini.

Salam Semangat,

@daentepi
gif_03-08-09.49.28.gif

Sort:  

Terimakasih banyak bg informasi nya
Tentu sangat membantu sekali

Iya sama-sama, Bang @tommy123. Terima kasih kembali karena sudah berkunjung ke blog saya. 😄
Semoga kedepannya dapat saling sharing informasi.

Wah, baru tau aku bang. Sangat bermanfaat postingan nya. Saya gak pernah mngalami hal demikian. Namun dr sini saya tahu kalau suatu saat mngubah sistem upvote pada postingan. Tidak bingung2 lagi. Terimaksih bg ilmunya.

Alhamdulillah. Terima kasih kembali, Bang @djamidjalal karen sudah berkenan memberi respon pada konten ini. Saya juga sering membaca konten yang abang tulis. Terutama tentang pendidikan. Sehat dan semangat terus, Bang. 😄

Aamiin...
Abang juga sehat selalu.

Semoga bermanfaat

Terima kasih, Bang @mukhtar.juned sudah memberi respon. Harapan saya juga demikian, semoga konten kali ini memberi manfaat kepada steemian lainnya. Sehat dan terus berkarya.

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by daentepi from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.