Pentingnya Bermusyawarah

in #steempress4 years ago (edited)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.....

image

Selamat malam sahabat yang saya banggakan semuanya, apakabar kalian malam ini? Semoga saja keadaan kalian dalam keadaan baik-baik saja dan selalu dalam lindungan Allah subhanahu wa ta'ala.

Di dalam setiap hal yang ingin kita laksanakan sangat penting adanya musyawarah dan istikharah sebelum kita mengambil suatu keputusan untuk sebuah perkara yang ingin kita lakukan. Apalagi itu dalam masalah-masalah yang sangat penting dan krusial.

Kenapa musyawarah itu harus selalu kita dahulukan sebelum kita mengambil sebuah keputusan karena musyawarah adalah hal yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Dengan adanya musyawarah maka berbagai keputusan yang akan kita jalani akan sangat mudah diterima oleh orang banyak karena keputusan itu diambil berdasarkan hasil kesepakatan mereka.

Bila kita menjalani sesuatu dan membuat sesuatu tanpa keputusan musyawarah maka sangat rentan untuk terjadinya pertentangan daripada orang-orang yang tidak setuju dan tidak sependapat dengan apa yang telah kita putuskan.

Keputusan sepihak yang kita ambil itu adalah celah bagi mereka yang tidak sependapat untuk menentang apa yang kita jalankan. musyawarah adalah solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan itu.

Sangat banyak dalil yang kita dapatkan di dalam Alquran maupun di dalam hadist rasulullah shallallahu alaihi wasallam tentang sangat dianjurkan bagi kita untuk melakukan musyawarah terhadap perkara-perkara yang ingin kita ambil keputusan.

Hanya itu saja yang dapat saya tuliskan Malam ini, semoga saja tulisan singkat saya ini tentang masalah pentingnya musyawarah bisa bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk semua sahabat-sahabat saya yang ikut membaca postingan ini.

Jangan lupa bagikan postingan ini kalau kiranya postingan yang saya tulis ini bisa bermanfaat untuk dibaca oleh orang lain.

Saran dan kritikan dari pada kalian semua merupakan harapan terbesar saya, karena dengan adanya kritikan dan saran dari kalian saya akan terus bisa berbenah dan memperbaiki dalam setiap kesalahan dan kekurangan yang saya miliki.



Posted from my blog with SteemPress : http://saifmmc.rf.gd/2020/02/19/pentingnya-bermusyawarah/

Sort:  

You seem to be using older or Legacy version of eSteem!
Please check if you have newest version to get most out of eSteem, Android, iOS mobile app. For desktop Windows, Mac, Linux Surfer app!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.me/esteem