Pemanasan Generator Engine

in #storylast year



Hello teman-teman Hive.... Semoga kabar teman-teman semua selalu dalam keadaan baik, sehat dan bahagia.

Cuti bersama telah tiba, libur panjang hari Raya Idul Fitri telah di mulai di tempat kami bekerja. Tetapi saya dan tim teknisi lainnya tetap wajib masuk sesuai jadwal shift kerja kami. Sampai di kantor situasi sangat sepi. Meskipun demikian karyawan yang kebagian posko lebaran tetap ada dan stanby 24 jam memberikan laporan situasi terkini di lapangan.

Seperti biasa kami tetap melakukan aktivitas rutin pekerjaan harian kami. Hari ini adalah jadwal maintenance pemanasan generator engine mingguan. Setiap minggu kami wajib menghidupkan mesin generator beberapa menit agar mesin tetap optimal terjaga performa nya dan kami juga bisa mengetahui lebih dini jika mesin generator terjadi malfungsi atau error sistem.


Pengukuran voltase Batere Generator


Sebelum di lakukan starter pemanasan mesin, kami harus mengecek semua kondisi genset dan mencatatnya, termasuk pengukuran batere, oli, solar dan lain sebagainya. Setelah kami sudah yakin kondisi generator baik, barulah kami memulai menghidupkan mesin generator secara manual tanpa beban. Biasanya kami menghidupkan nya hanya 4 menit saja karena kondisi mesin hidup tanpa beban. Semua kejadian wajib kami catat dalam logbook khusus, termasuk penggunaan solar yang terpakai.


Pemanasan mesin generator engine


Selesai melakukan penanasan, kami kembalikan posisi panel dalam keadaan auto. Selanjutnya kami harus keliling mengecek kondisi perangkat-perangkat dan server di setiap gedung dan lantai. Karena hari ini satu kawan saya baru selesai operasi mata, jadi kami bertugas hanya berdua saja. Alhamdulillah kondisi hari ini aman dan terkendali. Siangnya kami di suruh memasang spanduk menyambut hari raya Idul Fitri. Siang ini sangat terik matahari menyengat cukup panas.


Pemasangan spanduk lebaran

Untunglah menjelang sore hujan sangat deras turun yang membuat suhu bumi di kota kami mulai sejuk. Sudah lebih dari seminggu hujan tidak turun, semoga mulai hari ini hujan akan turun terus, karena air sumur di rumah kami sudah mulai tidak banyak airnya. Kami harus standby di ruang genset karena hujan campur petir yang sangat besar. Hingga saatnya kami pulang, hujan masih turun hanya saja sudah mulai mereda. Alhamdulillah saat saya pulang kerumah, hanya hujan gerimis, jadi saya bisa pulang tanpa basah kuyup.

Sampai di rumah, di sambut oleh anak-anak yang belum tidur. Mereka sengaja menunggu ayahnya pulang. Sampai di rumah sudah pukul 20:30 malam. Setelah makan malam, saya ajak anak-anak untuk istirahat tidur, karena kondisi saya juga sedang kurang sehat. Itu saja cerita saya untuk hari ini. Terima kasih atas supportnya. Sampai bertemu dengan cerita saya esok hari.


PictureSmartphone
ModelInfinix HOT 12i
Original Picture@parung76
LocationIndonesia
ThemeMy Story

Thank You

Best Regard,

@parung76